Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia yang Mengharumkan Nama Indonesia

Indonesia adalah negerinya para pejuang. Indonesia adalah negerinya orang yang tak kenal menyerah. Indonesia adalah tempatnya orang-orang pekerja keras yang tak akan berhenti sebelum semuanya benar-benar selesai.

Begitu juga dengan para atlet yang tak kenal lelah, yang tidak mudah menyerah dan yang terus berjuang sampai titik darah penghabisan untuk bisa mengharumkan nama indonesia dalam dunia olahraga. Berikut dibawah ini 20 atlet indonesia peraih juara dunia yang mengharumkan nama indonesia silahkan simak selengkapnya.

20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia yang Mengharumkan Nama Indonesia

20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia
20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia

1# taufik hidayat - bulu tangkis

Tentu kita tahu atlet yang satu ini. Nama taufik hidayat sangat bersinar di cabang olahraga bulu tangkis. Setiap lawan yang mendengar namanya pasti akan bergetar. Ajang paling bergengsi yang pernah dimenangkan taufik hidayat yaitu pada kejuaraan dunia BWF 2005 di anaheim amerika serikat.

2# edgar xavier marvelo - wushu

Edgar xavier marvelo mempersembahkan emas pertamanya di cabang wushu pada asian games 2018 di jakarta. Setelah itu mempersembahkan dua medali emas pada perhelatan sea games 2019. Dan pada tahun yang sama, edgar xavier marvelo memberi kejutan dengan menaklukan panggung kejuaraan dunia wushu yang digelar di shanghai, tiongkok.

3# chris john - tinju

Selanjutnya ada chris john. Tentu kita semua kenal dengan atlet yang satu ini. Selain banyak muncul di televisi, chris john adalah salah satu putra kebanggan indonesia dari olahraga cabang tinju. Pada tahun 2003 chris john berhasil meraih gelar juara dunia WBA kelas bulu. Hebatnya lagi gelar ini berhasil diraih sebanyak 18 kali termasuk gelar super champion.

4# aries susanti rahayu - panjat tebing

Aries susanti rahayu meraih medali emas pertamanya di cabang olahraga panjat tebing pada saat ajang asian games 2018. Aries susanti rahayu menjadi sosok yang dijuluki spiderwoman pada saat ia menyabet gelar juara dunia di ajang IFSC climbing world cup 2019 yang digelar di Xiamen, Tiongkok.

5# liliyana natsir - bulu tangkis

Perempuan yang sering disapa butet ini patut menyandang legenda bulu tangkis indonesia karena bukan sekali saja dia meraih gelar juara dunia tapi berkali-kali dengan pasangan yang berbeda. Butet meraih 4 kali juara dunia yaitu pada tahun 2005, 2007, 2013 dan 2017. Gelar juara pada tahun 2005 dan 2007 diraih liliyana bersama nova widianto sedangkan gelar juara 2013 dan 2017 diraih bersama tantowi yahya.

Baca juga: 14 Fakta Unik Indonesia Yang Membuatmu Bangga Menjadi Warga Indonesia

6# aero sutan aswar - jetski

Aero sutan aswar adalah atlet jetski asal indonesia yang meraih gelar juara dunia sebanyak 2 kali. Gelar juara dunia yang terakhir diraihnya pada tahun 2019 di ajang pro endurance runabout open yang berlangsung di lake havasu city, Arizona, Amerika serikat. Sedangkan gelar juara dunia yang pertama berhasil diraihnya pada tahun 2014 di ajang pro runabout stock.

7# daud yordan - tinju

Atlet tinju kebanggan indonesia selain chris john yaitu ada daud yordan. Atlet tinju kelahiran kayong utara ini pernah keluar sebagai juara pada pertandingan tinju kelas ringan super IBA dan WBO pada tahun 2019 mengalahkan wakil dari afrika selatan yaitu michael mokoena.

8# eko yuli irawan - angkat besi

Selanjutnya atlet indonesia peraih juara dunia yang mengharumkan nama indonesia ada eko yuli irawan. Eko yuli irawan berhasil keluar sebagai juara dunia di olahraga cabang angkat besi. Pada tahun 2018 lalu eko berhasil meraih gelar juara di ajang International Weightlifting Federation World Championship pada 2018 lalu. Eko kala itu berlaga di kategori 61 kg.

9# lindswell - wushu

Dari sektor wushu setelah Edgar xavier marvelo yaitu ada lindswell kwok yang juga berhasil meraih gelar juara dunia di cabang olahraga wushu. Di kejuaraan dunia wushu 2017 yang diadakan di rusia, lindswell berhasil mendapatkan poin tertinggi dengan poin 9,67 dan menyabet medali emas sekaligus mengamankan gelar juara dunianya.

10# lalu muhammad zohri - atletik

Lalu muhammad zohri berhasil memenangkan lomba lari di kejuaraan dunia junior nomor 100 yang diadakan di finlandia pada tahun 2018. Pria asal nusa tenggara barat itu tercatat sebagai sejarah bagi indonesia di cabang olahraga atletik.
20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia
Atlet indonesia yang menjadi juara di kancah dunia

11# alfian muhammad fajri - panjat tebing

Alfian muhammad fajri juga salah satu atlet indonesia yang menyandang gelar juara dunia dicabang olahraga panjat tebing. Bukan hanya satu gelar saja yang berhasil dia sabet, tapi dia juga bisa memperoleh gelar juara dunia untuk kedua kalinya pada tahun 2019 di ajang IFSC Climbing World Cup 2019 di kota chongqing tiongkok.

Baca juga: 26 Daftar Nama musisi Indonesia Yang Mendunia, Diam-Diam Go Internasional

12# ongen saknosiwi - tinju

Tak hanya chris john dan daud yordan yang mampu mengharumkan nama indonesia di cabang olahraga tinju, ada juga ongen saknosiwi yang menambah daftar nama atlet tinju indonesia yang mampu menjadi juara dunia. Petinju yang juga anggota TNI AU ini berhasil menyabet gelar juara dunia kelas bulu setelah mengalahkan atlet tinju asal filipina yaitu marco demecillo.

13# tibo monabesa - tinju

Ada satu lagi nih putra indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa indonesia dikancah internasional di cabang olahraga tinju yaitu tibo monabesa. Pada tahun 2019 mantan kuli bangunan dan sopir angkot ini berhasil menyabet juara dunia kelas terbang ringan IBO yang dilaksanakan di gor flobamora, kupang, nusa tenggara timur.

14# alan budikusuma - bulu tangkis

Salah satu legenda bulu tangkis indonesia ini berhasil menyabet medali emas di olimpiade barcelona pada tahun 1992 di nomor tunggal putra. Pada saat laga final alan harus berhadapan dengan rekan se-negaranya yaitu ardy wiranata yang akhirnya dimenangkan oleh alan dengan skor 15-12 dan 18-13.

15# susi susanti - bulu tangkis

Sangat tidak etis rasanya apabila tidak mencantumkan salah satu atlet bulu tangkis perempuan ini sebagai legenda bulu tangkis indonesia. Atlet yang bernama lengkap francisca susi susanti ini berhasil meraih medali emas olimpiade barcelona di tahun 1992 pada nomor tunggal putri.

16# rudi hartono - bulu tangkis

Berbicara tentang atlet indonesia yang paling membanggakan tentu saja nama rudi hartono tidak bisa dianggap remeh. Namanya pernah masuk Guinness Book of Records karena prestasinya yang sangat luar biasa. Rudi hartono pernah menyabet piala all england sebanyak 7 kali berturut-turut sejak tahun 1968 sampai 1974. Ia juga pernah menjuarai World Championship pada tahun 1980 sehingga menjadikannya sebagai atlet bulu tangkis terbesar dan paling terkenal sepanjang masa dalam sejarah olahraga.

Baca juga: 45 Produk Asli Indonesia Yang Mendunia Dan Go Internasional. Emang Bikin Bangga

17# ellyas pical - tinju

Perlu diketahui sebelum kita mendengar nama chris john dan daud yordan yang prestasinya gemilang dikancah internasional, ellyas pical adalah atlet tinju asal indonesia yang berhasil meraih gelar tersebut. Dalam jangka waktu 4 tahun yaitu pada tahun 1985 sampai 1989 ellyas berhasil menyabet gelar juara dunia di ajang kelas super flyweight IBF.

18# richard sam bera - renang

Richard sambera adalah atlet renang yang mempunyai spesialisasi dalam hal sprint dan gaya bebas jarak menengah. Dia adalah peraih 3 kali medali dalam olimpiade di tahun 1988, 1996 dan 2000. Lebih hebatnya lagi dia adalah atlet renang asal indonesia yang berhasil menyabet medali emas di ajang sea games sebanyak 23 kali sejak debutnya dari tahun 1987.

19# Greysia Polii dan Apriyani Rahayu - bulu tangkis

Akhirnya indonesia bisa juga melengkapi prestasi di cabang olahraga bulu tangkis di semua nomor. Di tahun 2020 lalu nama greysia polii dan apriani rahayu sangat bersinar karena berhasil meraih medali emas di ajang olimpiade tokyo pada cabang olahraga bulu tangkis di nomor ganda putri. Medali emas ini adalah untuk yang pertama kalinya dalam sejarah olahraga bulu tangkis indonesia.

20# Markis Kido dan Hendra Setiawan - bulu tangkis

Indonesia sepertinya tidak henti-hentinya mencetak atlet bulu tangkis yang berprestasi di kancah internasional. Selanjutnya ada pasangan di nomor ganda putra yaitu markis kido dan hendra setiawan. Pasangan ini berhasil meraih medali emas di ajang olimpiade beijing pada tahun 2008. Dengan begitu bisa dibilang prestasi atlet bulu tangkis indonesia di nomor ganda putra sangat gemilang dan mampu dijaga dari generasi ke generasi.

Penutup

Itu dia 20 atlet indonesia peraih juara dunia dari beberapa ajang dan beberapa cabang olahraga. Kita juga harus bangga dan percaya diri karena kenyataannya atlet-atlet kita memang tidak bisa dianggap remeh. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah kebanggan serta kecintaan kita kepada negara kita ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa kunjungi terus blog ini untuk melihat update artikel selanjutnya.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "20 Atlet Indonesia Peraih Juara Dunia yang Mengharumkan Nama Indonesia"