Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa yang Menjadi Daya Pikat Dari Kawasan Kota Lama Semarang?

Ada salah satu lokasi di Kota Semarang yang menjadi saksi akan sejarah dari peradaban yang terjadi di masa lalu yaitu daerah Kota Lama. Bahkan sejak dulu hingga sekarang, daerah ini masih menjadi pusat perdagangan berbagai macam produk di Indonesia.

Dengan sejarah yang pernah terjadi, maka akan ditemukan bangunan yang kuat dan kokoh bergaya Eropa dan hingga kini masih berdiri karena dijaga dengan baik. Maka itulah kawasan ini sering sekali dimanfaatkan sebagai lokasi untuk fotografi dengan banyak gaya, salah satunya vintage.

Saat libur tiba, kawasan ini juga dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk melakukan olahraga sekaligus berjalan-jalan santai. Apalagi di Kota Lama ini ada banyak daya pikat yang membuat orang memutuskan untuk jalan-jalan ke Semarang. Jika penasaran, berikut ini akan dijelaskan secara rinci.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Viral di Sukabumi

Apa yang Menjadi Daya Pikat Dari Kawasan Kota Lama Semarang?

Kawasan Kota Lama Semarang
Source: https://www.nativeindonesia.com/kota-lama-semarang/

1# Adanya bangunan kolonial

Saat masa penjajahan, dulunya Belanda pernah menguasai Kota Semarang termasuk kawasan Kota Lama ini. Sehingga ada banyak sekali bangunan kolonial yang bisa ditemukan dan masih terlihat kokoh hingga sekarang.

Banyak orang juga beranggapan bahwa saat berjalan di Kota Lama sama dengan berjalan di Negara Belanda. Bangunan kolonial yang saat ini masih ada bisa dilihat pada Gereja Blenduk, Gedung Jiwasraya, Kantor Pos Besar, dan Gedung Marba.

Baca juga: Ekowisata Tangkahan di Sumatera Utara, Hidden Gems di pulau Sumatera

Beberapa gedung tersebut masih terlihat kokoh sehingga tidak menghilangkan nilai sejarahnya sedikitpun, maka itu banyak orang ingin foto di depan bangunan-bangunan tersebut.

2# Banyak tempat wisata seru

Selain berburu foto pada bangunan kolonial, setiap orang juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersedia. Mulai dari Taman Srigunting, Museum 3 Dimensi, galeri kesenian, dan cafe dengan desain yang menarik.

3# Lebih ramai saat malam hari

Kawasan Kota Lama akan lebih ramai saat malam tiba, alasannya karena suasana tenang dan cahaya lampu jalan di malam hari akan menghasilkan kesan terbaik. Jadi wajar banyak sekali orang yang memang sengaja berkumpul dengan keluarga mengunjungi Kota Lama saat malam hari.

Baca juga: Asal Usul Dan Sejarah Kota Wonogiri. Kota Kecil Di Ujung Timur Jawa Tengah

4# Ada pasar jual barang antik

Di Kota Lama terdapat sebuah pasar yang khusus menjual barang-barang antik bernama Pasar Klitikan. Cocok sekali untuk orang-orang yang menjadi kolektor barang antik sehingga mau mampir ke pasar ini. Barang antik yang sering ditemukan di Pasar Klitikan seperti senjata perang, hiasan dinding, hingga mesin tik.

Penutup

Daya pikat di atas membuat banyak orang memutuskan untuk liburan dan memutuskan pesan hotel di Semarang paling populer seperti Metro Park View.

Hotel berbintang 4 ini cocok sekali untuk mengajak semua anggota keluarga liburan karena kenyamanannya yang dilengkapi dengan fasilitas super mewah seperti spa dan fitness. Jangan sampai kamar habis, jadi langsung pesan hotel murah online hanya dengan aplikasi Pegipegi.

Baca juga: Asal Usul Dan Sejarah Kota Bandung Warga Bandung Wajib Tahu
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

4 comments for "Apa yang Menjadi Daya Pikat Dari Kawasan Kota Lama Semarang?"

  1. Cita2 ke sini belum kesampaian gara2 sakit

    ReplyDelete
  2. Paling suka ke kota lama Semarang ini. Soalnya ingetin aku Ama daerah geogetown di Penang, yg banyak bangunan lama tapi masih sangat terawat. Seneng aja kalo ngeliat bangunan2 sejarah seperti ini, masih dirawat baik. Krn di beberapa kota banyak juga yg udh terbengkalai. Padahal kalo aja di maintain secara bagus, kan bisa jadi tempat wisata yaaa. Syukurnya yg di Semarang ini masih baguuus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak...sebenarnya di setiap kota pasti punya bangunan-bangunan bersejarah seperti ini...hanya saja mungkin karena kurang dikelola atau karena sudah rusak duluan

      Delete