Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara Mengatasi Aki Tekor Terus

Akumulator adalah salah satu bagian paling mendasar dari sepeda motor. Baterai digunakan sebagai alat untuk mensuplai daya ke motor. Jika baterai rusak, maka tentunya juga akan berdampak pada kelistrikan motor anda dan pekerjaan juga akan terganggu.

Bagi Anda yang bertransportasi dengan menggunakan sepeda motor cukup menekan tombol starter bersamaan dengan gas itu kalau baterai motor dalam kondisi bagus. Tapi kalau baterai rusak tentu kita harus menggunakan starter manual yang cukup melelahkan.

Apalagi jika motor anda bertipe matic, apabila aki sedang bermasalah tentunya akan sangat merepotkan karena anda perlu menggunakan standar tengah untuk dapat menghidupkan motor tersebut.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mengganti baterai dengan baterai baru ini adalah cara paling mudah untuk mengatasi masalah aki yang tekor terus. Tapi tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa tips dibawah ini. Berikut 5 cara mengatasi aki tekor terus pada motormu yuk simak selengkapnya.

5 Cara Mengatasi Aki Tekor Terus

5 Cara Mengatasi Aki Tekor
5 Cara Mengatasi Aki Tekor

Baca juga: 4 Sepeda Motor Yamaha Terbaru

Baca juga: Simak Review Toyota Supra 2019 yang Semakin Agresif

1# jaga kebersihan baterai

Masalah kebersihan sepeda motor tentu harus selalu kita jaga termasuk kebersihan aki sepeda motor. Karena baterai adalah bahan kimia, jika tidak dijaga rapi akan mudah berkarat dan meninggalkan plak/bekas. Sehingga hal ini membuat motor listrik sulit untuk dihidupkan dan juga Anda terpaksa menggunakan starter manual.

Tindakan yang dapat Anda lakukan adalah, selain membersihkan bagian luar sepeda motor, Anda juga harus membersihkan mesin dan baterai sepeda motor secara konsisten, Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas, semprotan Vaseline dan kain lembab, sehingga Anda dapat membersihkannya dengan menjangkau bagian dalam, bukan hanya bagian luarnya saja.

2# Lepas atau Rusaknya Pengikat dan sekrup

Aki sebagai penyalur listrik pada sepeda motor dibantu oleh kabel untuk menyalurkan daya listrik ke setiap bagian sepeda motor yang memerlukan daya listrik. Jadi, jika pengikat atau sekrupnya bermasalah atau rusak, tentu akan menghambat dan juga menghentikan aliran energi listrik ke setiap bagian sepeda motor Anda yang memerlukan daya listrik.

Apabila tidak segera ditangani tentu akan memicu kerusakan pada baterai motor. Untuk itu, perlu di cek setiap hari sebelum Anda menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Suku Cadang Mobil yang Harus Rutin Diganti, Apa Saja?

Baca juga: Tips Mudah Cara Perawatan Mobil Bekas Agar Tetap Awet

3# Kiprok Rusak

Tahukah kamu apa itu kiprok? Kiprok bisa dikatakan sebagai hal yang mengatur aliran energi listrik ke baterai. Jadi, bisa dibayangkan jika kiprok dan baterai rusak tentu sistem kelistrikan juga akan mengalami gangguan. Untuk mengecek apakah ada kerusakan pada kiprok, anda bisa mencoba mengaktifkan sepeda dan juga lampu. Jika setelah digas dengan kecepatan 4000-5000 tegangannya di bawah 14 volt, kemungkinan kiprok sepeda motor Anda rusak

4# Penurunan Kapasitas Listrik

Jika sepeda motor Anda jarang digunakan dan bahkan tidak digunakan dalam waktu lama, hal ini bisa menyebabkan pengurangan daya listrik pada baterai. Secara keseluruhan, sepeda motor memiliki daya listrik sekitar 3 ampere, dan juga memiliki tegangan 12 volt.

Baterai juga memiliki durasi penggunaan, rata-rata 1 hingga 2 tahun. Jika sudah lebih dari waktu tersebut, kemungkinan aki sepeda motor anda sudah usang dan rusak maka dari itu sudah waktunya untuk diganti. Jangan abaikan saat Anda mengganti baterai, perhatikan tanggal kadaluarsa agar Anda mengetahui perkiraan waktu untuk menggantinya kembali.

Baca juga: Kisah Kocak Seputar Mudik

Baca juga: Aman dan Nyaman, Inilah 5 Tips Membeli Mobil Baru Secara Kredit

5# Lampu Depan Sepeda Motor Modifikasi

Demi penampilan motor sepeda motor, tak sedikit yang melakukan modifikasi pada lampu motor. Masalah yang mungkin muncul adalah baterai sepeda cepat habis, hal ini sangat mungkin terjadi, khususnya baterai sepeda matic. Penyebabnya karena lampu motor listrik yang dimodifikasi membutuhkan daya yang besar, sehingga mau tidak mau baterai bekerja lebih banyak.

Melakukan modifikasi agar motor terlihat keren tentu mengasyikkan namun sesuaikan dengan kebutuhan Anda, juga pertimbangkan sistem kelistrikan sepeda motor anda. Jangan sampai modifikasi yang kamu lakukan malah membuat sepeda motor anda menjadi bermasalah.

Penutup

Itulah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi terkait dengan aki sepeda motor. Lakukan pengecekan rutin agar masalah diatas tidak terjadi dan juga aki motor anda tetap awet. Bawalah sepeda motor Anda ke bengkel resmi atau tempat langganan Anda untuk memeriksa kondisi semuanya.

Jika Anda mengalami salah satu hal di atas, tidak ada salahnya mencoba 5 cara mengatasi aki motor terus. Siapa tahu bisa kamu lakukan dan menyelesaikan masalah baterai sepeda motor anda. Tapi apabila kerusakan terus berlanjut sebaiknya kamu bawa ke bengkel resmi agar masalah sepeda motormu bisa diatasi oleh ahlinya.

Referensi : Media Cirebon

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor

Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "5 Cara Mengatasi Aki Tekor Terus"

  1. wah ternyata bener ya, memodifikasi lampu motor bisa menjadi salah satu penyebab sering tekornya Aki. Belakangan soalnya baru saja ganti lampu motor dari bohlam ke LED, apakah ada pengaruh ya? Karena belum lama jadi tidak ada tanda apa-apa masih

    ReplyDelete