8 Seniman Seni Rupa Indonesia yang Mendunia - Ekopriantoblog.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Seniman Seni Rupa Indonesia yang Mendunia

Dari dulu sampai sekarang indonesia sudah dikenal sebagai bangsa yang mampu menghasilkan mahakarya terbaik dan terhebat di dunia.

Kita ambil contoh misalnya candi-candi yang ada di indonesia semuanya bisa membuat dunia terpukau karena kehebatannya. Bahkan candi borobudur termasuk ke dalam salah satu 7 keajaiban dunia karena nilai seninya tidak terhingga.

Begitu juga dalam bidang seni rupa. Di bidang ini indonesia sama hebatnya dengan bidang seni yang lain. Banyak seniman seni rupa indonesia yang mendunia dengan karyanya yang melegenda dan terkenal sampai mancanegara dan dihargai dengan harga yang sangat fantastis.

Nah pada artikel kali ini akan membahas tentang 8 seniman seni rupa indonesia yang mendunia. Mari kita baca selengkapnya.

8 Seniman Seni Rupa Indonesia yang Mendunia

Seniman Seni Rupa Indonesia
Seniman Seni Rupa Indonesia

1# roby dwi antono

Seniman seni rupa indonesia yang mendunia di urutan yang pertama yaitu Roby dwi antono. Roby dwi antono adalah seorang pelukis beraliran pop surealis. Pada karya lukisnya roby sering memadukan unsur-unsur imajinatif yang menarik untuk dilihat.

Pria yang lahir di semarang pada 30 oktober 1990 ini karyanya sering dipamerkan di banyak pameran bergengsi dunia, misalnya Art Phillipine, Art Fair Tokyo, dan Art Stage Singapura. Selain unsur imajinatif roby juga sering memasukan unsur melankolis dan horor pada lukisannya. Karyanya yang diberi tajuk lonesome hero laku terjual dengan harga $30.000 USD.

2# naufal abshar

Naufal abshar adalah seorang seniman seni rupa asal bandung yang lahir pada 13 juli 1993. Karya-karyanya sudah terkenal sampai mancanegara dan telah dimiliki oleh kolektor asal spanyol, prancis, singapura hingga afrika selatan.

Karya lukisnya seringkali menggabungkan antara lukisan dan kata-kata yang mengandung komedi bahkan kritik sosial. Naufal pernah mengadakan pameran di luar negeri seperti di italia dan lithuania.

Baca juga: 20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia, Seru dan Menegangkan

3# diela maharanie

Diela maharani adalah seorang ilustrator dan visual artist yang lahir di jakarta pada tahun 1983. Pada tahun 2004 diela sempat bekerja sebagai akuntan hingga akhir resign karena merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut hingga akhirnya terjun ke dunia seni rupa.

Diela menjadi ilustrator profesional dan membuat karya dengan berbagai media seperti media digital atau dengan menggunakan cat air. Hasil karyanya pernah ikut dipamerkan dibeberapa kota didunia seperti Paris, Marseille, dan Toulouse.

4# darbotz

Nama darbotz sebenarnya bukan nama aslinya melainkan hanya sebuah nickname atau nama panggilan saja. Sosok darbotz adalah sosok yang misterius. Nama asli dan wajahnya sulit untuk ditemukan. Sampai saat ini hanya diketahui bahwa darbotz adalah seorang pria berusia 36 tahun.

Mulai berkarya dijalanan lewat karakter mural yang sangat khas. Karya muralnya banyak ditemui di tembok-tembok atau sudut kota jakarta. Keahliannya dalam membuat mural telah dia buktikan dengan mengikuti banyak event berskala internasional dibeberapa negara seperti Singapura, Filipina, Australia, Hongkong dan beberapa negara di eropa.
Seniman Seni Rupa Indonesia yang mendunia
Seniman Seni Rupa Indonesia yang mendunia

5# Griselda sastrawinata

Griselda sastrawinata adalah seorang seniman seni rupa indonesia yang mendunia di bidang Visual Development Artist. Kalau kamu pernah menonton film frozen ll mbak Griselda inilah yang secara khusus menggarap desain kostum karakter anna.

Bukan hanya pada film frozen ll beberapa karakter pada film animasi seperti Me and My Shadow, Dragons 2, Guardians, Kung Fu Panda: Secrets of the Master, Shrek DVD, Shrek Forever After, Moana juga adalah hasil karyanya.

Baca juga: 21 Tanaman Langka yang Hanya Ada di Indonesia Tidak Ada di Negara Lain

6# Affandi

Sangat tidak etis rasanya kalau tidak memasukan nama affandi sebagai salah satu seniman seni rupa indonesia yang mendunia. Mempunyai nama lengkap Affandi Koesoema dan lebih akrab dengan nama affandi adalah seorang seniman seni rupa khususnya dibidang pelukis beraliran abstrak atau ekspresionisme. Pria yang lahir pada tahun 1907 adalah seorang pelukis dengan gaya romantisme dan ekspresionisme.

Beliau sangat produktif dalam berkarya. Kurang lebih sekitar 2000 karya yang sudah beliau ciptakan. Karya-karya beliau sering dipamerkan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan negara Eropa lainnya. Nama affandi memiliki reputasi yang tinggi dan beliau juga sudah sangat melegenda di Indonesia bahkan dunia pada bidang seni lukis beraliran abstrak.

7# raden saleh

Raden Saleh Sjarif Boestaman biasa dikenal dengan nama raden sjarif atau raden saleh adalah seorang pelukis legendaris yang lahir pada tahun 1807 dan wafat pada tahun 1880. Beliau adalah keturunan ningrat jawa-arab. Beliau menjadi pelopor pelukis modern indonesia yang dulu masih bernama hindia belanda.

Pada tahun 1968 pemerintah indonesia menganugerahkan penghargaan piagam anugerah seni sebagai perintis seni lukis indonesia. Bentuk penghargaan lain dari pemerintah indonesia yaitu dengan memugar makam beliau yang ada di bogor. Atas perintah presiden soekarno.

Baca juga: 24 Film Horor Indonesia yang Mendunia

Beliau adalah satu-satunya pelukis indonesia yang karyanya dipamerkan di museum-musem besar, seperti di Amsterdam Belanda (Rijkmuseum) dan Paris Perancis (Louvre). Kisah hidupnya telah difilmkan dengan judul mencuri raden saleh yang dibintangi oleh iqbal ramadhan.

8# basuki abdullah

Salah satu nama pelukis indonesia yang dikenal sebagai pelukis legenda indonesia selain affandi yaitu basuki abdullah. Menurut saya beliau harus dimasukkan ke dalam daftar seniman seni rupa indonesia yang mendunia. Basuki abdullah lahir dan besar di kota solo pada tahun 1915. Latar belakang keluarganya juga adalah seniman. Ayahnya bernama abdullah suriosbroto adalah seorang seniman dibidang lukis dan tari.

Basuki abdullah adalah seorang pelukis beraliran naturalis atau realis. Pada saat itu sangat jarang pelukis yang memiliki kemampuan pada aliran ini. Basuki abdullah cukup produktif dalam menghasilkan karya. Hingga pada tahun 1974 basuki abdullah ditunjuk sebagai pelukis resmi di istana merdeka dan sampai sekarang karyanya bisa dilihat di istana negara.

Penutup

Dari segi manapun negara kita Indonesia ini tidak ada yang bisa dianggap remeh. Pada bidang seni khususnya seni rupa banyak nama-nama seniman yang berasal dari indonesia yang sangat disegani dan karyanya diapresiasi oleh dunia.

Banyak sekali seniman seni rupa indonesia yang mendunia yang karyanya banyak dipamerkan dibeberapa event internasional bahkan disimpan di beberapa museum di luar negeri.

Daftar 8 seniman seni rupa indonesia yang mendunia pada artikel ini hanyalah sebagian saja dan saya yakin pasti banyak seniman-seniman lainnya di indonesia yang diam-diam go internasional. Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan. terima kasih.

Baca juga: 12 Lagu Indonesia yang Mendunia
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

4 comments for "8 Seniman Seni Rupa Indonesia yang Mendunia"

  1. Hanya tahu basuki abdulah, affandi dan raden saleh, yg lain blm kenal. Mksh infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain yang itu...semuanya generasi baru kak...tapi prestasi tidak kalah dengan yang lama

      Delete
  2. Informasi yang menarik, penuh historys. Terima kasih, Mas Eko.

    ReplyDelete