Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Desain & Tips Membuat Kolam Ikan Koi Mewah di Rumah

Membuat Kolam Ikan Koi
Membuat kolam ikan koi

Kehadiran ikan koi tak hanya untuk mempercantik rumah. Lebih dari sekedar penghias taman ataupun isi rumah, ikan koi juga menjadi sumber suasana rileks yang memberikan ketenangan.

Namun, untuk membuat kolam ikan koi tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain proses yang cukup rumit, biaya yang dibutuhkan juga bisa mencapai angka ratusan juta.

Tak heran jika banyak kalangan yang memanfaatkan pinjaman uang di bank untuk membuat kolam ikan koi mewah idaman mereka.

Biaya yang dikeluarkan tak hanya mencakup urusan pembuatan dan desain kolam, Anda juga harus menyiapkan banyak budget untuk membeli ikan koi.

Perlu Anda tahu, satu ekor ikan koi saja dijual dengan harga jutaan hingga puluhan juta di pasaran.

Desain Kolam Ikan Koi dengan Budget 200-300 Juta

Jika bingung dengan konsep kolam ikan yang akan dibuat. Berikut merupakan beberapa desain kolam ikan koi yang bisa diterapkan di rumah Anda.

1# Kolam Ikan Minimalis

Jika Anda memiliki desain rumah minimalis maka cobalah menerapkan konsep desain minimalis juga pada kolam ikan koi Anda. Kolam ikan koi bisa Anda bangun di area ruang keluarga ataupun ruang makan.

Silahkan membatasi kolam ikan koi Anda menggunakan dinding atau pintu kaca untuk menghadirkan efek kolam yang menyatu dengan ruangan lainnya di dalam rumah.

Baca juga: 10 Perbedaan Antara Asuransi Syariah Dan Konvensional Yang Banyak Orang Belum Tahu

Penggunaan kaca ini juga dibuat untuk membuat suasana rumah lebih terasa lapang sekalipun terdapat kolam ikan dengan ukuran yang cukup besar.

2# Kolam Ikan Koi Indoor Estetik

Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman dana di bank untuk menyulap lahan kosong di dalam rumah sebagai area kolam ikan koi indoor yang estetik.

Anda bisa menggabungkan konsep minimalis serta modern untuk menghasilkan kolam ikan koi yang lebih kekinian.

Pastikan untuk menggunakan bahan material yang aman untuk ikan koi. Pilihlah dinding dan lantai kolam ikan koi dari bahan halus karena ikan koi sangat senang menggesekkan tubuh mereka pada dinding.

Bahan material yang bertekstur kasar hanya akan membahayakan tubuh ikan koi.

Agar kolam ikan koi lebih menarik, Anda bisa menggunakan cat pada beberapa sisi kolam ikan. Pastikan cat benar-benar kering sebelum memasukkan ikan koi ke dalam kolam.

3# Kolam Ikan Koi Modern

Jika menginginkan konsep yang lebih modern pada kolam ikan koi Anda maka gunakanlah bahan material berbahan modern seperti kayu, kaca hingga batu. Elemen-elemen seperti ini sangat cocok diterapkan pada hunian bergaya modern.

4# Kolam Ikan Ala Jepang

Banyak orang juga menerapkan konsep kolam ikan ala Jepang karena mengandung unsur tradisional dan menimbulkan kesan yang lebih menenangkan.

Untuk membuat kolam ikan koi bertema Jepang ini Anda perlu membuat beberapa tumpukan batu beserta air terjun buatan untuk menambah kesan tradisional dan alami.

Baca juga: 11 Jenis Tabungan Yang Harus Kamu Ketahui

Jangan lupa juga untuk menambahkan jembatan yang melintasi setiap sisi kolam ikan. Kehadiran jembatan ini termasuk ciri khas utama pada kolam ikan koi khas Jepang.

Tips Penting dalam Membuat Kolam Ikan Koi

Membuat Kolam Ikan Koi
Membuat kolam ikan koi di rumah

Pada saat membuat kolam ikan koi selain menentukan desain kolam ikan, berikut merupakan beberapa hal penting lainnya yang patut Anda pertimbangkan saat membuat kolam ikan koi. Apa saja? Silahkan menyimak poin-poin selengkapnya berikut ini.

1# Filter Kolam Ikan

Filter kolam ikan menjadi bagian yang sangat penting karena berfungsi sebagai penambah oksigen serta pembersih air dari kandungan karbondioksida, nitrogen dan partikel padat lainnya.

Umumnya terdapat dua jenis filter kolam ikan yaitu biologis dan mekanik. Filter biologis bisa menggunakan tanaman air yang mampu menyerap nitrat dalam air.

Beberapa jenis tanaman air yang bisa digunakan seperti eceng gondok, kupu-kupu, melati air ataupun rumput payung.

Adapun filter mekanik bisa menggunakan media penyaring seperti serabut saringan, jap matt, foam dan juga kapas.

2# Pompa Kolam Ikan

Anda juga perlu menyiapkan pompa air untuk kolam ikan. Pompa air sendiri berfungsi untuk menyedot air kolam untuk dialirkan pada filter.

Umumnya pompa kolam ikan sudah sangat mudah untuk ditemukan. Anda bisa mendapatkan peralatan ini di beberapa toko khusus ikan hias ataupun toko yang menjual seluk-beluk peralatan rumah tangga.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Pribadi Ala Anak Kost

3# Aksesoris Kolam

Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman dana di bank untuk membeli berbagai aksesoris kolam ikan koi. Beberapa aksesoris yang dimaksud dapat berupa air mancur, air terjun, water wall hingga jembatan khas ala kolam ikan koi di Jepang.

Untuk memaksimalkan desain kolam ikan koi di rumah Anda maka cobalah menggunakan jasa pembuatan kolam ikan koi. Pastikan untuk memilih designer yang benar-benar berpengalaman dalam membuat kolam ikan koi.

Meskipun jasa pembuatan kolam ikan koi terbilang mahal akan tetapi, harga yang ditawarkan berbanding lurus dengan kualitas kolam ikan yang dihasilkan.

Ajukan Pinjaman Uang di Bank bersama DBS KTA

Tak hanya proses pengajuan yang anti ribet. Total jumlah kredit yang ditawarkan oleh DBS KTA juga bisa mencapai ratusan juta rupiah. Yuk, cek keunggulan lain dari kredit DBS KTA ini:
  • Pinjaman bisa mencapai 300 juta rupiah.
  • Bunga flat mulai dari 0,88% setiap bulannya.
  • Cicilan hingga 36 bulan.
  • Syarat mengajukan kredit sangat mudah. Anda hanya perlu memastikan berdomisili di wilayah Jabodetabek, memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan minimum 5 juta, dan memiliki kredit bank lain dengan limit sedikitnya 10 juta.
Sudah siap membuat kolam ikan koi mewah idaman Anda? Yuk, ajukan pinjaman uang di bank bersama DBS KTA sekarang juga dan nikmati beragam keunggulan lain di dalamnya. Kunjungi link berikut, untuk mengetahui informasi lebih detail tentang DBS KTA https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page

Baca juga: Perbedaan Investasi Obligasi Pasar Perdana dan Sekunder
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "Desain & Tips Membuat Kolam Ikan Koi Mewah di Rumah"

  1. wahh seru buat kolam ikan koi..klo aku di rumah ada kolam ikan kecil kayak dari pot besar gitu tempatnya dari semen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kak itu...kalau saya mah gk mau ngurus ikan koi soalnya gampang mati wkwk

      Delete