Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

21 Tanaman Langka yang Hanya Ada di Indonesia Tidak Ada di Negara Lain

Indonesia adalah negara yang mampu menyumbangkan 20% hutan yang ada di dunia. Di Dalam hutan yang luas itu ada banyak sekali tanaman atau tumbuhan yang beraneka ragam. Dari sekian banyaknya jenis keanekaragaman hayati yang ada di indonesia, tentu saja terdapat banyak sekali tanaman yang unik.

Karena unik inilah akhirnya tanaman itu banyak dicari dan diexploitasi. Akibatnya tanaman-tanaman itu berstatus langka karena pasti menjadi sulit untuk ditemukan. Berikut dibawah ini adalah 21 tanaman langka yang hanya ada di indonesia dan tentu saja tidak akan bisa ditemukan di negara lain. Mari kita baca selengkapnya.

21 Tanaman Langka yang Hanya Ada di Indonesia Tidak Ada di Negara Lain

21 Tanaman Langka yang Hanya Ada di Indonesia
21 Tanaman Langka yang Hanya Ada di Indonesia

1# bunga padma raksasa

Bunga padma raksasa lebih dikenal dengan nama raflesia arnoldi. Kenapa diberi nama rafflesia arnoldi? Karena konon penemunya adalah thomas stamford raffles dan joseph arnold. Bunga padma raksasa saat ini dinyatakan sebagai bunga terbesar di dunia.

2# edelweiss jawa

Tanaman yang mempunyai habitat di sekitar pegunungan ini mempunyai nama lain yaitu bunga senduru. Bunga edelweis mempunyai nama latin anaphalis javanica. Sampai saat ini bunga ini hanya dapat ditemui di sekitar gunung papandayan, gunung gede, gunung pangrango dan gunung rinjani. Bunga ini berstatus langka karena ulah tak bertanggung jawab para pendaki yang memetiknya secara sembarangan dan biasanya digunakan sebagai hadiah.

3# kantong semar

Tanaman unik dan langka ini adalah salah satu tanaman karnivora yang memangsa serangga. Pada salah satu bagian tanaman ini ada yang bisa membuka dan menutup yang berfungsi sebagai jebakan serangga. Karena keunikannya inilah akhirnya tanaman kantong semar banyak diburu dan dikoleksi. Hal tersebutlah yang membuat keberadaan tanaman kantong semar menjadi langka.

4# anggrek tebu

Bunga anggrek tebu dinobatkan sebagai bunga anggrek terbesar di dunia dan tercatat di guinness world record. Keunikan bunga ini yaitu memiliki corak yang mirip seperti harimau. Karena keunikannya inilah akhirnya bunga ini banyak diburu orang untuk dijadikan koleksi. Padahal bunga ini proses pertumbuhannya sangat lama. Karena hal ini jugalah bunga ini berstatus langka.

Baca juga: 20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia, Seru dan Menegangkan

Baca juga: 18 Aktor dan Aktris Indonesia yang Mendunia Sering Main Film Hollywood

5# pohon damar

Pohon damar mempunyai nama ilmiah agathis dammara. Pohon berstatus langka dan hampir punah karena banyak dieksploitasi secara terus menerus. Pohon damar biasa dimanfaatkan batangnya sebagai kayu dan juga getahnya untuk bahan baku korek api, pernis, cat dan lain-lain.

6# pohon ulin

Pohon ulin adalah tanaman endemik asli kalimantan. Pohon ulin memiliki batang kayu yang sangat kuat. Karena hal ini juga pohon ini banyak dieksploitasi orang tidak bertanggung jawab sebagai ladang bisnis konstruksi dan juga bahan bangunan.

7# pohon tengkawan

Pohon tengkawan adalah tanaman asli kalimantan dan mempunyai nama ilmiah shorea. Pohon juga berstatus langka karena eksploitasi yang berlebihan. Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah bijinya karena bisa mengeluarkan semacam minyak yang berguna untuk kebutuhan industri.
21 Tanaman Langka yang Hanya Ada di Indonesia
Tanaman langka asli indonesia

8# pohon cendana

Pohon cendana mempunyai nama latin santalum album. Batang kayu cendana mempunyai keunikan yaitu beraroma harum dan wangi. Konon katanya aroma wangi pohon cendana bisa bertahan sampai ratusan. Batang kayu pohon cendana sering dimanfaatkan sebagai parfum, dupa, aromaterapi dan masih banyak lagi. Karena manfaatnya inilah akhirnya pohon cendana berstatus langka karena banyak dieksploitasi.

9# anggrek hitam

Tumbuhan asli indonesia yang berstatus langka lainnya adalah anggrek hitam. Mempunyai nama latin coelogyne pandurat. Di luar negeri biasa disebut black orchid dan di kalimantan biasa disebut kersik luai. Tumbuhan ini terancam punah dan saat ini berstatus langka dan dilindungi.

10# daun payung

Daun payung atau biasa disebut daun alo atau daun sang atau daun raksasa ini mempunyai nama latin Johannesteijsmannia altifrons. Daun payung bisa tumbuh dengan panjang mencapai 6 meter dan lebar 1 meter. Bentuknya melebar di tengah dan meruncing dibagian ujung dan pangkal. Dulu daun ini sering dimanfaatkan sebagai atap rumah karena hal inilah daun ini disebut daun payung.

Baca juga: 20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia yang Mengharumkan Nama Indonesia

Baca juga: 19 Hantu Asli Indonesia yang Terkenal di Dunia. Menyeramkan dan Menakutkan

11# sarang semut

Tanaman yang memiliki nama latin Myrmecodia pendans ini apabila dilihat sekilas bentuknya mirip sarang lebah atau tawon. Kenapa tanaman ini disebut sarang semut? Karena memang faktanya tanaman ini dipakai semut sebagai sarang dan tempat menyimpan makanan. Tanaman hidup dengan cara menempel di batang pohon besar. Tanaman ini banyak dicari dan dieksploitasi karena tanaman ini banyak mengandung vitamin dan dikenal juga sebagai tanaman obat.

12# taxus sumatrana

Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk kanker rahim dan kanker payudara. Dan tanaman ini juga mulai dikenal dunia sebagai obat anti kanker sejak tahun 1970. Karena mempunyai manfaat di bidang pengobatan tak jarang tanaman ini semakin langka dan sulit ditemukan.

13# purwaceng

Tanaman yang mempunyai nama latin Pimpinella pruatjan ini habitatnya tersebar di dataran tinggi dieng. Tapi sekarang tanaman ini sulit ditemukan. Tanaman purwaceng sering dimanfaatkan sebagai penambah stamina. Para ahli kesehatan memanfaatkan tanaman ini sebagai obat untuk menambah gairah seksual pada pria.

14# pinang hutan

Pinang hutan atau biasa disebut pinang kipas ini bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 17 meter dan dengan diameter batang mencapai 12 cm. Habitat aslinya ada di hutan sulawesi. Tanaman ini berstatus langka dan dilindungi karena sampai saat ini diperkirakan hanya tersisa 10 pohon saja.
21 Tanaman Langka yang Hanya Ada di Indonesia
21 tanaman langka asli indonesia

15# palem kipas

Tanaman palem kipas mempunyai bentuk yang unik dan indah jadi tidak heran kalau tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias di taman kota. Tapi sayang tanaman ini ternyata cukup sulit untuk dibudidayakan mungkin karena hal inilah tanaman ini jadi berstatus langka. Ditambah lagi sering terjadi pembalakan liar di habitat aslinya yaitu di hutan kalimantan.

16# pakis hanoman

Pakis hanoman mempunyai nama latin Cibotium barometz adalah sejenis tumbuhan paku sisa zaman prasejarah yang sekarang dikelompokkan sebagai tanaman langka. Kelangkaan ini terjadi karena fungsi habitatnya yang berubah sehingga membuat anakan tanaman ini menjadi sulit tumbuh dan akhirnya mati. Karena sulitnya anakan tumbuhan ini untuk hidup akhirnya populasi tanaman ini semakin lama semakin berkurang dan menjadi sulit ditemukan karena langka.

Baca juga: 28 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia. Tidak Ada di Negara Lain

Baca juga: 26 Daftar Nama musisi Indonesia Yang Mendunia, Diam-Diam Go Internasional

17# keruing

Keruing adalah salah satu jenis tanaman asli indonesia yang berstatus genting. Keruing adalah jenis tanaman kayu komersial yang sudah sejak lama dieksploitasi. Karena statusnya yang genting tanaman ini hanya dapat ditemukan di lahan konservasi. Selain habitat aslinya yang sudah beralih fungsi, tanaman ini juga sangat sulit untuk dibudidayakan.

18# ki aksara

Ki aksara adalah salah satu dari sekian banyak tanaman yang berstatus langka di indonesia. Tanaman ini biasa hidup di hutan lembab dan basah. Tanaman ini bisa ditemukan di daerah jawa, bali, sumatera dan flores tapi populasinya saat ini sudah sangat sulit ditemukan. Hal ini dikarenakan tanaman ini cukup sulit untuk dibudidayakan karena sulit untuk beradaptasi di lingkungan baru.

19# durian anggang

Pasti kita semua sudah tidak asing dengan tanaman durian. Tapi siapa sangka kalau ternyata ada jenis tanaman durian yang berstatus langka yaitu tanaman durian anggang. Kenapa bisa langka? Karena sering terjadi penebangan liar untuk mengambil batang kayu pohon ini sebagai bahan bangunan. Habitat asli pohon durian anggang yaitu di daerah kalimantan utara tapi sekarang sudah sangat sulit ditemukan. Diperkirakan sekarang jumlah tanaman ini hanya sekitar 10 pohon saja.

20# acung jangkung

Acung jangkung merupakan tanaman endemik yang hanya bisa ditemukan di jawa barat dan di jawa tengah bagian barat. Diperkirakan populasi tanaman ini hanya tersisa sekitar 10.000 umbi dan semakin hari semakin berkurang. Semua ini disebabkan karena alih fungsi lahan yang sudah tidak terkendali. Karena hal inilah tanaman acung jangkung ditetapkan sebagai tanaman langka yang dilindungi.

21# rotan batang

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Batang dari tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan dan juga produk mebel. Tapi siapa sangka, karena manfaatnya inilah akhirnya tanaman ini sekarang berstatus genting karena pembalakan liar dan exploitasi berlebihan.

Penutup

Berikut diatas adalah 21 tanaman langka yang hanya ada di indonesia. Kita sebagai manusia sudah sepantasnya untuk selalu menjaga kelestarian tanaman-tanaman ini agar tidak punah dan terus ada sampai anak cucu dan generasi setelah kita. Sekian artikel kali ini mudah-mudahan menambah wawasan. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini dan nantikan update artikel selanjutnya.

Baca juga: 45 Produk Asli Indonesia Yang Mendunia Dan Go Internasional. Emang Bikin Bangga

Baca juga: 14 Fakta Unik Indonesia Yang Membuatmu Bangga Menjadi Warga Indonesia
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "21 Tanaman Langka yang Hanya Ada di Indonesia Tidak Ada di Negara Lain"

  1. kemarin bunga padma raksasa digunakan sebagai national costume Indonesia pada ajang Miss Supranational
    bagus banget dan membikin banyak orang takjub
    memang tidak ada duanya

    ReplyDelete