Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Penyebab Haid Tidak Teratur Pada Wanita

Siklus menstruasi atau haid pada perempuan umumnya terjadi tiap bulan sekali. Tapi tidak semua perempuan yang siklus haidnya lancar. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan haid tidak teratur pada wanita seperti faktor usia, genetik, gaya hidup, penyakit dan masih banyak lagi.

Bagi sebagian perempuan bahkan menganggap hal ini sudah biasa. Nah pada artikel kali ini akan membahas tentang penyebab haid tidak teratur pada perempuan. Paling tidak dengan mengetahui penyebabnya para perempuan bisa langsung melakukan pencegahan atau pengobatan agar siklus haidnya lancar kembali.

10 Penyebab Haid Tidak Teratur Pada Wanita

10 Penyebab Haid Tidak Teratur
10 Penyebab Haid Tidak Teratur

1# kehamilan

Pada umumnya pada saat kehamilan menstruasi atau haid akan terhenti. Akan lebih baik apabila kamu melakukan tes kehamilan seperti pemakaian testpack. Tapi akan lebih baik lagi apabila kamu pergi ke dokter dan melakukan USG.

2# alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi seperti pil kb atau suntik kb memang akan membuat siklus menstruasi pada wanita menjadi tidak teratur. Bahkan selain tidak teratur penggunaan pil kb atau suntik malah bisa membuat perempuan tidak mengalami menstruasi sama sekali selama 6 bulan.

Baca juga: Tips Berpakaian Untuk Wanita Agar Terlihat Lebih Muda Dan Cantik

3# menopause

Pada saat memasuki usia menopause produksi hormon estrogen dan progesteron juga akan menjadi tidak teratur dan bisa jadi hal ini adalah penyebab dari haid yang tidak teratur.

4# pola hidup

Pola hidup juga menjadi salah satu penyebab siklus haid pada perempuan tidak teratur. Aktivitas olahraga yang berlebihan, diet berlebihan, stres dan obesitas menjadi salah satu penyebab berkurangnya hormon reproduksi. Yang dimana hormon ini adalah hormon yang bertugas untuk mengatur siklus haid pada perempuan.

5# sindrom PCOS

Sindrom PCOS atau sindrom ovarium polikistik adalah kelainan hormon yang terjadi pada wanita yang menyebabkan haid tidak teratur atau siklus haid yang terjadi sangat jarang atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Sindrom ini juga membuat proses pelepasan sel telur menjadi tidak normal yang akhirnya membuat menstruasi jarang terjadi kalau terjadi menstruasi darah yang keluar hanya sedikit.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Muka Berminyak Pada Wanita

6# masalah pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid letaknya ada di leher. Kelenjar tiroid bertugas sebagai pengatur metabolisme pada tubuh manusia. Jika kelenjar tiroid bermasalah menstruasi juga ikut bermasalah. Sebagai langkah pencegahan kamu bisa melakukan tes darah guna melihat hormon tiroid pada darah kita.

7# hormon yang tidak seimbang

Hormon yang paling berperan penting pada siklus haid yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron. Saat salah satu dari hormon ini bermasalah maka siklus haid juga pasti akan bermasalah. Selain mengakibatkan siklus haid tidak teratur, apabila kedua hormon ini bermasalah akan berefek buruk juga pada kesuburan.

8# kista ovarium

Kista ovarium adalah tumor jinak yang menyerang ovarium. Kista ovarium bisa membuat siklus haid menjadi tidak teratur bahkan tidak terjadi sama sekali. Selain membuat siklus haid tidak teratur kista ovarium juga bisa membuat rasa nyeri yang berlebihan pada saat terjadi menstruasi.

Baca juga: 5 Macam Fashion Hijab Cantik yang Bisa Ukhti Coba

9# kanker rahim

Perlu diketahui gejala kanker rahim stadium awal yaitu siklus menstruasi yang tidak teratur. Maka dari itu untuk para perempuan jangan menganggap enteng apabila siklus menstruasi tidak teratur. Selain menstruasi yang tidak teratur gejala lain dari kanker rahim yaitu tubuh mudah lelah, mual-mual, berat badan menurun drastis dan rasa nyeri saat buang air kecil.

10# obesitas

Perempuan yang mengalami obesitas pasti memiliki lemak yang banyak. Lemak berlebih bisa membuat produksi hormon estrogen meningkat. Hormon estrogen yang berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi. Pada saat proses ovulasi terganggu siklus haid juga pasti terganggu dan hal inilah yang membuat proses haid tidak teratur.

Penutup

Siklus menstruasi adalah siklus yang sangat penting bagi perempuan yang terjadi setiap bulan sekali. Tapi tidak semua perempuan mempunyai siklus menstruasi yang teratur setiap bulan. Saat siklus menstruasi tidak teratur lebih baik segera konsultasi ke dokter supaya bisa melakukan langkah pencegahan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah tadi artikel tentang 10 penyebab haid tidak teratur pada wanita. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat. Terima kasih juga sudah mengunjungi blog dan artikel ini dan jangan lupa terus kunjungi blog ini untuk mendapatkan update artikel yang menarik selanjutnya.

Baca juga: 7 Manfaat Menggunakan Hijab Bagi muslimah & Kesehatan
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "10 Penyebab Haid Tidak Teratur Pada Wanita"

  1. Semasa muda, saya mengalami sirklus terlslu singkat. Yaitu 1x 3 minggu. Kasus serupa turun ke anak dan cucu. Tapi, Alhamdulillah, kondisi badan sehat 2 saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah kak..kalo tidak ada tanda apa apa mah...

      Delete