Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia, Seru dan Menegangkan

Dunia perfilman indonesia tampaknya sedang menggeliat dan akan bangkit dari tidur panjangnya. Terbukti dari munculnya film-film yang mampu menarik perhatian dunia dan mampu menembus bioskop internasional.

Genre filmnya juga semakin bervariasi dan terus mengalami perkembangan. Termasuk genre film aksi yang semakin memukau dengan efek CGI yang semakin canggih layaknya film hollywood. Dibawah ini ada sekitar 20 film aksi indonesia yang mendunia yang perlu kamu ketahui dan wajib kamu tonton pastinya. Yuk mari kita simak selengkapnya.

20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia, Seru Abiss

20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia
20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia

1# 9 naga

Film 9 naga dirilis pada tahun 2006 dan dibintangi oleh beberapa aktor indonesia papan atas diantaranya adalah donny alamsyah, lukman sardi dan fauzi baadila. Diceritakan ada 3 orang sahabat yang bernama marwan(lukman sardi), lenny(fauzi baadila) dan donny(donny alamsyah). Pekerjaan mereka adalah sebagai pembunuh bayaran. Seiring berjalannya waktu mereka menyadari kalau pekerjaan mereka itu tidak benar dan juga beresiko tinggi. Saat mereka merasa muak dengan pekerjaan mereka banyak peristiwa terjadi yang seolah-olah mengajak kembali mereka ke pekerjaan lama mereka.

2# serigala terakhir

Film yang dirilis pada tahun 2009 ini menceritakan tentang 5 orang sahabat yang tinggal di pinggiran kota jakarta. Mereka adalah ale(fathir muchtar), jarot(vino g. Bastian), lukman(dion wiyoko), sadat(ali syakieb) dan jago(dallas pratama). Singkat cerita jarot terpaksa membunuh salah seorang musuhnya untuk melindungi ale pada sebuah pertandingan sepak bola tarkam. Alhasil jarot ditangkap polisi dan dipenjara. Dari sinilah pertikaian terjadi. Selama dipenjara sampai dia dibebaskan tak ada satupun teman-temannya menjenguk jarot. Jarot pun dendam lalu bergabung dengan geng narkoba yang menjadi musuh sahabat-sahabatnya. Akhirnya perkelahian antar sahabat terjadi sehingga mereka saling membunuh.

3# merantau

Film yang rilis pada tahun 2009 ini bisa dibilang adalah batu loncatan untuk iko uwais. Diceritakan ada seorang pemuda yang sedang merantau ke jakarta. Konon katanya merantau adalah sebuah keharusan bagi pemuda minangkabau. Namun ternyata kota jakarta tidak seperti yang diharapkan. Banyak masalah yang harus dihadapi hingga akhirnya terjadi pertarungan yang epic karena menggunakan beladiri pencak silat.

4# merah putih

Film yang dibintangi oleh aktor papan atas indonesia seperti donny alamsyah, lukman sardi dan darius sinathrya ini rilis pada tahun 2009. Menceritakan tentang perjuangan tentara indonesia dalam melawan penjajah belanda pada tahun 1947. Dikisahkan ada 5 orang tentara indonesia yang bernama amir, thomas, soerono, dayan dan marius yang berhasil melarikan diri dari prajurit belanda karena barak latihan mereka telah diserang dan hancur. Akhirnya mereka memutuskan untuk melawannya secara gerilya. Tapi sayangnya teman mereka soerono telah gugur dalam medan pertempuran.

5# the raid: redemption dan the raid 2: berandal

Kedua film ini bisa dibilang adalah film indonesia yang paling sukses. Ratingnya juga bagus dan pernah diputar di beberapa negara. Karena film ini juga nama aktor laga seperti iko uwais dan yayan ruhian melejit hingga membuat kedua aktor ini mendapatkan beberapa tawaran untuk berperan di beberapa film hollywood. Film ini selain menaikkan nama aktornya juga film ini juga menaikkan beladiri asli indonesia yaitu pencak silat karena hampir semua adegan pertarungan di kedua film ini menggunakan gerakan pencak silat yang epic dan mematikan.

Baca juga: 18 Aktor dan Aktris Indonesia yang Mendunia Sering Main Film Hollywood

Baca juga: 20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia yang Mengharumkan Nama Indonesia

6# java heat

Film yang bercerita tentang 2 orang detektif yang berbeda negara yang bekerjasama dalam misi memberantas teroris yang ada di indonesia. Latar belakang film ini yaitu di kota magelang tepatnya di daerah sekitaran candi borobudur. Karena film ini juga berhasil melejitkan aktor asli indonesia yaitu ario bayu karena berhasil beradu akting dengan aktor papan atas dunia yaitu Kellan Lutz, Mickey Rourke.

7# pendekar tongkat emas

Film dengan genre fantasi ini dirilis pada tahun 2014 ini dibintangi oleh beberapa artis ternama di indonesia sebut saja tara basro, nicholas saputra dan christine hakim. Pada film ini berkisah tentang pendekar cempaka yang mempunyai 4 murid. Suatu ketika ada 1 murid yang berkhianat dan mengancam akan menghancurkan perguruan itu. Murid-murid pendekar cempaka tentu saja tidak tinggal diam mereka berusaha menghentikan kejadian tersebut dengan mencari naga putih.

8# 3 (alif, lam, mim)

Setting film ini diambil pada saat setelah perang besar pada tahun 2036. Pasca perang besar ini banyak negara yang mengalami perubahan besar. Namun seiring berjalannya waktu setelah perang besar terjadi sedikit demi sedikit muncullah kelompok radikal yang mulai meresahkan masyarakat. Disisi lain muncullah 3 orang sahabat yang bernama alif, lam dan mim. Mereka berasal dari latar belakang yang berbeda. Pada masa kecilnya mereka adalah satu padepokan. Kini mereka mulai berpisah untuk mencari jati diri masing-masing. Namun karena suatu insiden mereka harus bertemu dan saling bertarung untuk mempertahankan kebenaran versi mereka masing-masing. Film ini dibintangi oleh abimana aryasatya dan agus kuncoro dan dirilis pada tahun 2014.

9# the night comes for us

Film yang dibintangi iko uwais, joe taslim dan julie estelle ini dirilis pada tahun 2018. Dikisahkan ada seorang anggota geng yang terpaksa harus mengkhianati teman-temannya untuk menyelamatkan seorang gadis kecil. Alhasil dia menjadi buronan anggota geng yang lain. Dia Pun terpaksa harus bertarung menghadapi teman-teman satu gengnya untuk bertahan hidup. Film ini banyak sekali adegan pertarungan yang brutal dan membuat penonton tegang.

10# headshot

Film headshot dibintangi oleh iko uwais dan julie estelle. Dikisahkan ada seorang pemuda yang terdampar di pantai dan lupa ingatan. Dia diselamatkan oleh seorang perempuan mahasiswa kedokteran yang mengabdikan diri sebagai ahli kesehatan di daerah sekitar pantai tersebut. Singkat cerita ternyata pemuda itu dulunya adalah anggota kelompok penjahat yang kejam. Pemuda itu akhirnya menjadi buronan teman-temannya. Dia Pun terpaksa harus bertarung mati-matian menghadapi teman-temannya dan juga guru sekaligus ayah angkatnya.
20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia
20 film aksi indonesia yang mendunia

11# wiro sableng 212

Kamu masih ingat dengan serial kolosal wiro sableng pendekar kapak naga geni 212 yang booming pada tahun 90an? Film ini diangkat dari serial kolosal tersebut. Dibintangi oleh sherina munaf dan vino g bastian film ini berhasil membuat penonton tegang karena adegan pertarungannya yang epic dan juga dibuat tertawa karena ulah vino g bastian yang berperan sebagai wiro sableng seorang pendekar sakti tapi sableng atau agak gila sedikit.

Baca juga: 19 Hantu Asli Indonesia yang Terkenal di Dunia. Menyeramkan dan Menakutkan

Baca juga: 28 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia. Tidak Ada di Negara Lain

12# foxtrot six

Film ini dirilis pada tahun 2019 dan diperankan oleh beberapa aktor kawakan indonesia diantaranya adalah oka antara, rio dewanto, chicco jerikho, arifin putra, mike lewis dan julia estelle. Film ini menjanjikan kualitas yang sangat tinggi bahkan sebanding dengan film hollywood. Hal ini dikarenakan film ini diproduseri oleh mario kassar, salah satu produser ternama di hollywood. Rumornya film ini adalah film pertama yang menggabungkan antara latar indonesia dan teknik produksi film hollywood. Film bercerita tentang kondisi indonesia di masa depan. Singkat cerita ada seorang mantan anggota marinir yang berjuang bersama teman-temannya untuk menyelamatkan indonesia dari kemiskinan.

13# darah daging

Film ini berkisah tentang kakak beradik yang terlibat perampokan besar pada sebuah bank. Rencana perampokan itu sudah disusun rapi dan sempurna tapi ternyata kenyataannya berkata lain. Aksi perampokan berantakan dan gagal total. Singkat cerita pada saat yang lain melarikan diri dari polisi ada salah satu anggota yang tertangkap polisi dan alhasil dia dijatuhkan hukuman mati. Film ini dirilis pada tahun 2019 dan dibintangi oleh beberapa aktor besar seperti ario bayu dan doni alamsyah.

14# hit & run

Selanjutnya ada film hit & run film ini bergenre aksi dan komedi dirilis pada tahun 2019. Dikisahkan ada seorang polisi bernama tegar saputra(joe taslim). Tegar adalah seorang polisi selebrity dan bahkan dia memiliki acara reality show sendiri. Jadi hidupnya tidak pernah lepas dari sorotan kamera. Suatu ketika tegar mendapatkan misi untuk menangkap seorang gembong narkoba bernama coki(yayan ruhian). Pada misi ini tegar harus bekerjasama dengan seorang penipu bernama lio(chandra liow). Keberadaan lio malah memperburuk keadaaan dan menyulitkan tegar untuk menjalankan misi. Dari sinilah banyak adegan-adegan komedi yang bisa membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal.

15# tarung sarung

Film yang bergenre aksi religius ini dirilis pada tahun 2020 dan menurut saya film ini sangat layak untuk ditonton. Dikisahkan ada seorang anak konglomerat yang bisa dibilang dia tidak percaya akan keberadaan tuhan yang bernama doni. Alhasil dia dikirim ayahnya ke sebuah desa di pesisir pantai di kota makassar. Dia dititipkan ke seorang marbot masjid yang sebenarnya dia adalah seorang legenda tak terkalahkan tarung sarung. Singkat cerita doni jatuh cinta kepada gadis desa bernama tenri. Tapi ternyata bukan hanya doni yang mengharapkan cinta dari tenri ada juga pemuda bernama sanrego yang juga mencintai tenri. Sanrego adalah juara bertahan pada pertandingan tarung sarung tingkat nasional. Alhasil doni meminta kepada marbot masjid untuk mengajarinya tarung sarung agar bisa mengikuti turnamen tarung sarung tingkat nasional. Tujuan doni yaitu untuk mengalahkan sanrego dan untuk mendapatkan cinta dari tenri.

16# gundala is hero

Film yang dibintangi oleh abimana aryasatya, lukman sardi dan pevita pearce ini dirilis pada 29 agustus 2019 dan membuat heboh bioskop tanah air dan mendapatkan respon positif dari penonton. Film ini diangkat dari cerita komik yang dibuat oleh harya suraminata. Abimana aryasatya berperan sebagai sancaka atau gundala, karakter superhero indonesia yang mempunyai kekuatan petir. Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 68 miliar dan mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi salah satunya adalah Piala Citra dengan kategori pengarah sinematografi terbaik dan aktor utama terbaik di tahun 2019.

Baca juga: 26 Daftar Nama musisi Indonesia Yang Mendunia, Diam-Diam Go Internasional

Baca juga: 45 Produk Asli Indonesia Yang Mendunia Dan Go Internasional. Emang Bikin Bangga

17# police evo

Film action yang menceritakan tentang misi khusus dalam membongkar dan memberantas mafia narkoba kelas kakap ini dibintangi oleh raline shah dan rilis di 2 negara dengan waktu yang berbeda. Pada tanggal 22 november 2018 rilis perdana di negara malaysia dan pada tanggal 18 april 2019 film ini secara resmi dirilis di indonesia. Film ini sempat mendapat kritikan karena adegan action yang terlalu keras dan diminta untuk mengurangi adegan action pada film ini tapi walaupun begitu antusiasme penonton tidak berkurang terbukti film ini berhasil mendapatkan 2,5 juta penonton di indonesia dan malaysia.

18# night bus

Film yang dibintangi oleh beberapa aktor papan atas seperti teuku rifnu wikana, yayu AW unru, edward akbar dan hana prinantina ini katanya terinspirasi dari konflik dan pemberontakan di aceh. Diceritakan sebuah bus sedang dalam perjalanan menuju kota sampar dimana kota ini sedang konflik dengan kota lain. Di dalam bus itu ada seorang penyusup yang ternyata orang itu adalah buronan dari 2 pihak yang sedang konflik. Pada tahun 2017 film ini mendapat penghargaan sebagai film terbaik pada ajang festival film indonesia.

19# buffalo boys

Buffalo boys adalah film hasil dari kerjasama 2 negara yaitu indonesia dan singapura. Film yang dibintangi oleh ario bayu dan yoshi sudarso ini bercerita tentang penjajahan yang terjadi di indonesia hanya saja dibuat dengan nuansa kebarat-baratan seperti film koboi. Dalam film dikisahkan 2 orang yang sedang berusaha menyelamatkan penduduk indonesia dari penjajahan kolonial. Jamar(ario bayu) dan suwo(yoshi sudarso) harus melawan van trach dan anak buahnya agar misi mereka berhasil.

20# killers

Film killers adalah film hasil dari kolaborasi indonesia dan jepang yang dirilis pada tahun 2014. Beberapa aktor dan aktris papan atas ikut berpartisipasi pada film ini sebut saja ray sahetapy, oka antara, kazuki kitamura, luna maya dan tara basro. Film ini berkisahkan 2 orang pembunuh yang dipisahkan oleh 2 negara yaitu jakarta, indonesia dan tokyo, jepang. Akan tetapi karena naluri membunuh mereka yang kuat akhirnya mengantarkan mereka untuk bertemu.

Penutup

Pada dasarnya film indonesia itu selalu bagus dan bahkan bisa bersaing dengan film luar negeri. Banyak film-film asli indonesia yang mengadopsi cerita urban legend indonesia dan juga menggunakan budaya indonesia seperti pencak silat yang ternyata bisa menembus bioskop internasional.

Demikian artikel tentang 20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita semua tentang dunia perfilman indonesia. Dan jangan lupa mari kita dukung terus film-film indonesia dengan membeli produk original dan tidak membeli produk bajakan. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan sampai jumpa lagi di update artikel berikutnya.

Baca juga: 14 Fakta Unik Indonesia Yang Membuatmu Bangga Menjadi Warga Indonesia

Baca juga: Berbagai Jenis Nasi Goreng Khas Daerah di Indonesia
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "20 Film Aksi Indonesia yang Mendunia, Seru dan Menegangkan"