Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Tips dan Cara Jualan Online untuk Pemula, Dijamin Laris Manis dan Cuan Terus

Di jaman yang serba online seperti sekarang ini tentu harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya termasuk dalam urusan bisnis. Bisnis online sebenarnya sudah kita dengar sejak lama. Yang namanya bisnis pasti disitu ada yang namanya jual beli nah kalau bisnis online berarti jual beli yang dilakukan secara online.

Dunia online saat ini sangat membantu pembeli dalam mendapatkan barang yang diinginkan. Begitu juga dengan penjual mampu menaikkan omset penjualan berkat bantuan internet. Maka dari itu banyak orang yang mulai mencoba untuk berjualan online. Tapi berjualan online juga ada ilmunya dan juga tips dan caranya agar usaha online kita bisa berjalan. Nah artikel ini membahas tentang 9 tips dan cara jualan online untuk pemula dijamin laris manis dan cuan terus. Yuk kita simak selengkapnya dibawah ini.

9 Tips dan Cara Jualan Online untuk Pemula, Dijamin Laris Manis dan Cuan Terus

9 Tips dan Cara Jualan Online untuk Pemula
9 Tips dan Cara Jualan Online untuk Pemula

1# persiapkan mental terlebih dahulu

Dalam segala aspek mental itu penting termasuk dalam hal berjualan online. Lalu bagaimana cara menguatkan mental? Cara menguatkan mental adalah dengan mengetahui resiko yang akan kita hadapi pada saat menjalankan bisnis online. Mulai dari banyaknya pesaing, produk belum dilirik konsumen sampai omset penjualan yang belum sesuai dengan harapan.

Baca juga: 7 Peluang Usaha Online Tanpa Modal yang Bisa Kita Coba

2# menentukan produk yang akan dijual

Menentukan produk yang akan dijual bisa dimulai dari hobi atau kesukaan kita terhadap sesuatu. Jika kamu hobi masak kamu bisa mulai untuk menjual masakanmu atau jika kamu hobi membuat kue kamu juga bisa mencoba menjual kue buatanmu. Atau kamu bisa menjual sesuatu yang sedang viral misal kaos atau pakaian dengan model terbaru yang sedang viral. Kamu bisa menjadi reseller atau memproduksi sendiri produk yang akan kamu jual.

3# menyusun rencana bisnis

Menentukan nama toko, menentukan produk yang akan dijual dan menentukan harga produk, menentukan bagaimana cara untuk berpromosi adalah bagian dari rencana bisnis. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat rencana jangka panjang maupun jangka pendek sangat menentukan kelangsungan bisnis online kita untuk kedepannya.

4# tentukan supplier terbaik

Menentukan supplier sebagai penyedia bahan baku atau produk yang akan dijual juga tidak kalah penting. Carilah supplier yang mempunyai harga lebih murah tapi tetap berkualitas tentunya. Ada baiknya juga kamu mempunyai supplier lebih dari satu. Hal ini bertujuan untuk antisipasi Apabila barang yang kamu perlukan sedang kosong kamu bisa mencari di supplier yang lain.

5# tentukan harga jual produk

Menentukan harga jual produk adalah hal terpenting dari sebuah bisnis. Tentukan harga dengan rinci dan sesuaikan dengan modal dan biaya produksi. Jangan membuat harga terlalu rendah karena ditakutkan bukannya untung malah rugi. Tapi juga jangan menentukan harga terlalu tinggi. Alih-alih ingin mendapatkan keuntungan besar tapi malah produk tidak laku karena terlalu mahal. Tentukan harga sewajarnya dan jangan sampai merusak harga di pasaran.

Baca juga: 5 Manfaat Berjualan Makanan Secara Online

6# menentukan lokasi jualan

Kalau kita berjualan secara langsung tentu kita harus memilih lokasi yang strategis seperti di tempat keramaian atau di lokasi yang banyak dilalui orang. Tapi beda cerita kalau berjualan online, lokasi disini yang dimaksudkan adalah platform yang kamu fokuskan untuk berjualan seperti facebook, instagram, bukalapak, tokopedia dan masih banyak lagi. Dan inilah salah satu keunggulan berjualan online kamu bisa memakai semua platform tersebut sekaligus. Bahkan kamu juga bisa menggunakan platform lain selain yang sudah disebutkan diatas.

7# melakukan promosi sesering mungkin

Promosi adalah suatu hal penting yang wajib dilakukan bagi para pelaku bisnis baik bisnis online maupun bisnis offline. Untuk para pelaku bisnis online yang baru memulai usahanya promosi harus dilakukan sesering mungkin. Kamu harus sering memposting produk kamu di sosial media dan sesering mungkin juga untuk membuat konten promosi. Baik berupa video, gambar ataupun artikel. Lakukan secara konsisten agar banyak orang tahu tentang produk milikmu dan mereka berminat untuk membelinya.

8# kelola dan evaluasi arus keuangan

Bisnis adalah jual beli. Dari kegiatan bisnis akan ada aliran uang yang masuk dan aliran uang yang keluar. Aliran uang yang masuk tentu saja dari pembeli yang membeli produk kita. Sedangkan aliran uang yang keluar adalah aliran uang yang kita keluarkan seperti untuk membeli bahan baku dari supplier ataupun untuk biaya produksi. Semua itu harus terkontrol dan terpantau secara transparan. Dengan aliran uang yang terkontrol dan transparan kita juga bisa dengan mudah mengevaluasi arus keuangan dari bisnis yang kita jalani.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Reseller Sukses dengan Modal Seadanya

9# pantang menyerah dan berdoa

Yang namanya bisnis pasti akan ada pasang surut. Pada saat bisnis kita surut atau mengalami kerugian harus kita evaluasi dan ganti strategi. Kalau kita ingin bisnis kita terus berjalan tentu kita juga jangan sampai menyerah dan harus terus berusaha. Tapi walau bagaimanapun kita harus kembali ke konsep rejeki. Rejeki itu sudah ada yang mengatur. Kita harus selalu bersyukur dan selalu berdoa menurut keyakinan masing-masing agar usaha bisnis online kita selalu diberi kelancaran dan kesuksesan.

Penutup

Bisnis online pada dasarnya sama saja seperti bisnis offline pada umumnya. Ada jual beli, ada pertukaran barang dan ada perputaran uang. Hanya saja bedanya bisnis online itu dilakukan secara online. Sekarang ini memulai bisnis online bisa dibilang sangat mudah mengingat sudah banyaknya platform yang memfasilitasi kita untuk berbisnis dan pertumbuhan pengguna internet yang sangat pesat karena hal ini juga tentu harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sekian artikel 9 Tips dan Cara Jualan Online untuk Pemula dari saya mudah-mudahan bermanfaat terima kasih.

Baca juga: Tips Bisnis Sewa dan Jual Beli Apartemen Laris Manis
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

4 comments for "9 Tips dan Cara Jualan Online untuk Pemula, Dijamin Laris Manis dan Cuan Terus"

  1. Menyiapkan mental sangat penting apalagi bagi orang yang pemalu/introvert...malu promosi, takut jualan nggak laku, dll. Terima kasih...mantap artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mental memang harus lebih dahulu di asah sih kak

      Delete
  2. Pantang menyerah, dan terus berdoa

    ReplyDelete