Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Cara Mempercepat Loading Blog yang Terbukti Ampuh

Pernah tidak saat kamu mengunjungi sebuah blog dan blog itu lama sekali terbukanya dan pas sudah terbuka sangat berat dan lemot saat diakses? Apa yang kamu rasakan? Pasti jengkel dan rasanya sangat tidak nyaman. Dan sesegera mungkin kamu akan menekan tombol back dan tidak akan mengunjungi blog yang lemot itu lagi.

Pada artikel ini saya akan berbagi cara yang dimana cara inilah yang saya terapkan di blog saya ini. Dengan menerapkan cara ini blog saya bisa mencapai skor pagespeed insight yang menurut saya lumayan cepat. Berikut 9 cara mempercepat loading blog yang terbukti ampuh.

9 Cara Mempercepat Loading Blog yang Terbukti Ampuh

9 cara mempercepat loading blog
9 cara mempercepat loading blog

1# menggunakan template yang responsive dan fast loading

Penggunaan template yang responsive dan fast loading saat ini cukup mudah dilakukan. Untuk templatenya sendiri juga sangat mudah didapat. Kamu bisa mencari template responsive dan fast loading gratis di google sudah banyak bertebaran.

Tapi saran saya kamu menggunakan template premium dari kompiajaib.com atau dari mas sugeng.id. kedua blogger sekaligus template kreator ini hasil karyanya terbukti sangat responsive, fast loading dan juga seo friendly. Templatenya juga sudah dipakai ribuan blogger seluruh indonesia.

Baca juga: Widget Yang Harus Ada Di Blog. Widget Apa Sajakah Itu?

2# batasi penggunaan widget

Banyak blogger yang terlalu berlebihan dalam menggunakan widget bahkan untuk widget yang sebenarnya tidak penting fungsinya juga ikut dipasang.

Mereka terlalu mementingkan penampilan sampai melupakan loading blognya sendiri. Gunakanlah widget yang penting-penting saja. Untuk mengetahui widget apa saja yang harus dan penting untuk dipasang di blog kamu bisa melihatnya disini.

3# batasi penayangan iklan

Untuk mendapatkan uang lewat blog salah satu caranya adalah menjadi publisher atau penayang iklan. Dengan banyaknya iklan yang ditayangkan penghasilan juga akan meningkat.

Tapi itu akan sangat berefek pada loading blog yang menjadi lambat. Dan akhirnya blog menjadi sepi karena kecepatan blog yang sangat lemot. Saran saya tayangkan iklan maksimal 5 unit pada satu termasuk iklan yang berada di dalam artikel.

4# hindari penggunaan gambar untuk background blog

Banyak blogger yang lebih mementingkan tampilan termasuk penggunaan gambar untuk background blog. Hindari hal ini gunakan saja background satu warna yang cocok dengan blogmu agar tetap terlihat menarik dan enak dilihat.

5# kompress gambar sebelum di upload ke blog

Sebelum kamu mengupload gambar untuk keperluan artikel blog kamu pastikan gambar itu berukuran maksimal 100kb. Kalau diatas 100kb kamu harus mengkompres nya terlebih dahulu untuk memperkecil ukurannya. Gunakan juga ukuran tampilan gambar medium agar gambar tidak terlihat terlalu besar atau terlalu kecil.

6# tampilkan maksimal lima postingan di halaman utama blog

Pada halaman utama blog, pastikan untuk tidak menampilkan postingan lebih dari lima artikel. Semakin banyak postingan yang tampil dihalaman utama maka kecepatan loading blog kamu juga akan semakin lemot.

Baca juga: 9 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly dan Berkualitas

7# hindari penggunaan thumbnail pada widget

Pada widget blog misalnya widget popular posts atau recent posts hindari penggunaan thumbnail atau gambar kecil berbentuk ikon. Akan lebih bagus kalau kamu menampilkan judulnya saja. Dan pastikan postingan yang tampil di widget ini menampilkan tidak lebih dari 10 postingan.

8# gunakan fitur insert jump break atau read more

Fungsi dari insert jump break atau read more adalah untuk membatasi jumlah isi postingan yang tampil dihalaman utama blog. Tanpa adanya fitur ini seluruh artikel kamu akan tampil di halaman utama. Efeknya akan sangat terasa pada loading blog yang semakin berat.

9# gunakan script lazy load

Script lazy load bekerja dengan cara menunda pemuatan gambar pada halaman blog sampai visitor melakukan scroll pada halaman yang dituju. Dengan cara ini bisa membuat loading blog semakin cepat secara drastis. Bahkan skor pagespeed bisa mencapai 100. Ada beberapa macam script lazy load diantaranya yaitu lazy load image, lazy load adsense dan lazy load google analytic. Akan sangat bagus apabila kamu pakai semuanya. Script dan tutorialnya juga sangat banyak bertebaran di internet.

Baca juga: 7 Tips Penggunaan Gambar Untuk Artikel Blog Agar SEO Friendly

Kesimpulan

Mempercantik tampilan blog memang harus, tapi ada aspek-aspek yang tidak boleh dilupakan seperti misalnya masalah loading blog Yang justru akan membuat pengunjung kabur karena blogmu sulit untuk diakses.

Para blogger pemula bahkan saya sendiri dulu sering kali memasang banyak widget atau memasang gambar di blog yang tujuannya untuk mempercantik tampilan blog padahal efek buruknya adalah blog menjadi super lemot.

Atau buat mereka yang ngeblog untuk mencari uang dengan cara menjadi publisher mereka sering kali memasang iklan yang berlebihan dan akibatnya blog mereka menjadi sangat lambat loadingnya. Dan hal ini juga pernah saya lakukan saat pertama kali diterima adsense.

Penutup

Blog yang fast loading merupakan bagian dari SEO on page yang menurut saya penting untuk diterapkan agar para pengunjung merasa nyaman saat berkunjung ke blog kita.

Itu dia artikel tentang 9 cara mempercepat loading blog yang terbukti ampuh. Mudah-mudahan bisa berguna dan bermanfaat. Akhir kata selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya.

Baca juga: 7 Hal Yang Bisa Membuat Semangat Ngeblog Turun
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

6 comments for "9 Cara Mempercepat Loading Blog yang Terbukti Ampuh"

  1. Sebenarnya saya juga tidak ingin menggunakan gambar tbumnail di widget. Tapi bagaimana lagi, blognya tukang photo jika tidak pamer photo ya kurang lengkap. Ya terpaksa deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bener mas,,tidak ada aturan khusus kok,,,selama tidak mengorbankan loading blog itu tidak jadi masalah mas

      Delete
  2. Kebiasaan dulu kalo bikin blog pasti backgroundnya foto-foto yg unyu-unyu sama widget animasi dimana-mana, jadi loading page blog lemot. Tapi sekarang udah ga kaya gitu lagi :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk sama gan dulu saya juga gitu,,,tampilan jadi prioritas,,,

      Delete
    2. nah iya dulu saya sampe pake widget animasi kelinci joget wkwkwk. Ternyata selain bikin berat juga ngeganggu pembaca :D.

      Delete
    3. Iya gan dulu masih mentingin tampilan,,,hehe

      Delete