Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Jenis Kain Gorden Untuk Mempercantik Rumah

Jendela adalah salah satu bagian rumah yang penting dan wajib selalu ada di setiap rumah. Selain berguna sebagai ventilasi atau pertukaran udara, jendela juga sering kita gunakan untuk melihat keadaan luar rumah dari dalam. Selain itu fungsi jendela juga sebagai variasi untuk menambah nilai estetik sebuah rumah.

Setiap rumah wajib ada jendela dan setiap jendela wajib harus ada gorden. Gorden bisa berfungsi sebagai penghalang untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke rumah. Gorden juga digunakan untuk menjaga privasi kondisi dalam rumah dan juga si pemilik rumah.

Jenis-jenis kain gorden yang dipakai juga bervariasi dan banyak dijual di toko-toko gorden baik toko online maupun offline. Nah pada artikel kali ini akan membahas tentang 10 jenis kain gorden untuk mempercantik rumah anda. Mari kita baca selengkapnya

10 Jenis Kain Gorden Untuk Mempercantik Rumah

10 Jenis Kain Gorden Untuk Mempercantik Rumah
10 Jenis Kain Gorden Untuk Mempercantik Rumah

1# kain katun

Selain sering dipakai untuk bahan kaos ternyata kain katun juga bisa dipakai untuk gorden. Bahkan kain katun juga cocok untuk digunakan di konsep apa saja baik konsep modern atau konsep tradisional.

Baca juga: 6 Cara Merawat Rumah Secara Praktis dan Mudah

2# kain linen

Kalau kamu menginginkan konsep gorden yang minimalis kain linen adalah jawabannya. Karakter dari kain jenis ini yaitu terlihat menggembung karena kain ini terbuat dari serat alami. Sama halnya dengan kain katun, kain ini juga ringan dan sedikit transparan.

3# kain sutra

Kain mewah yang satu ini ternyata bisa juga dipakai sebagai gorden. Walaupun kalau menurut saya pribadi akan sangat disayangkan apabila kain sutra hanya dipakai sebagai gorden. Karena kain sutra harganya bisa dibilang mahal tapi kain ini memiliki kelebihan yaitu bisa membuat gorden dan ruangan anda terlihat elegan dan mewah. Sedangkan kekurangannya warna kain sutra bisa dengan mudah memudar apabila terkena sinar matahari.

4# kain beludru

Karakteristik dari kain beludru yaitu kainnya yang tebal dan memiliki bulu halus tipis seperti kain selimut. Karena tebal ini juga kain beludru bisa dibilang berat. Keunggulan dari kain jenis ini yaitu bisa menghalangi angin dan sinar matahari masuk ke dalam rumah lewat jendela dengan optimal. Karena kain ini tebal, kain ini juga bisa dipakai sebagai pengedap suara.

5# kain akrilik

Menurut saya kain akrilik adalah kain terbaik sebagai gorden anda. Karena kain ini memiliki tekstur seperti kain wool. Kain ini juga ringan dan bisa selalu rapi tanpa harus sering menyetrika. Selain itu kain akrilik juga tahan jamur sehingga keawetan dari kain ini tidak bisa diragukan lagi.

Baca juga: 9 Tips Memulai Bisnis Sewa Rumah Dijamin Cuan Terus

6# kain polyester

Karakter kain polyester hampir sama dengan kain katun. Bahan yang ringan, perawatan mudah, tidak mudah kusut menjadi keunggulannya. Soal harga juga termasuk murah. Jenis kain polyester juga sering menjadi pilihan banyak orang. Hanya saja kekurangannya yaitu kain jenis ini sangat mudah sekali terbakar.

7# kain rayon

Pada dasarnya kain rayon lebih cocok digunakan sebagai gorden lapis pertama ketimbang dipakai sebagai gorden utama. Hal itu dikarenakan kain rayon terbuat dari serat regenerasi selulosa. Karena hal ini juga serat-serat pada kain rayon materialnya renggang sehingga membuat kain jenis ini menjadi transparan.

8# kain brokat

Pada dasarnya kain brokat itu terbuat dari serat sutra yang diberi warna. Karena hal inilah kain brokat memiliki karakter yang artistik dan indah dipandang. Kain brokat termasuk kain yang ringan hanya saja kain ini mudah sekali kotor dan pada saat kotor susah sekali untuk dibersihkan.

9# kain renda

Kalau dilihat sekilas kain renda dan kain brokat seperti sama saja dan tidak ada bedanya. Yang membedakan hanya bahan pembuatannya saja yang dimana kain brokat terbuat dari sutra yang diberi warna. Kelemahan kain ini yaitu mudah sekali sobek sehingga perawatannya juga harus hati-hati.

Baca juga: 5 Cara Mudah Sewa Rumah Berkualitas di Jakarta Sesuai Budget

10# kain voile

Kain voile sering dipakai sebagai bahan untuk pembuatan hijab. Malah jarang sekali dipakai untuk gorden. Tapi walau begitu kain voile tetap menjadi pilihan terbaik sebagai kain gorden. Bahannya yang lembut, ringan, adem dan tidak mudah menyerap panas sehingga membuat suhu rumah tetap adem.

Penutup

Kain gorden pada dasarnya bukan hanya berfungsi sebagai penutup jendela atau pintu tapi juga sebagai pelengkap aksesoris rumah yang bisa membuat rumah tampak indah dan artistik.

10 jenis kain gorden diatas juga sebenarnya sangat mudah sekali ditemukan di toko-toko gorden terdekat di berbagai daerah di indonesia. Untuk teman-teman yang ada di daerah medan disini saya ada rekomendasi toko gorden di medan yaitu haniyadecormedan.com yang beralamatkan di Jalan Sunggal no 64 simpang Kasuari, Sei Sikambing B, Medan.

haniyadecormedan.com adalah toko gorden medan yang menyediakan keperluan dekorasi rumah seperti tirai, pintu, jendela, wallpaper, kasa anti nyamuk dan gorden dengan harga yang terjangkau tapi berkualitas tinggi dan pilihan terlengkap.

Ok sekian artikel 10 Jenis Kain Gorden Untuk Mempercantik Rumah. saya berharap artikel ini bisa berguna, bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa juga untuk terus mengunjungi blog ini agar kamu tidak ketinggalan update artikel menarik selanjutnya terima kasih.

Baca juga: Berkunjung Ke Rumah Pengabdi Setan
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "10 Jenis Kain Gorden Untuk Mempercantik Rumah"