Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

12 Pemain Esport Indonesia yang Diakui Dunia

Saya yakin pasti hampir semua orang menyukai game. Entah itu game di smartphone, game di komputer atau game di konsol seperti playstation, xbox, nintendo atau sega.

Game bagi sebagian orang digunakan untuk sekedar mengisi waktu luang, sebagai hiburan dan sebagai kesenangan belaka. Tapi banyak juga orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain karena saking dia menyukai game.

Semakin kesini industri game semakin maju. Game bukan hanya sebagai hiburan dan pengisi waktu luang tapi sebagai ajang kompetisi dengan hadiah yang fantastis. Kompetisi permainan game ini biasa disebut Esport atau elektronik sport.

Saat ini game dan esport tidak bisa dipandang sebelah mata dan sudah diakui sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang kompetisi olahraga bergengsi seperti sea games, asian games dan olimpiade.

Di indonesia sendiri Esport sudah mulai dipandang dan diminati banyak orang. Esport sendiri bisa dibilang adalah hal baru di Indonesia. Walaupun hal baru, Indonesia juga sudah melahirkan banyak sekali atlet esport yang berprestasi.

Banyak pemain esport indonesia yang diakui dunia karena kemampuannya. Siapa saja mereka? Baca selengkapnya di bawah ini ya.

12 Pemain Esport Indonesia yang Diakui Dunia

pemain esport indonesia yang diakui dunia
pemain esport indonesia yang diakui dunia


1# rizky faidan-pro evolution soccer

Pemain esport indonesia yang diakui dunia yang pertama yaitu ada rizky faidan. Bagi penggemar game sepak bola pro evolution soccer atau disingkat PES pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Prestasinya tidak main-main. Rizky pernah menjuarai PES league asia pada tahun 2019.

Rizky juga menjadi semifinalis pada ajang Pro Evolution Soccer League 2019 World Finals di Stadion Emirates, London. Selain itu rizky juga sempat dikontrak oleh tim asal thailand yaitu buriram united. Sekarang rizky dikontrak oleh tim sepak bola dalam negeri yaitu PSS sleman.

2# BnTeT-Counter Strike:Global Offensive

BnTeT adalah salah satu pemain esport indonesia yang mendunia dan disegani oleh para lawannya. Nama aslinya adalah hansel ferdinand. BnTeT adalah nicknamenya di dalam game yang telah membawanya ke dalam kesuksesan.

Baca juga: 21 Tanaman Langka yang Hanya Ada di Indonesia Tidak Ada di Negara Lain

Ferdinand adalah pro player esport pada game counter strike:global offensive atau biasa disingkat CS:GO. Ferdinand sekarang bergabung dengan tim esport asal amerika serikat bernama gen esport dan berkiprah di ESL.

3# Zuxxy-PUBG mobile

Zuxxy adalah salah satu bintang di game PUBG mobile. Zuxxy adalah salah satu pemain esport indonesia yang diakui dunia karena kemampuannya. Nama aslinya adalah made bagas pramudita dan sekarang bergabung dengan tim esport bigetron red aliens.

Zuxxy mendapat gelar terminator karena berhasil menjuarai PMCO Fall Split Global Final 2019. Selain itu pada tahun 2020 zuxxy menambah gelar PUBG Mobile World League East bersama timnya bigetron red aliens.

4# luxxy-PUBG mobile

Luxxy mempunyai nama asli made bagus prabaswara dan dia adalah saudara kembar dari zuxxy. Mereka berdua dijuluki sebagai kembar tachibana bersaudara sama-sama bintang pada game PUBG mobile dan sama-sama tergabung di tim esport bigetron red aliens.

Menurut pengamat esport luxxy adalah salah satu sniper terbaik di dunia pada game PUBG mobile. Bersama kembarannya zuxxy dan timnya bigetron red aliens luxxy berhasil menjuarai beberapa ajang esport PUBG mobile bergengsi.

5# oura-mobile legend

Pemain esport indonesia yang diakui dunia selanjutnya yaitu oura. Bagi penggemar game mobile legend pasti sudah tidak asing lagi dengan pro player yang satu ini. Oura memiliki nama asli eko julianto. Bersama timnya EVOS legend, oura berhasil menjuarai MPL Indonesia Season 4.

Selain itu masih bersama EVOS legend oura juga menyumbangkan gelar juara dunia dan dinobatkan sebagai MVP pada ajang M1 World Championship 2019. Kini oura sudah pensiun dari dunia esport dan lebih fokus sebagai streamer.

6# lemon-mobile legend

Lemon mempunyai nama asli muhammad ikhsan. dia merupakan salah satu pro player mobile legend terbaik yang dimiliki indonesia. Saat ini lemon tergabung dalam tim esport RRQ hoshi. Bersama timnya RRQ hoshi, lemon berhasil meraih 2 gelar juara yaitu MPL Indonesia di Season 2 dan Season 5.

Lemon dan timnya juga berhasil menjadi runner up pada ajang M1 World Championship yang dimana dikalahkan oleh tim senegaranya yaitu EVOS legend. Walau begitu, lemon tetap menjadi salah satu pemain esport indonesia yang diakui dunia karena kemampuannya yang bisa menggunakan banyak hero di game mobile legend.
pemain esport indonesia yang diakui dunia
12 pemain esport indonesia yang diakui dunia

Baca juga: 24 Film Horor Indonesia yang Mendunia

7# Inyourdream-DOTA 2

Inyourdream mempunyai nama asli muhammad rizky. Dia adalah salah satu pemain esport indonesia yang diakui dunia karena kemampuannya dalam bermain DOTA 2 diatas rata-rata. Nama besarnya semakin terkenal pada saat bergabung dengan tim esport indonesia salah satunya adalah tim BOOM Esport ID.

Kemampuannya bermain game DOTA 2 yang diatas rata-rata membuatnya bisa berkiprah dengan tim esport dari luar negeri. Inyourdream pernah bergabung dengan tim esport asal korea selatan yaitu T1 esport. Selain itu inyourdream juga pernah bergabung dengan tim fnatic dan bertanding di ajang paling bergengsi di game DOTA 2 yaitu the international.

8# xccurate-Counter Strike:Global Offensive

Xccurate Mempunyai nama asli kevin susanto. Dia adalah salah satu pro player esport terbaik yang dimiliki oleh indonesia. Sama halnya dengan BnTeT, Xccurate menekuni game Counter Strike:Global Offensive atau biasa disingkat CS:GO.

Namanya sering malang melintang di kancah esport asia. Dia juga pernah bergabung dengan beberapa tim besar esport asia salah satunya adalah Tyloo esport dan BTRG.

9# manay-free fire

Manay adalah nickname seorang yang mempunyai nama asli Muhammad Farchan Ridha pada game free fire. Saat ini manay bergabung dengan tim esport asal indonesia yaitu EVOS capital.

Bersama timnya EVOS capital, manay berhasil menjadi juara pada ajang Free Fire World Cup yang berlangsung di Thailand pada tahun 2019.

10# Xepher-DOTA 2

Di game DOTA 2 nickname xepher adalah salah satu pro player asal indonesia yang cukup disegani. Xepher mempunyai nama asli kenny deo. Xepher juga menjadi salah satu pemain esport indonesia yang diakui dunia dan sudah malang melintang di dunia esport indonesia.

Xepher juga pernah bergabung dengan tim esport besar di indonesia seperti Zero Latitude, NXL, hingga RRQ. Pada tahun 2018 xepher pernah bergabung dengan tim esport asal malaysia yaitu tigers. Bersama tim esport tigers xepher berhasil menjuarai DreamLeague Season 10. Untuk saat ini xepher tergabung dalam tim esport asal korea selatan yaitu T1.

Baca juga: 12 Lagu Indonesia yang Mendunia

11# PUGU-FIFA

kalau di game pro evolution soccer ada nama rizky faidan, di game FIFA ada nama PUGU. PUGU mempunyai nama asli yaitu mujahid mantang dan saat ini dia bergabung dengan tim raja esport.

Kiprah internasionalnya pada saat dia terbang ke Paris, Perancis untuk menghadiri turnamen utama FUT Champions Cup 4.

12# NextJack-point blank

Pemain esport indonesia yang diakui dunia yang terakhir yaitu nextjack. Nextjack mempunyai nama asli yulius. Dikancah game point blank nama nextjack sangat ditakuti karena dia mempunyai skill AWP diatas rata-rata.

Nextjack dijuluki sebagai dewa sniper, hingga saat ini belum ada pro player yang sanggup melebihi bahkan mengimbangi skill AWP nextjack. Kiprah internasionalnya bermula pada saat NextJack berhasil menjuarai turnamen dunia PBIC di tahun 2017 bersama dengan tim RRQ endeavour.

Kini dia sudah pensiun dari pro player point blank dan lebih memilih fokus menjadi streamer game call of duty mobile.

Penutup

Seiring berjalannya waktu, game bukan hanya sekedar untuk hiburan dan untuk mengisi waktu luang saja. Tapi game sudah bisa digunakan sebagai jenjang karir dan juga penghasil uang yang tidak sedikit.

Sebelum menjadi pro player, banyak sekali pemain esport indonesia yang diakui dunia dulunya hanyalah gamer biasa tapi karena kemampuan bermain game mereka di atas rata-rata akhirnya direkrut oleh tim esport dan menjadi gamer profesional.

Esport juga sudah diakui pemerintah. Esport juga sudah bisa disejajarkan dengan olahraga pada umumnya. Esport juga sudah mulai diikutsertakan pada ajang turnamen olahraga tingkat internasional seperti olimpiade dan sea games.

Di Kancah internasional, indonesia cukup disegani karena dari indonesia melahirkan cukup banyak pemain esport indonesia yang diakui dunia karena telah berhasil menyabet banyak gelar juara dunia. Sekian artikel kali ini semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Baca juga: 8 Seniman Seni Rupa Indonesia yang Mendunia
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

4 comments for "12 Pemain Esport Indonesia yang Diakui Dunia"

  1. Yg cewe belum ada ya mas? 😄.. zaman skr, sampai game aja bisa jadi e-sport gini yaaa. Awal2 aku bingung loh, e-sport itu opoooo... Tapi ternyata gaming.. hebaaat sih. Kayaknya aku ga bakal marah2 lagi kalo anakku main game lah 🤣. Asal diseriusin 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen ku ada cewek pemain Dota aku pernah buat artikelnya dulu di https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/2015-industri-game-online-di-indonesia-hasilkan-pendapatan-lebih-dari-rp4-triliun dan dia bisa menghasilkan $1000 perbulan

      Delete
    2. Ada kak...sebenarnya setiap tim esport mempunyai tim ladies...ada beberapa yang memang berprestasi di game misalnya tim nxl laidies...ada juga yang khusus buat jadi streamer

      Delete
  2. Wah keren sih itu lumayan juga ya setiap bulan bisa dapat $1000

    ReplyDelete