5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online - Ekopriantoblog.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Bisa kita ketahui aturan standar dari setiap perusahaan yang harus dipatuhi para karyawannya yaitu ketertiban dan juga kedisiplinan. Tertib dalam arti tertib dalam aturan dan juga tertib dalam kehadiran. Setiap perusahaan juga pasti menginginkan para karyawannya untuk selalu disiplin dan tepat waktu pada jam masuk kerja atau jam pulang kerja.

Absensi menjadi sebuah aturan standar dalam perusahaan. Hanya saja terkadang baik perusahaan maupun karyawan menganggap remeh hal tersebut. Bisa jadi hal ini dikarenakan sistem absensi perusahaan yang tidak akurat dan karyawan yang terkadang juga suka berbuat curang untuk mengakali sistem absensi yang tidak akurat tersebut.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi digital sudah banyak bermunculan 
aplikasi absensi yang lebih akurat sehingga bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh para karyawan. Salah satunya adalah GajiHub. Aplikasi absensi GajiHub selain memiliki tingkat keakuratan yang tinggi masih banyak juga kelebihan dan keuntungan lain dari aplikasi absensi online GajiHub ini. Maka dari itu mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online
Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

1# hemat biaya

Sistem absensi konvensional seperti sistem absensi ceklok atau sistem absensi fingerprint pasti memerlukan biaya yang digunakan untuk membeli perangkat absensi atau biaya untuk perawatan agar sistem absensi bisa terus digunakan dengan lancar. Misalnya absensi fingerprint yang dimana harus membeli perangkat absensi sidik jari yang bisa dibilang harganya tidak murah. Sedang sistem absensi ceklok harus selalu mengisi ulang kertas dan tinta agar absensi karyawan bisa tercatat.

Nah disinilah salah satu keuntungan menggunakan aplikasi absensi online yang dimana perusahaan tidak perlu membeli perangkat atau selalu mengisi ulang kertas dan tinta. Rata-rata biaya langganan aplikasi absensi online berkisar 7500-25000 per bulan tanpa ada biaya perawatan atau biaya yang lain.

2# fitur yang lengkap

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi absensi online yaitu fitur yang lengkap. Selain tingkat keakuratan yang tinggi yang dimana bisa meminimalisir tingkat kecurangan karyawan dalam hal absensi, staff HRD perusahaan juga bisa melakukan pengelolaan database karyawan, laporan absensi, payroll dan juga administrasi karyawan seperti izin cuti atau jam lembur karyawan dalam satu aplikasi.

3# fleksibel

Setiap perusahaan pasti mempunyai karyawan yang bekerja di lapangan baik itu di dalam kota atau di luar kota. Apabila menggunakan sistem absensi konvensional hal ini tentu tidak mungkin bisa dilakukan. Tidak mungkin bukan apabila ada karyawan yang sedang bekerja dilapangan dan berada di luar kota atau luar daerah harus kembali ke tempat kerja hanya sekedar untuk mencatat absensi?

Nah disinilah kelebihan yang bisa didapatkan apabila menggunakan sistem aplikasi absensi online. Dengan menggunakan smartphone, karyawan yang sedang dinas diluar kantor tetap bisa melakukan absensi secara online. Ditambah lagi biasanya aplikasi absensi sudah dilengkapi dengan fitur GPS sehingga perusahaan bisa mendeteksi lokasi karyawan dan sekaligus memantaunya.

4# memudahkan rekapitulasi dan payroll karyawan

Kelebihan lain yang bisa didapatkan perusahaan apabila menggunakan aplikasi absensi online yaitu bisa dengan mudah melakukan rekapitulasi data kehadiran dari para karyawan karena apabila menggunakan aplikasi absensi online data absensi karyawan didapatkan secara real time dan langsung masuk ke server bagian staff yang mengurusi soal absensi online ini.

Selain itu payroll karyawan atau penggajian karyawan juga sudah terintegrasi dengan aplikasi absensi online. Hal ini juga bisa memudahkan pekerjaan staff HRD karena penghitungan gaji dilakukan secara otomatis oleh payroll yang ada pada sebuah aplikasi absensi online.

5# tingkat keakuratan tinggi

Absensi online juga bisa dibilang lebih akurat daripada absensi konvensional. Hal ini dikarenakan pada aplikasi absensi online menggunakan verifikasi wajah untuk absensinya dengan begitu kecurangan absensi bisa diminimalisir.

Berbeda dengan absensi konvensional yang memiliki akurasi yang cukup rendah yang dimana karyawan bisa dengan mudah melakukan kecurangan karena memang sistem absensi konvensional bisa diakali dengan beberapa trik curang.
Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online
Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Penutup

Pada dasarnya absensi online memang memiliki banyak kelebihan apabila dibandingkan dengan sistem absensi konvensional. Dengan menggunakan aplikasi absensi online bisa dibilang semua pihak dimudahkan baik itu dari pihak karyawan atau dari pihak staff HRD yang mengurusi soal absensi, penggajian dan administrasi para karyawan.

Karyawan dimudahkan dengan tingkat akurasi yang tinggi sehingga karyawan dipantau tertib. Selain itu juga fleksibel yang dimana para karyawan bisa melakukan absensi dimana saja terlebih pada saat karyawan tersebut sedang bekerja dinas di luar daerah karena aplikasi absensi online biasanya juga sudah dilengkapi dengan GPS.

dari pihak staff HRD juga dimudahkan oleh banyaknya fitur yang ada pada aplikasi absensi online. Pihak staff HRD bisa dengan mudah mendapatkan data absensi para karyawan seperti kehadiran, izin cuti, jam lembur atau jam kerja tambahan karena data absensi tersebut didapatkan secara real time dan langsung masuk ke server.

Selain itu, kemudahan lainnya adalah penghitungan gaji para karyawan juga dilakukan secara otomatis hal ini dikarena aplikasi absensi online kebanyakan sudah terintegrasi dengan payroll dari para karyawan.

Jadi bagaimana? Apakah perusahaan tempatmu bekerja sudah menggunakan sistem aplikasi absensi online? Kalau belum mungkin kamu bisa mengajukan usulan ke perusahaan ke tempatmu bekerja supaya menggunakan aplikasi absensi online dari GajiHub agar semua pihak dimudahkan dalam hal absensi untuk informasi lengkapnya kamu bisa klik disini. Sekian artikel tentang 5 keuntungan menggunakan aplikasi absensi online kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online"

  1. Pak boleh intip contoh aplikasi absensi onlinenya

    ReplyDelete
  2. Betul lebih memudahkan apalagi yang sering dinas luar atau daerah

    ReplyDelete