Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Es Krim Viral, Tapi Apakah Mixue Halal?

Maraknya penjualan Mixue di Indonesia membuat kita bertanya-tanya. Apakah Mixue halal? Apakah sudah keluar surat halalnya? Apakah layak untuk kita konsumsi sebagai umat muslim? Nah jangan khawatir di artikel kali ini bakalan kita bahas mengenai semua itu. Sebagai toko kuliner yang sedang ramai atau sedang viral di Indonesia, Mixue ini adalah toko yang menjual berbagai varian rasa mulai dari es krim original sampai dengan boba.

Produk asal Taiwan ini membandrol harganya dengan cukup sangat murah. Dengan varian rasa yang banyak, rasa yang cukup enak, dan harga yang sangat terjangkau membuat semua kalangan masyarakat rela mengantri untuk mendapatkan produk dari Mixue ini. Untuk informasi di sini, Mixue sudah memiliki 300 toko di Indonesia, kebayang nggak? Cukup banyak banget kan gerai yang mereka punya.

Apakah Mixue Halal

Apakah mixue halal
Apakah mixue halal

Kandungan Mixue

Mari kita masuk ke topik pembahasan "Apakah Mixue ini halal". Jadi bagaimana caranya kita agar menilai suatu produk ini halal? Titik kritis es krim bisa dinilai halalnya yaitu berdasarkan lemak, pemanis, stabilizer, emulsifier, perisa, hingga pewarna.

Kandungan Lemak

Pertama terletak pada lemak. Kenapa lemak? di sini kita harus tahu dari bahan apakah enzim ini digunakan. Apakah berasal dari lemak babi yang jelas-jelas tidak halal atau berasal dari lemak sapi tapi dengan status penyembelihan yang tidak jelas. Jadi maksudnya walaupun produk Mixue lemaknya berasal dari sapi, kita tetap harus tahu apakah penyembelihan ini dilakukan secara syar'i atau tidak.

Baca juga: 5 Manfaat Berjualan Makanan Secara Online

Baca juga: 9 Rekomendasi Jajanan Alfamart yang Murah dan Enak

Asal Pemanis

Pemanis ini bisa didapatkan dari berbagai sumber mulai dari pemanis buatan dan pemanis alami. Di sini kita harus tahu, apakah sumber pemanas ini dari hewan lalu kalau hewan-hewan apakah yang dimanfaatkan.

Stabilizer

Stabilizer biasanya mengandung gelatin. Nah, gelatin inilah yang harus kita perhatikan Apakah gelatin ini berasal dari hewan.

Emulsifier

Emulsifier adalah zat atau bahan makanan yang berfungsi untuk menyatukan antara lemak dan cairan. Nah di sinilah kita harus memastikan dari bahan apakah emulsifier ini berasal, apakah dari lemak nabati atau lemak hewani. Jika memakai hewan, dari hewan apa emulsifier ini berasal perlu kita pertanyakan.

Perisa

Perisa adalah bahan tambahan yang biasanya bersumber dari lemak. Nah balik lagi di sini kita harus perhatikan dari lemak apakah perisa ini berasal, apakah dari lemak nabati atau hewani.

Pewarna

Pewarna ini biasanya mengandung gelatin. Nah disini kita harus perhatikan lagi. Balik lagi, apakah gelatin ini berasal dari hewan atau nabati. Berdasarkan komponen tadi yang sudah kita sebutkan, bakalan ribet banget kalau misalnya kita setiap mengkonsumsi suatu produk harus mengecek kandungannya dulu secara manual. Dan untuk beberapa orang awam, tentunya bakal beneran menguras pikiran, menguras otak, dan tenaga karena harus berpikir lagi. Apakah produk ini layak untuk kita konsumsi atau tidak. Nah, makanya di sini Indonesia menyediakan badan pengawas agar bisa mempermudah kita dalam mengkonsumsi suatu produk. Mari kita cek status kehalalan Mixue melalui beberapa website yang tersedia di Indonesia.

Baca juga: Berbagai Jenis Nasi Goreng Khas Daerah di Indonesia

Baca juga: 5 Oleh-oleh Khas Solok Sumatera Barat Terpopuler

Status Kehalalan Mixue

Yang pertama melalui BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan hasilnya data tidak ditemukan. Selanjutnya melalui halalmui.org dan hasilnya data tidak ditemukan juga. Terakhir melalui Sihalal dan hasilnya sama saja, data juga tidak ditemukan. Bisa temen-temen bayangkan, sayang sekali dengan harga es krim yang cukup murah, varian yang sangat banyak, dan rasa yang cukup enak tapi sayang sekali dari tiga web yang sudah kita cek hasilnya data sertifikasi halal tidak ditemukan.

Kemarin terdapat informasi di Instagram, yaitu di instagram-nya Aisyah Maharani. Di sana ia mengupload klaim admin mengenai status kehalalan Mixue seperti ini berikut:

"Min, kapan ada logo halal MUI-nya biar tenang" tanya Aisyah.

Kurang lebih adminnya menjawab seperti ini "Halo kak, saat ini Mixue memang benar belum memiliki sertifikat kehalalan. Kami sudah mengurusnya sejak tahun 2021 awal namun memang belum selesai. Karena tentunya lebih baik kami memberi jawaban yang sekiranya sudah diverifikasi yang berwenang. Selagi menunggu kakak dapat memilih pilihan yang terbaik untuk kakak. Ditunggu terus update dari kami ya."

Kemudian DM lainnya, "Maaf kak ada yang

kirim saya ini, saya boleh minta copy sertifikat nya kak? sama jika berkenan nomor pengajuan sertifikat halalnya di Indonesia."

Baca juga: 45 Produk Asli Indonesia Yang Mendunia Dan Go Internasional. Emang Bikin Bangga

Baca juga: Deretan Wisata Kuliner di Purwokerto yang Bisa Dicoba

Lalu admin Mixue menjawab "Selamat siang kak, terima kasih sudah menghubungi kami lagi. Terkait ini admin coba bantu tanyakan dan koordinasikan terlebih dahulu ya kak agar dapat memberi jawaban terbaik dan sebenarnya. Sekiranya sudah ada informasi akan kami kabari ya kak"

Menurut informasi yang kami dapatkan terdapat screenshot-an terkait pada DM tersebut, yaitu berisi tentang sertifikat halal Shanghai Islamic Center. Namun di sana, admin tidak dapat menunjukkan sertifikat halalnya dengan pasti.

Kesimpulan

Jadi Mixue ini merupakan produk es krim berasal dari negeri Cina. Otomatis, semua bahan bakunya juga berasal dari Cina. Jika dari negara asalnya saja belum ada atau tidak memiliki sertifikat halal, maka dari mana kita kan berlabuh untuk bertanya atau memastikan kehalalan dari produk Mixue ini. Mereka mengklaim bahwa mereka sudah mengajukan sertifikasi halal sejak tahun 2021 dan belum selesai sampai dengan sekarang, dengan alasan belum memenuhi standar kehalalan yang ada di Indonesia. Jadi produk Mixue belum jelas kehalalannya, bisa jadi halal atau bisa jadi haram.

Memang, es krim enak, es krim murah dengan banyak varian itu di Indonesia banyak sekali jenisnya. Atau mungkin di sini teman-teman tidak menemukan atau malah menemukan harganya yang sedikit mahal dibandingkan dengan Mixue. Di sini kita menyarankan teman-teman agar bisa memilih produk yang sudah jelas kehalalannya. Sekian artikel mengenai Apakah Mixue Halal. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian terima kasih.

Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

6 comments for "Es Krim Viral, Tapi Apakah Mixue Halal?"

  1. jadi kesimpulannya mixue ini blm jelas kehalalannya ya, krn blm di acc sama MUI.

    ReplyDelete
  2. udah beberapa kali beli mixue dan enak..

    ReplyDelete
  3. Belum punya label halal kok bisa beredar. Apa betul aturan mainnya begitu? Beroperasi dulu, syarat2 atau kejelasan barangnya belakangan. Di sinilah lemahnya pihak berwenang di negeri ini. Apa anak bangsa ini tak bisa bikin es krim ya? Biar jelas bahan bakunya. Sesuai dengan kondisi Indonesia yang mayoritas muslim.

    ReplyDelete