Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah Penyebab Flu Yang Harus Kita Ketahui

Penyebab Flu adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Influenza atau flu biasa adalah reaksi peradangan pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus. Flu adalah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, penyakit yang dianggap biasa ini bisa menular. Virus influenza dapat menyebar kepada siapa saja. Hal ini dikarenakan virus yang keluar saat batuk atau bersin kemudian terhirup oleh orang lain.

Penderita flu biasanya mengalami demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan batuk. Padahal, bagi lansia, balita, dan orang dengan daya tahan tubuh lemah, gejala flu bisa lebih parah dan menimbulkan komplikasi. Anda dapat menghindari penyebab flu dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Flu cukup umum di masyarakat. Namun, dengan menjaga kebersihan Anda akan terhindar dari penyakit ini.

Inilah Penyebab Flu Yang Harus Kita Ketahui

Penyebab flu yang harus kita ketahui
Penyebab flu yang harus kita ketahui

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab flu atau pilek adalah virus. Setidaknya ada 100 jenis virus yang dapat menyebabkan flu. Namun, di antara banyak jenis virus, yang paling umum adalah rhinovirus. Virus ini merupakan salah satu penyebab flu yang sangat menular.

Virus penyebab flu mudah menular melalui air liur yang batuk atau bersin oleh penderitanya. Selain itu, tangan atau benda lain yang terkontaminasi virus juga bisa menjadi media penularan virus. Influenza juga dapat menyebar melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi atau jika Anda memakan daging hewan tersebut.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Antibiotik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Faktor Risiko Penyebab Flu

Ada beberapa faktor risiko penyebab flu yang harus diwaspadai, antara lain:
  • Usia. Faktor risiko pertama untuk flu adalah usia. Influenza biasanya cenderung terjadi pada balita dan orang tua.
  • Kondisi tempat tinggal. Selanjutnya, faktor risiko penyebab flu adalah kondisi kehidupan. Kondisi tempat tinggal yang tidak bersih, atau fasilitas bersama dengan banyak penghuni, seperti panti jompo atau asrama militer, lebih rentan terhadap influenza.
  • Sistem kekebalan tubuh lemah. Selain itu, orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah juga lebih rentan terkena influenza. Biasanya pengobatan kanker, obat anti penolakan, kortikosteroid, dan HIV/AIDS dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat mempermudah Anda terkena influenza dan juga dapat meningkatkan risiko terkena komplikasi.
  • Penyakit kronis. Faktor risiko flu berikutnya adalah penyakit kronis. Kondisi kronis, seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung, dapat meningkatkan risiko mengembangkan komplikasi dari influenza.
  • Hamil. Wanita hamil juga lebih mungkin mengalami komplikasi influenza, terutama pada trimester kedua dan ketiga.
Baca juga: Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total

Gejala Flu Pada Orang Dewasa Dan Anak-Anak

Flu ini biasanya menunjukkan beberapa gejala. Gejala yang biasanya dialami oleh penderita influenza antara lain:
  • Sesak napas dengan atau tanpa sumbatan hidung
  • Bersin
  • Tenggorokan gatal
  • Pilek
  • Batuk
  • Suara serak
  • Lemah
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Mata berair
Gejala yang timbul selama influenza ini biasanya akan hilang dalam waktu 4-10 hari. Namun, batuk dengan atau tanpa dahak sering berlangsung hingga minggu kedua. Namun, ada juga beberapa gejala yang mengharuskan Anda segera berkonsultasi ke dokter, seperti mengalami demam tinggi 39,4 derajat Celcius, nyeri di daerah sinus, nyeri atau bengkak di daerah sekitar leher, atau demam disertai keringat berlebih, menggigil, batuk berdahak. kental dan berwarna kuning, hijau atau disertai darah.

Baca juga: 12 Tips agar kesehatan jiwa selalu terjaga

Gejala Flu Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Sementara itu, jika anak Anda terkena influenza, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter jika ditemui gejala-gejala berikut:
  • Demam 38°C biasanya pada bayi di bawah usia 3 bulan
  • Demam 40°C, pada usia berapa pun
  • Tidak mau minum
  • Demam lebih dari 3 hari
  • Muntah atau sakit perut
  • Gangguan tidur terus menerus
  • Sulit bernafas
  • Sakit kepala parah
  • Leher kaku
  • Menangis terus menerus tanpa alasan
  • Sakit telinga
  • Batuk terus menerus.
Demikian ulasan artikel tentang Penyebab Flu Yang Bisa Anda Ketahui Saat Ini!. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 6 Aktivitas Pagi yang Menyehatkan Tapi Sering Diabaikan Banyak Orang
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

4 comments for "Inilah Penyebab Flu Yang Harus Kita Ketahui"

  1. Belakangan ini udaranya emang lagi gak enak. Biasanya yang malem-malem suka bercengkerama dan ngopi di pelataran rumah sekarang harus cek kondisi dulu sebelum akhirnya mutusin nongkrong depan rumah ngobrol dengan teman dan saudara yang main-main ke rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak...banyak yg kena flu juga...untung si kopit udah gak ngetren wkwk

      Delete
  2. Kalo skr, tiap udh gejala flu, langsung kuatir duluan 🤣🤣. Ntah itu COVID atau bukan, tapi langsung aku hajar Ama istirahat, air putih, dan vitamin multivitamin juga buah2an. Syukurnya selalu cepat baikan. Kemarin itu aku suspect flu COVID, Krn gejalanya lebih ke COVID. Tapi langsung isolasi sendiri aja, ga tertarik tes antigen, dan baru kluar setelah badan sembuh juga. Toh udh vaksin, ga terlalu parah juga gejalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya flu memang termasuk penyakit ringan kecuali flu yang kemarin kemarin sempat viral...
      Tapi tetap saja...yang namanya penyakit mau ringan atau berat tetap bisa membuat kita tidak berdaya hhi

      Delete