Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Investasi Obligasi Pasar Perdana dan Sekunder

Perbedaan Investasi Obligasi Pasar Perdana dan Sekunder
Perbedaan Investasi Obligasi Pasar Perdana dan Sekunder

Investasi obligasi pemerintah menjadi instrumen investasi yang menarik banyak investor karena keamanannya yang dijamin Undang-undang. Tidak hanya itu, obligasi juga menawarkan pembagian bunga berupa kupon yang dibayarkan berkala. Pembayarannya bahkan bisa setiap bulan.

Pembelian obligasi dapat dilakukan oleh investor di dua jenis pasar yaitu pasar perdana dan sekunder. Investor perlu tahu perbedaan kedua pasar ini karena akan menentukan produk apa yang bisa dibeli. Simak penjelasan perbedaannya secara lengkap.

Beda Investasi Obligasi di Pasar Perdana dan Sekunder

Perbedaan Investasi Obligasi Pasar Perdana dan Sekunder
Perbedaan Investasi Obligasi Pasar Perdana dan Sekunder

Cara investasi obligasi dimulai dengan menentukan terlebih dahulu seri obligasi yang ingin dibeli kemudian di pasar mana ingin membelinya. Soal seri obligasi, Anda bisa mempelajari jenis-jenis obligasi yang tersedia. Sedangkan soal pasar Anda bisa mengenali pasar perdana dan pasar sekunder.

Pasar perdana adalah investasi obligasi yang hanya bisa dibeli pada kesempatan pertama. Jadi ketika obligasi pertama kali dilepas ke publik maka itulah produk-produk yang tersedia di pasar perdana. Jenis obligasi yang kerap di pasar perdana seperti ORI (Obligasi Negara Ritel), SBR (Savings Bond Ritel), dan SK (Sukuk Ritel).

Berbeda dengan pasar perdana, di pasar sekunder pembeliannya jauh lebih fleksibel. Artinya produknya akan selalu ada kapan saja dan di mana saja tanpa batasan tertentu. Mengacu pada pengertian dari masing-masing pasar inilah maka dapat dikenali perbedaannya sebagai berikut:

1# Periode Pemesanan Obligasi

Waktu pemesanan menjadi perbedaan terbesar yang harus diperhatikan. Anda yang membeli di pasar perdana memiliki jangka waktu terbatas.

Baca juga: 11 Jenis Tabungan Yang Harus Kamu Ketahui

Akses pada obligasi pun terbatas bagi investor privat karena kebanyakan yang bisa mengakses adalah investor institusi.

Pada pasar sekunder waktu pemesanan tidak ada batasan. Anda bisa memesan obligasi kapan saja dan di mana saja. Ketersediaan obligasi yang fleksibel ini membuat Anda bisa memilih mana yang paling tepat secara hati-hati.

2# Perdagangan Obligasi

Perlu diperhatikan juga bahwa sebagian besar bahkan hampir seluruhnya obligasi di pasar perdana tidak dapat diperjualbelikan. Artinya Anda harus menunggu sampai waktu jatuh tempo berakhir untuk mendapatkan nilai pokok, namun tetap mendapatkan kupon.

Obligasi di pasar sekunder bisa diperjualbelikan sehingga Anda tidak hanya berkesempatan memperoleh keuntungan dari bunga tetapi juga capital gain. Hal ini jugalah yang membuat banyak investor pemburu capital gain bermunculan.

3# Waktu Jatuh Tempo

Berhubungan dengan kemampuannya yang tidak bisa diperdagangkan, obligasi di pasar perdana hanya memiliki waktu jatuh tempo relatif pendek yaitu 3 tahunan saja. Jadi jika Anda akan menunggu sampai jatuh tempo berakhir tidak terlalu lama.

Baca juga: Bagaimana Caranya Supaya Bisa Menabung? Berikut Tipsnya

Sedangkan investasi obligasi di pasar sekunder menyediakan tenor yang lebih panjang yakni antara 5 hingga 10 tahun. Jangka waktu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki tujuan investasi jangka panjang seperti dana pendidikan anak atau pensiun.

4# Harga Obligasi

Terakhir adalah perbedaan dalam hal harga. Pada pasar perdana investor mendapat penawaran harga sama dengan yang ditawarkan ke publik atau 100%. Sedangkan di pasar sekunder harganya mulai dari 1 juta rupiah.

Di pasar sekunder terdapat obligasi negara yang dijual dengan mata uang IDR konvensional atau FR dan juga mata uang USD yakni INDON dan INDOIS.

Sekarang Anda sudah tahu perbedaan investasi obligasi di pasar sekunder dan perdana. Anda tinggal memilih seri mana yang ingin dibeli dan bisa mencarinya di Aplikasi digibank by DBS.

Investasi di Pasar Perdana dan Sekunder di digibank by DBS

Anda akan menemukan penawaran produk yang dijual di pasar perdana dan sekunder secara lengkap di digital banking digibank by DBS. Melalui satu platform yaitu Aplikasi digibank by DBS transaksi obligasi dapat dilakukan secara langsung.

Semua investor yang menggunakan aplikasi ini untuk membeli obligasi pemerintah atau negara akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

1# Jaminan Nilai Pokok yang Kembali 100%

Obligasi yang disediakan di digibank by DBS adalah obligasi negara yang sudah terkenal mengenai keamanannya karena diterbitkan langsung oleh pemerintah. Selain itu obligasi juga sudah diatur oleh Undang-undang.

Anda bisa memperoleh nilai pokok yang kembali 100% karena dibayarkan langsung oleh pemerintah ketika waktu jatuh tempo berakhir. Tidak perlu khawatir lagi nilai pokok berkurang karena risiko gagal bayar.

Baca juga: Mau Nonton World Cup 2022? Pakai Pinjaman KTA Aja!

2# Memperoleh Pendapatan Tetap Hampir Setiap Bulannya

Anda yang membeli obligasi di pasar perdana melalui Aplikasi digibank by DBS akan mendapatkan bunga berupa kupon. Nantinya kupon ini akan dibayarkan per bulan sesuai penawaran obligasi.

Sedangkan untuk pembelian obligasi pasar sekunder, kupon akan dibayarkan setiap 6 bulan. Adanya pembayaran kupon rutin ini menjadikan Anda memperoleh pendapatan tetap.

3# Kemudahan Akses Registrasi dan Transaksi

Ingin memperdagangkan obligasi di pasar sekunder? Atau Anda ingin membeli di pasar perdana? Cara investasi obligasi menjadi mudah karena akses transaksi bisa dilakukan di satu aplikasi saja kapanpun tidak terbatas waktu. Begitu juga jika Anda ingin registrasi sebagai investor baru.

Manakah pasar yang tepat untuk Anda membeli obligasi bisa disesuaikan dengan tujuan atau keuntungan yang ingin diperoleh. Ketika bertujuan investasi jangka pendek maka pasar sekunder bisa dipilih. Namun jika ingin investasi jangka panjang pasar perdana yang pencairannya di akhir periode akan lebih tepat.

Apapun seri obligasi pemerintah yang ingin Anda beli di pasar sekunder atau perdana, Aplikasi digibank by DBS merupakan tempat tepat untuk bertransaksi. Selama menginstal aplikasi ini, Anda bisa dengan leluasa mencermati produk investasi obligasi satu per satu sampai mendapatkan yang sesuai. Tunggu apa lagi, segera mulai investasi obligasi bersama digibank by DBS.

Baca juga: Desain & Tips Membuat Kolam Ikan Koi Mewah di Rumah
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "Perbedaan Investasi Obligasi Pasar Perdana dan Sekunder"