Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tokocrypto vs Indodax: Crypto Exchange Manakah yang Terbaik?

Saat ini investasi aset crypto memang sedang digandrungi oleh banyak orang. Walaupun nilainya sangat fluktuatif dan beresiko tinggi tapi tidak menyurutkan niat para investor untuk terus berinvestasi di aset crypto.

Minat masyarakat indonesia untuk berinvestasi di aset crypto juga semakin bertambah. Karena hal inilah banyak bermunculan platform crypto exchange di indonesia. Untuk saat ini ada dua platform crypto exchange terbesar di indonesia yaitu tokocrypto dan indodax. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas perbandingan antara tokocrypto vs indodax kira-kira platform manakah yang terbaik?

Tokocrypto vs Indodax: Crypto Exchange Manakah yang Terbaik?

Tokocrypto vs indodax
Tokocrypto vs indodax

1# legalitas

Tokocrypto

Tokocrypto berdiri pada tahun 2017. Tapi diperkenalkan ke public secara resmi yaitu pada 15 september 2018. Lalu pada november 2019 tokocrypto secara resmi terdaftar di BAPPEBTI dibawah kementrian perdagangan republik indonesia.

Indodax

Indodax sebenarnya lebih senior daripada tokocrypto karena indodax didirikan pada tahun 2014 dan dulu bernama bitcoin indonesia dengan website bitcoin.co.id. lalu pada tahun 2018 secara resmi berganti nama menjadi indodax. Tapi walaupun lebih lama berdiri, indodax baru terdaftar di BAPPEBTI pada januari 2020.

Kesimpulan

Baik tokocrypto maupun indodax kedua sudah terdaftar di BAPPEBTI dibawah kementrian perdagangan republik indonesia. Jadi artinya kedua crypto exchange ini legal dan sah menurut hukum di indonesia. Dengan begitu, transaksi di kedua crypto exchange ini aman karena sudah memiliki payung hukum yang sah.

Baca juga: Token Crypto Dangdutverse: Token Crypto Untuk Para Pecinta Musik Dangdut

2# fitur dan tampilan

tokocrypto

Tokocrypto memiliki warna dominan hitam walaupun begitu kita bisa mengaturnya dengan fitur mode gelap dan mode terang. Pergerakan harganya juga bisa dibilang cepat dengan begitu limit order bisa dilakukan dengan lebih meyakinkan oleh investor.

Indodax

Indodax memiliki warna dominan biru muda dan putih. Memang akan sedikit silau tapi kita bisa mengaturnya karena ada fitur mode gelap dan mode terang. Hanya saja pergerakan harga sedikit lambat dan kurang responsif karena hal ini kita jadi harus sering merefresh halaman.

Kesimpulan

Dari segi tampilan keduanya cukup informatif dan memudahkan para investor dalam mengelola asetnya. Hanya saja di indodax pergerakan harganya sedikit lambat dan hal ini akan menyulitkan para investor untuk melihat pergerakan harga secara realtime.

3# proses deposit

Tokocrypto

Minimal deposit tokocrypto saat ini yaitu Rp 50.000 dan kita bisa deposit melalui beberapa virtual account seperti VA bank mandiri, VA bank permata dan gopay. Untuk proses deposit juga lumayan cepat kurang dari 5 menit dana kita sudah masuk ke akun tokocrypto kita.

Indodax

Untuk di indodax kita bisa beli aset crypto dengan deposit minimal Rp 10.000. Proses deposit juga sangat cepat dan bisa melalui semua bank lokal di indonesia dan kita juga bisa menjual aset crypto dengan mengkonversikannya menjadi rupiah secara instan.

Baca juga: Mengenal Alam Hijau Anagata(AHA) Token Crypto Asli Indonesia yang Berkonsep Go Green dan Ramah Lingkungan

Kesimpulan

Dari segi deposit indodax lebih unggul karena minimal deposit yang rendah dengan begitu sangat membantu investor yang bermodal kecil untuk tetap bisa berinvestasi di aset crypto. Selain itu dengan banyaknya metode pembayaran juga memudahkan kita untuk deposit dan berinvestasi aset crypto di indodax.

4# penarikan dana

Tokocrypto

Untuk minimum withdraw atau penarikan dana ke rekening pribadi, tokocrypto menetapkan minimum transaksi sebesar Rp 500.000 dengan biaya Rp 5500 per transaksi.

indodax

Sedangkan indodax menetapkan minimum withdraw sebesar Rp 100.000 dengan biaya penarikan sebesar Rp 25.000 untuk penarikan dana dibawah Rp 100 juta dan Rp 100.000 untuk transaksi withdraw di atas Rp 100 juta.

Kesimpulan

Dari segi fee penarikan dana tokocrypto lebih unggul karena lebih murah walaupun minimum penarikan dana lebih besar daripada indodax.

5# biaya transaksi

Tokocrypto

Minimum jual beli aset pada tokocrypto yaitu sebesar Rp 20.000 pada pair IDR sedangkan pada pair USDT sebesar 10 USDT dengan biaya transaksi 0,1% untuk market maker dan market taker

indodax

Sedangkan indodax menetapkan minimum transaksi aset sebesar Rp 10.000 pada pair IDR dan pada pair USDT hanya sebesar 1 USDT. untuk biaya trading dan persentase penarikan bisa dimulai dari 0%.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Takut Untuk Mulai Berinvestasi?

Kesimpulan

Menurut saya indodax lebih unggul dari segi minimum transaksi baik dari pair IDR ataupun USDT. walaupun biaya transaksi untuk market limit pada indodax gratis, tapi secara keseluruhan tetap lebih murah murah tokocrypto walaupun hanya selisih 0,1%.

6# jumlah aset crypto yang diperdagangkan

Tokocrypto

Pada tokocrypto tersedia sekitar 34 koin/token aset crypto yang diperdagangkan seperti bitcoin, ethereum dan sebagainya.

Indodax

Sedangkan indodax memiliki banyak sekali aset crypto yang diperdagangkan yaitu mencapai 110 koin/token aset crypto.

Kesimpulan

Dari segi jumlah aset crypto yang diperdagangkan, indodax menang telak dengan total jumlah koin/token aset crypto sebanyak 200 lebih aset.
Tokocrypto vs indodax
Tokocrypto vs indodax manakah yang terbaik?

Penutup

Dari beberapa perbandingan diatas, bisa kita ketahui baik tokocrypto maupun indodax masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tentu saja semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan di platform manakah kamu akan berinvestasi. Tapi menurut saya yang paling penting adalah kedua platform ini sudah memiliki legalitas dan sudah mengantongi izin resmi dari BAPPEBTI dan kemendagri.

Selain itu khususnya dari indodax, kamu bisa belajar tentang mata uang digital disana. Karena saat ini indodax memiliki kanal edukasi bernama indodax academy. Setelah paham kamu bisa mulai berinvestasi dengan melakukan pembelian dan penjualan aset crypto di indodax baik melalui website resmi maupun di mobile apps. Sekian pembahasan tentang tokocrypto vs indodax kali ini semoga informasi yang ada di dalam artikel ini bisa bermanfaat.

Baca juga: 10 Perbedaan Antara Asuransi Syariah Dan Konvensional Yang Banyak Orang Belum Tahu
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "Tokocrypto vs Indodax: Crypto Exchange Manakah yang Terbaik?"