Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Miracast tv? Yuk Kenali Lebih Jauh

Terkadang kita juga pasti akan memerlukan dukungan layar yang lebih besar untuk mengakses konten dari smartphone android misalnya untuk menonton film, untuk memutar video atau untuk menyaksikan acara live streaming sepak bola atau pertandingan esport.

Smartphone android dengan layar yang kecil sudah pasti tidak bisa melakukan hal ini. Maka dari itu dibutuhkan peralatan untuk bisa melakukan hal ini seperti monitor layar lebar dan kabel HDMI. Selain menggunakan kabel HDMI, kita juga bisa menghubungkan smartphone android ke TV dengan menggunakan koneksi wireless seperti wi-fi berkat adanya sebuah teknologi yang disebut miracast tv. Apa itu miracast tv? Langsung saja yuk kita simak selengkapnya.

Apa Itu Miracast tv? Yuk Kenali Lebih Jauh

Apa itu miracast tv
Apa itu miracast tv

Apa itu miracast tv?

Teknologi miracast mulai diperkenalkan pada tahun 2012 oleh wi-fi alliance. Teknologi ini dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat smartphone, laptop ataupun tablet ke layar yang lebih besar seperti monitor, TV ataupun proyektor. Sambungannya tidak lagi menggunakan kabel HDMI melainkan memakai koneksi wireless wi-fi. Jadi bisa dikatakan juga sebagai HDMI tanpa kabel.

Baca juga: ASUS ROG Hadirkan Jajaran Laptop Gaming dengan Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile Paling Lengkap di Indonesia

Perlu diketahui miracast itu sebenarnya adalah sebuah program sertifikasi yang diluncurkan oleh wi-fi alliance pada tahun 2012. Agar teknologi miracast dapat berfungsi perangkat pengirim dan penerima harus bersertifikat miracast dari wi-fi alliance.

Kabarnya saat ini sudah ada sekitar 6700 perangkat yang sudah bersertifikat miracast. Bahkan perusahaan perangkat hardware seperti Nvidia, Freescale Semiconductor, Texas Instrument, Qualcomm, Marvell Technology Group, dan pabrikan lain juga mengumumkan dukungannya pada teknologi Miracast.

Bahkan google juga ikut mengumumkan dukungannya pada teknologi miracast pada tahun 2012. Android versi jelly bean ke atas secara default sudah terintegrasi dengan baik dengan teknologi ini. Tidak ketinggalan juga pabrikan lain seperti LG, nexus 4, dan sony experia secara resmi juga mendukung fungsi dari teknologi miracast ini.

Baca juga: ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Penggunaan miracast di berbagai perangkat

Saat ini penggunaan miracast sudah bisa dilakukan di berbagai perangkat karena memang sudah sangat banyak pabrikan yang mendukung teknologi ini. Misalnya smart tv keluaran terbaru pasti sudah mendukung teknologi ini. Smart tv biasanya dipakai sebagai layar penerima karena memiliki layar yang besar.

Di Perangkat android 4.2 ke atas juga diketahui sudah mendukung teknologi miracast dan secara default sudah terintegrasi. Hanya saja terkadang namanya berbeda-beda. misalnya Play To/ Wireless Display/ Wireless Mirroring /Cast Screen/Screen Casting. Kamu tinggal mencari saja pengaturannya di menu wireless & network.

Microsoft juga secara resmi mendukung teknologi ini. Pada windows 8.1 ke atas fitur miracast bisa secara langsung digunakan. Hanya saja tetap bergantung pada perangkat pc atau laptopnya sudah mendukung teknologi miracast atau belum.

Baca juga: ASUS BR1100, Laptop Revolusioner untuk Temani Anak Belajar

Ciri-ciri pc atau laptop yang sudah mendukung miracast yaitu dengan adanya logo Intel® WiDi. Karena intel juga secara resmi mendukung teknologi miracast jadi bisa dipastikan kalau pc atau laptop kamu terdapat logo Intel® WiDi berarti teknologi miracast sudah bisa digunakan pada pc atau laptop tersebut.

Penutup

Penggunaan layar yang lebih besar memang banyak dipakai di beberapa situasi dan keadaan. Misalnya untuk keperluan pekerjaan kita bisa memakai teknologi miracast untuk menyajikan presentasi. Atau untuk hiburan kita bisa menggunakan teknologi miracast untuk menonton film, bermain game atau menyaksikan live streaming pertandingan sepak bola dan masih banyak lagi.

Jadi apakah kamu sudah paham dan mengerti tentang apa itu miracast tv? Mudah-mudahan artikel dengan sedikit informasi ini bisa menjawab pertanyaanmu. Sekian dari saya mudah-mudahan artikel ini membawa manfaat untuk kita semua dan terima kasih.

Baca juga: 4 Alasan Membeli MacBook Air 2017 di Tahun 2020
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "Apa Itu Miracast tv? Yuk Kenali Lebih Jauh"