Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

12 Lagu Indonesia yang Mendunia

Indonesia adalah negara yang warganya mempunyai kreativitas yang luar biasa. Banyak seniman, musisi dan kreator yang memiliki karya yang luar biasa dan diakui oleh dunia internasional.

Tidak sedikit juga musisi indonesia yang karya musik dan lagunya mendunia dan diapresiasi dunia. Banyak juga lagu indonesia yang mendunia entah itu karya dari musisi, grup band, rapper dan masih banyak lagi.

Dibawah ini ada daftar 12 lagu indonesia yang mendunia dan dikenal seantero dunia. Banyak diantaranya orang luar negeri yang melakukan cover, recycle atau menyanyikannya di acara konser bertaraf internasional. Mari kita baca selengkapnya di bawah ini.

12 Lagu Indonesia yang Mendunia

Lagu Indonesia yang Mendunia
Lagu Indonesia yang Mendunia

1# lagu bengawan solo-gesang

Lagu indonesia yang mendunia yang pertama adalah lagu bengawan solo yang diciptakan oleh almarhum gesang. Lagu legendaris yang juga diciptakan oleh seniman dan musisi legendaris. Lagu bengawan solo memiliki makna yang dalam dan familiar di mancanegara. Lagu ini juga telah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa. Salah satunya diterjemahkan ke dalam bahasa inggris dan dinyanyikan oleh musisi asal britania bernama mona fong.

2# lagu sempurna-andra and the backbone

Lagu ini bergenre pop rock karya musisi indonesia andra and the backbone yang dirilis pada tahun 2007. Lagu pernah dinyanyikan ulang oleh gita gutawa dengan versi yang lebih slow. Dan dari mancanegara ada band asal jepang yang bernama Shiroi Iro Wa Koibito No Iro yang juga menyanyikan ulang lagu ini dengan versi yang berbeda juga. Selain itu ada musisi asal korea bernama nicholas yang juga menyanyikan ulang lagu ini dan memasukkannya ke dalam album the moment of silence.

Baca juga: 20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia yang Mengharumkan Nama Indonesia

3# lagu mungkin nanti-peterpan/noah

Orang indonesia pasti tidak asing lagi dengan lagu ini. Lagu mungkin nanti termasuk dalam album bintang di surga yang dirilis pada tahun 2004 dan diciptakan oleh grup band peterpan yang sekarang sudah berganti nama menjadi noah. Lagu mungkin nanti bisa terkenal sampai mancanegara karena memiliki versi bahasa inggris yang berjudul one day.

4# lagu cari jodoh-wali

Lagu yang bergenre pop ciptaan band wali ini dirilis pada tahun 2009. Lagu ini banjir pujian dan apresiasi dari penikmat musik dalam negeri dan luar negeri. Hingga suatu ketika seorang penyanyi asal jerman bernama Fabrizio Faniello menyanyikan ulang lagu ini. Fabrizio faniello telah membayar royalti kepada band wali. Lagu ini juga sudah diubah judulnya menjadi "i no i can do"

5# lagu sephia-sheila on 7

Lagu indonesia yang mendunia selanjutnya yaitu ada lagu sephia yang dibawakan oleh band sheila on 7 dan dirilis pada tahun 2000. Lagu sephia juga menjadi lagu yang paling banyak mendapatkan penghargaan dari berbagai kategori musik. Ada rumor yang mengatakan kalau lagu ini berkaitan dengan cerita mistis. Walau begitu lagu ini sukses di negara taiwan dan dinyanyikan ulang oleh seorang penyanyi perempuan asal taiwan bernama qi qin.

6# lagu lagi syantik-siti badriah

Lagu lagi syantik yang dibawakan oleh siti badriah ini sejak pertama kali diupload ke youtube sampai sekarang telah ditonton sebanyak 641juta kali dan sempat menjadi trending di youtube. Ditambah lagi lagu ini juga berhasil menarik perhatian boyband asal korea bernama GTI.
Lagu Indonesia yang Mendunia
12 lagu indonesia yang mendunia

Baca juga: 20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia, Seru dan Menegangkan

7# lagu lathi-weird genius ft sara fajira

Lagu yang dibawakan oleh grup musik weird genius dan sara fajira ini berhasil mengharumkan nama indonesia. Lagu yang dirilis pada tahun 2020 ini telah ditonton sebanyak 109 juta kali sejak pertama diunggah di platform youtube. Alhasil grup weird genius yang beranggotakan eka gustiwana, gerard liu dan reza arap ini menjadi terkenal ke seluruh dunia. Bahkan pada bulan juli 2020 wajah mereka terpampang besar pada papan iklan di kawasan time square, new york, amerika serikat.

8# Lagu i love you 3000-stephanie poetri

Lagu i love you 3000 adalah lagu pertama dari penyanyi asal indonesia yang bernama stephanie poetri. Berkat lagu inilah karier stephanie meroket. Beberapa penghargaan sudah didapat diantaranya mampu berada di posisi teratas Global Viral 50 Spotify, lagu ini juga pernah masuk daftar Thailand Viral 50, Malaysia Viral 50, Singapore Viral 50, dan Taiwan Viral 50 di Spotify. Karena kepopulerannya lagu ini dinyanyikan oleh salah satu boyband korea yaitu GOT7 dan dinyanyikan dalam bahasa mandarin.

9# lagu to the bone-pamungkas

Lagu to the bone ciptaan pamungkas ini mampu memecahkan rekor paling lama menduduki tangga lagu indonesia top 50 selama 7 pekan berturut-turut di layanan musik streaming spotify. Bukan hanya itu, lagu to the bone juga masuk ke dalam daftar lagu Viral 50 global di spotify. Lagu ini juga sudah didengarkan lebih dari 62 juta kali sejak awal dirilis.

Baca juga: 18 Aktor dan Aktris Indonesia yang Mendunia Sering Main Film Hollywood

10# cinta luar biasa-andmesh

Lagu cinta luar biasa yang dinyanyikan oleh andmesh ini mampu menarik perhatian salah satu anggota dari boyband korea NCT 127 yaitu Doyoung dan Haechan dan mereka menyanyikan lagu ini secara fasih dan penuh penghayatan. Setelah lagu tersebut diunggah, NCT 127 dan lagu ini menjadi viral dan trending topik di twitter.

11# terlanjur mencinta-tiara andini

Lagi-lagi lagu hasil karya anak bangsa dicover dan dinyanyikan ulang oleh penyanyi asal korea. Tidak tanggung-tanggung lagu terlanjur mencinta yang dibawakan oleh tiara andini ini telah dinyanyikan ulang oleh salah satu personil boyband korea super junior yang bernama ryeowook. Ryeowook menyanyikan lni dengan fasih dan penuh penghayatan.

12# Dat $tick-rich brian

Lagu indonesia yang mendunia yang terakhir yaitu ada lagu dat $tick yang dibawakan oleh rich brian. Brian imanuel atau biasa disapa rich brian adalah seorang rapper asal indonesia yang namanya sudah meroket sampai ke seluruh dunia berkat lagunya yang berjudul dat $tick. Kini rich brian berada dalam naungan label musik asal Amerika Serikat, 88rising. Rich brian sering mendapatkan tawaran untuk berkolaborasi dari beberapa musisi hip hop dan beberapa rapper terkenal seperti Ghostface Killah dari grup hip hop legendaris Amerika Serikat Wu Tang Clan dan rapper asal Florida, Pouya.

Penutup

Berbicara soal karya musik, indonesia memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Terbukti dari banyaknya lagu-lagu indonesia yang mendunia dan mampu bertahan dan menguasai beberapa tangga lagu di beberapa negara.

Ok sekian artikel tentang Lagu Indonesia yang Mendunia. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan bisa menambah kecintaan kita kepada negeri ini. Terima kasih.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "12 Lagu Indonesia yang Mendunia"