Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Tipe Influencer Berdasarkan Follower yang Perlu Kamu Tahu

Perkembangan media sosial dari waktu ke waktu memang sangat pesat sekali. Media sosial yang dulu hanya digunakan sebagai platform untuk bersosialisasi dan menambah pertemanan kini bisa difungsikan juga sebagai ajang untuk mencari popularitas dan ketenaran.

Menggunakan platform media sosial seperti instagram, facebook, twitter atau youtube sepertinya sekarang sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap hari. Dari platform media sosial ini juga banyak bermunculan orang-orang berpengaruh yang kontennya viral. Entah viral karena kontennya bermanfaat atau karena kontennya kontroversial. Nah orang-orang ini dikenal dengan sebutan influencer.

Apa itu influencer? Influencer didefinisikan sebagai seorang yang memiliki jumlah pengikut banyak, yang memiliki pengaruh besar kepada audience. Berdasarkan jumlah pengikut, influencer dibagi menjadi 4 tipe, apa sajakah itu? Yuk mari simak 4 tipe influencer berdasarkan follower yang perlu kamu tahu.

4 Tipe Influencer Berdasarkan Follower yang Perlu Kamu Tahu

4 Tipe Influencer Berdasarkan Follower
4 Tipe Influencer Berdasarkan Follower

Baca juga: 7 Peluang Usaha Online Tanpa Modal yang Bisa Kita Coba

1# nano influencer

Yang pertama ada nano influencer. Jenis influencer ini memiliki jangkauan yang lebih kecil karena rata-rata follower mereka yaitu antara 1000 - 10.000 orang. Walaupun hanya memiliki follower yang terhitung sedikit tapi influencer ini memiliki engagement yang kuat karena mereka biasanya dekat dengan follower mereka. Bahkan mereka juga bisa saling mengenal karena mereka biasanya saling berkomunikasi dan berinteraksi di media sosial.

Tapi jangan salah, walaupun hanya memiliki follower yang bisa dibilang sedikit tapi banyak juga advertiser yang menggunakan jasa mereka untuk membantu mempromosikan produk mereka. Biasanya jasa mereka dipakai oleh advertiser yang lebih memerlukan engagement yang tinggi daripada hanya sekedar jangkauan yang luas. Biaya untuk menggunakan jasa mereka juga cukup murah dan terjangkau.

2# micro influencer

Yang kedua ada micro influencer. Influencer tipe micro memiliki rata-rata memiliki jumlah follower antara 10.000 sampai 100.000 orang. Influencer jenis ini juga memiliki kapabilitas atau keahlian tertentu seperti ahli dalam bidang kesehatan, kecantikan, desain, programming, bidang olahraga dan lain-lain.

Karena influencer jenis memiliki keahlian tertentu yang biasanya digunakan sebagai bahan konten mereka, para followernya juga menaruh kepercayaan yang tinggi kepada micro influencer. Jadi walaupun jumlah follower mereka dibilang sedikit tapi engagement antara follower dan influencer bisa dibilang kuat. Untuk menggunakan jasa mereka bisa dibilang murah dan terjangkau walaupun tidak lebih murah dari nano influencer.

Baca juga: 18 Aktor dan Aktris Indonesia yang Mendunia Sering Main Film Hollywood

3# macro influencer

Selanjutnya yang ketiga ada macro influencer. Disebut macro influencer karena jumlah follower mereka antara 100.000 sampai 1 juta orang. Jangkauan influencer ini bisa dibilang luas karena follower mereka juga bisa dibilang banyak.

Engagement antara follower dan influencer juga masih ada hanya saja tidak sekuat engagement nano influencer dan micro influencer. Keunggulan dari influencer ini yaitu jangkauan pesan yang lebih besar sehingga advertiser yang ingin menggunakan jasa mereka juga harus merogoh kocek yang besar juga.

4# mega influencer

Selanjutnya yang terakhir yang keempat yaitu mega influencer. Dikategorikan sebagai mega influencer karena jumlah follower mereka yaitu sebanyak lebih dari 1 juta. Influencer jenis ini umumnya mereka adalah para artis atau pemuka masyarakat yang kebanyakan sudah terkenal duluan lewat media massa seperti televisi walaupun ada juga mega influencer yang murni terkenal karena media sosial.

Baca juga: 20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia yang Mengharumkan Nama Indonesia

Karena jumlah follower mereka sangat banyak, influencer ini mempunyai jangkauan yang sangat luas maka tidak heran kalau pesan yang mereka sampaikan bisa menjangkau ratusan ribu bahkan jutaan audience dalam waktu yang singkat. Karena hal inilah advertiser harus mengeluarkan biaya yang besar apabila ingin menggunakan jasa mereka.

Penutup

Pada dasarnya semakin banyak follower yang dimiliki influencer maka semakin berkualitas juga konten mereka. Mereka juga pasti akan sangat memperhatikan kualitas konten di media sosial mereka karena hal ini juga sudah menjadi bagian dari kepentingan bisnis.

Itulah 4 tipe influencer berdasarkan follower yang perlu kamu tahu. Jadi apakah kamu berminat untuk menjadi influencer? Menurut saya untuk menjadi influencer yang terpenting adalah jadilah dirimu sendiri, jadi pribadi yang berbeda dengan orang lain, rajin-rajinlah membuat konten berkualitas dan lebih aktiflah di media sosial. Semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

6 comments for "4 Tipe Influencer Berdasarkan Follower yang Perlu Kamu Tahu"

  1. Aku yg followers nya cuma seuprit aja, ga pernah mau posting yg aneh dan ga jelas 🤣. Jejak digital masalahnya. Hrs ttp berisi dan ada faedah lah, walopun jangkauannya masih keciiiiil 😄.

    Cuma jujurnya ga kepengin juga jadi influencer mas. Sekarang ini mendingan ttp kayak sekarang, sharing pengalamanku traveling dan kuliner, tapi yg murni pengalaman sendiri 😁. Influencer itu yg dibayar juga kan? Kalo ga dibayar, berarti msh disebut itu ga? Atau instagrammer biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Influencer kebanyakan ya dibayar sama endorse juga kak

      Delete
  2. Aku awal awal dulu ga bisa bedain nano, mikro, makro hahaha. Kurang Googling juga soalnya waktu itu.

    Kalau aku kayaknya belum pantas ya disebut influencer 😀. Memang ada yang berbayar juga, dan kadang ada yg suka suka aku posting kalau aku suka dengan produknya atau trmpatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah baca artikel ini jadi bisa bedain kan kak? Hehehe

      Delete
  3. Wah, akhirnya ngerti bedanya Nano, micro dan makro influencer itu apa aja bedanya. Terimakasih banyak untuk sharingnya Kak.. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete