Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Manfaat Menggunakan Hijab Bagi muslimah & Kesehatan

Perintah menggunakan hijab ternyata bertabur manfaat yang jarang diketahui oleh para muslimah. Apa saja manfaat tersebut?

Sebenarnya manfaat menggunakan hijab sangat banyak, tapi kita jarang sekali menyadarinya. Padahal kalau mau kepo sedikit, kita bisa baca beberapa artikel yang membahasnya secara detail.

Kendati manfaatnya banyak, sebaiknya kita tidak menjadikan hal tersebut sebagai dasar untuk menghijabi diri. Keputusan berhijab haruslah bersandar sepenuhnya pada Allah SWT.

Segala hal baik yang dilakukan karena Allah Ta'ala, tentulah memiliki nilai yang jauh lebih baik.

Untuk kamu yang ingin tahu, berikut beberapa manfaat menggunakan hijab yang didukung sejumlah fakta medis.

7 Manfaat Menggunakan Hijab Yang Bikin Hati Tambah Syukur

Manfaat Menggunakan Hijab
Manfaat Menggunakan Hijab

Melindungi dari efek terbakar (sunburn) akibat paparan sinar matahari

Salah satu manfaat menggunakan hijab adalah melindungi diri dari efek sunburn, yaitu efek terbakar yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sunburn terjadi ketika paparan matahari melebihi apa yang sanggup ditolerir oleh tubuh. Pada umumnya, seseorang yang berkulit cerah dapat bertahan selama 15 menit saja untuk kontak dengan sinar matahari. Sementara, orang berkulit gelap dapat bertahan selama 3 – 9 jam.

Biasanya, gejala sunburn tidak langsung terlihat. Diperlukan waktu sekitar 6 jam - 2 hari untuk gejalanya dapat terdeteksi secara jelas.

Biasanya, orang yang mengalami sunburn akan merasakan sensasi terbakar pada kulit. Warna kulit pun akan berubah menjadi merah. Adapun pada kaki, sunburn ditandai dengan pembengkakan kulit.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami dan Mudah Dilakukan Tanpa Pergi ke Salon

Baca juga: Apa Itu Ketombe? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Yuk Ketahui Lebih Jauh

Dengan mengenakan hijab, risiko tersebut dapat diminimalkan. Itu karena sinar matahari tidak bisa langsung menyentuh kulit, melainkan terhalangi oleh hijab.

Mencegah kanker kulit

Dikarenakan hijab menutupi hampir seluruh bagian tubuh, maka kita pun lebih terjaga dari resiko kanker kulit.

Kamu tentu sudah sering mendengar, bahwa kanker kulit biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu intens.

Karena itu pula, seseorang yang mudah mengalami sunburn punya risiko lebih besar untuk mengalami kanker kulit.

Paparan sinar UV dapat melemahkan daya tahan tubuh sehingga tidak cukup kuat untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

Mengenakan hijab yang longgar dan berbahan tebal dapat mengurangi risiko kanker secara efektif, terutama kanker milanoma.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa wanita yang berpakaian ketat atau transparan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kanker milanoma.

Kanker milanoma diketahui merupakan salah satu jenis kanker yang paling fatal. Kanker ini terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu superficial spreading melanoma, lentigo maligna melanoma, nodular melanoma, dan acral lentiginous melanoma.

Superficial spreading melanoma biasanya muncul di punggung bagian atas dan kaki. Sedangkan, Lentigo maligna melanoma biasanya muncul di bagian tangan.

Adapun Nodular melanoma sering dijumpai pada tubuh, tungkai, dan kulit kepala. Sementara, Acral lentiginous melanoma sering dijumpai pada telapak kaki dan telapak tangan.

Mengurangi resiko peradangan kulit solar keratosis

Solar keratosis adalah peradangan kulit luar yang ditandai dengan gejala munculnya sisik pada permukaan kulit.

Peradangan ini dapat memicu kanker kulit apabila berkomplikasi dengan penyakit lain.

Baca juga: 8 Manfaat Charcoal Untuk Wajah, Salah Satunya Efektif Untuk Menghilangkan Jerawat

Baca juga: Serum Pencerah Wajah Terbaik: Apakah Seorang Pria Perlu Tahu Hal Ini?

Salah satu penyebab solar keratosis adalah sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Bagian kulit yang rentan terhadap solar keratosis diantaranya kulit tulang pipi, kulit hidung, dahi, punggung tangan, punggung, dan kaki.

Wanita berhijab cenderung aman dari risiko ini karena hijab membantu menutupi tubuh dari sengatan sinar matahari. Walhasil, kulit lebih terlindungi dan terhindar dari radang kulit.

Terhindar dari solar urticaria

Solar urticaria adalah alergi matahari. Biasanya, alergi ini dijumpai pada orang berusia di bawah 40 tahun. Orang yang mengalami solar urticaria merasakan gejala gatal-gatal saat beraktivitas terlalu lama dibawah cuaca cerah.

Dengan mengenakan hijab, kita telah melindungi kulit agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Melindungi tubuh secara menyeluruh

Hijab yang menutupi sebagian besar bagian tubuh bisa menghalangi masuknya udara panas dan dingin. Manfaat ini sangat membantu muslimah dalam menghadapi keadaan tertentu.

Tahukah kamu, tubuh cukup peka terhadap perubahan suhu. Temperatur yang terlalu panas dapat mengganggu fungsi otak. Karena itulah, secara alamiah kita menggunakan penutup kepala (misalnya topi) untuk meminimalisasi efek tersebut.

Tapi wanita berhijab tak perlu menggunakan topi untuk melindungi kepalanya. Hijab yang dikenakan bisa berperan sebagai lapisan proteksi terhadap suhu panas.

Begitupun saat cuaca sedang dingin, wanita yang mengenakan hijab merasa lebih hangat. Hasil tes kesehatan menunjukkan bahwa hijab mencegah keluarnya panas tubuh sebanyak 40-60%. Jadi, panas tetap tertahan di dalam tubuh dan menjadi energi yang menghangatkan tubuh di musim dingin.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Muka Berminyak Pada Wanita

Baca juga: Tips Berpakaian Untuk Wanita Agar Terlihat Lebih Muda Dan Cantik

Terang saja, wanita berhijab lebih aman dari risiko gemetar, hipotermia, maupun flu.

Menjaga kesehatan dan keindahan rambut

Wanita berhijab cenderung memiliki rambut yang sehat dan indah. Itu karena saat mengenakan hijab, rambut terhindar dari paparan langsung sinar matahari. Rambut juga terlindungi dari debu dan polutan. Walhasil, tampilan rambut lebih indah, kebersihannya pun terjaga.

Menambah kewibawaan dan menjauhkan niat jahat

Mengenakan hijab dapat meningkatkan wibawa dan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketika kamu menutup aurat, pria nakal akan berpikir seribu kali kalau mau berbuat tidak sopan. Bahkan, kamu juga akan dihormati dan diperlakukan dengan baik oleh sekitar.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat menggunakan hijab dilihat dari segi kesehatan dan sosial. Tapi sebaiknya kita tidak menggunakan hijab hanya karena ingin memperoleh manfaatnya saja. Berhijab sebaiknya dilakukan karena Allah SWT, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kunjungi LaraHijab.com untuk mengetahui lebih banyak tentang hijab. Ada banyak artikel seputar hijab, doa, dan puasa yang sayang untuk kamu lewatkan. Tak ketinggalan, ada kisah Islami inspiratif yang sarat akan hikmah. Salah satunya kisah tentang Asiyah istri Fir’aun yang mendapat Surga karena berhasil menjaga keimanannya. Yuk mampir!

Baca juga: Inspirasi Dari Wanita Berkulit Hitam

Baca juga: 5 Macam Fashion Hijab Cantik yang Bisa Ukhti Coba
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

4 comments for "7 Manfaat Menggunakan Hijab Bagi muslimah & Kesehatan"

  1. Ulasan yangbetmanfaat, Mas Eko. Saya paling setuju poin untuk menjaga keindahan tubuh. Zaman sekarang, oknum wanita tanpa hijab itu rasanya agak asing dipandang mata. (kalau tak mau bilang gak cantik). He he ...

    ReplyDelete
  2. salah satunya yang pasti menjauhkan niat atau pikiran nakal kaum adam mas eko..:D saya pribadi pasti positif thinking kalau lihat wanita berhijab
    btw mantap ulasan manfaat menggunakan hijabnya..sukses selalu mas Eko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau liat langsung sih iya kak pasti positif thinking...
      Beda lagi kalau liatnya di tiktok atau di ig wkwk

      Delete