Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly dan Berkualitas

hay pada postingan kali ini saya akan berbagi cara membuat artikel yang SEO friendly dan berkualitas. Membuat artikel berkualitas adalah salah satu teknik penerapan SEO on page.

Sebenarnya saya belum pantas sih membuat artikel seperti ini. Karena faktanya artikel saya sendiri juga kalau menurut para masternya pasti masih jauh dari kata “berkualitas”. Tapi tidak apa-apa deh saya anggap saya berbagi pengalaman saya sendiri saja dalam membuat artikel yang menurut saya sendiri itu adalah artikel berkualitas hehe.

Ok kita lanjut saja ini cara saya membuat artikel berkualitas versi saya sendiri. Siapa tau bisa kamu terapkan dan mudah-mudahan bermanfaat.

9 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly dan Berkualitas

9 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly dan Berkualitas
9 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly dan Berkualitas

1# riset kata kunci

Dalam artikel blog kata kunci menurut saya adalah hal yang penting. Apalagi kalau kamu mengandalkan visitor yang berasal dari search engine.

“Apakah boleh menulis artikel tanpa riset kata kunci?”

Jawabannya “boleh”. Kebanyakan para pemilik blog personal mereka menulis artikel tanpa melakukan riset kata kunci. Saya sendiri pun kadang tidak melakukan riset kata kunci. Yang penting artikel itu memberikan informasi yang menarik dan lengkap. Tapi kalau kamu ingin membuat artikel yang SEO friendly riset kata kunci adalah hal yang wajib.

2# buat artikel yang informatif, menarik, lengkap dan panjang

Artikel yang berkualitas menurut para master berjumlah lebih dari 300 kata. Tapi yang terpenting adalah artikel itu menarik dan menyajikan informasi yang lengkap atau informatif. Terutama untuk artikel yang topiknya how to buatlah artikel sedetail mungkin. Kupas sampai tuntas.

Jangan jadikan “minimal 300 kata” jadi acuan yang menjadikan kamu membuat artikel yang bertele-tele. Asalkan kamu berniat membuat artikel yang informatif dan detail kemungkinan kamu juga akan mendapatkan artikel yang panjang.

3# judul yang Mengandung keyword dan mengundang klik

Pada poin pertama diatas kamu tentu sudah belajar bagaimana cara riset kata kunci. Setelah kamu mendapatkan kata kunci yang akan kamu bidik sekarang saatnya kamu terapkan dalam artikel kamu. Yang pertama kamu terapkan adalah pada judul artikel.

Judul yang mengandung keyword dan mengundang klik contohnya adalah seperti ini. Misalnya kamu akan membidik kata kunci “smartphone gaming”

Dan contoh judulnya seperti ini misalnya

“Macam-macam smartphone gaming”

Dan

“Macam-macam smartphone gaming spek gahar anti lag para gamers wajib tau”

Kalau kamu menemukan judul artikel seperti diatas kamu akan memilih yang mana?

Kalau saya sih akan memilih yang “macam-macam smartphone gaming spek gahar anti lag para gamers wajib tau” karena dari judulnya saja sudah membuat saya penasaran dan membuat saya tertarik mengkliknya.

4# memasukkan kata kunci ke dalam artikel

Selain memasukkan kata kunci ke dalam judul artikel memasukkan kata kunci ke dalam artikel juga hal yang penting menurut saya.

Menurut para master memasukan kata kunci yang bagus itu di bagian awal artikel, tengah artikel dan bagian akhir artikel.

Jangan berlebihan dalam memasukkan kata kunci ke dalam artikel. Tapi tetap harus diingat kita harus membuat artikel berkualitas dan menarik untuk para pembaca blog kita bukan untuk search engine.

Baca juga: Widget Yang Harus Ada Di Blog. Widget Apa Sajakah Itu?

Baca juga: Cara Mempercepat Loading Blog Ikuti Cara Ini Agar Blogmu Menjadi Super Cepat

5# setting custom permalink secara manual

Sebenarnya permalink atau tautan permanen sudah secara otomatis terbuat mengikuti judul artikel yang kamu buat. Tapi kekurangannya adalah apabila judul artikelmu agak panjang link permanennya akan otomatis terpotong menjadi lima kata.

Tentu saja ini kurang bagus untuk SEO artikelmu. Karena bisa saja kamu membuat judul yang agak panjang dan kamu meletakkan kata kunci di bagian belakang. Maka kata kunci tidak akan masuk ke dalam tautan permanen.

Padahal penggunaan kata kunci pada url artikel bisa berdampak bagus untuk artikel blogmu.

Untuk membuat custom permalink caranya sangat mudah yaitu:

Di halaman posting pada bagian sebelah kanan pilih tautan permanen>>>lalu pilih tautan permanen khusus.

Berikut tips untuk membuat tautan permanen khusus:
  • Masukkan kata kunci pada tautan permanen khusus.
  • Pisahkan kata menggunakkan strip (-)
  • Saran saya gunakan maksimal 7 kata.

6# penggunaan deskripsi penelusuran

Bila kamu searching di google dan kamu mendapatkan beberapa blog yang sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan kamu akan mendapati kata-kata di bawah url blog itu. Ya itulah fungsi dari deskripsi penelusuran.

Sebaiknya kamu menggunakkan fitur yang telah di sediakan oleh blogger ini. Tips dari saya untuk menggunakan deskripsi penelusuran.
  • Buat deskripsi penelusuran yang mengandung kata kunci.
  • Buat deskripsi penelusuran yang menarik dan mengundang klik di awal paragraf.
  • Buat deskripsi penelusuran maksimal 150 kata

7# buat label dan masukkan artikel berdasarkan label

Label disini lebih saya anggap sebagai folder di blog. Menurut saya label juga penting untuk dipasang di blog. Dan mempermudah pengunjung dalam memilih artikel dengan kategori yang sesuai dengan minat mereka. Tips dari saya buatlah nama label yang sesuai dengan niche dari blog kamu dan juga artikelmu.

8# penggunaan gambar yang relevan dengan artikel dan setting tittletext dan ALTtext pada gambar

Gunakanlah gambar sebagai pelengkap artikelmu. Dan jangan salah, peran gambar disini sangat penting untuk menambah visitor.

Karena gambar juga di index di search engine khususnya google image. Tips dari saya untuk penggunaan gambar yang SEO.
  • edit gambar dengan menambahkan watermark bertuliskan url blog kamu.
  • Tambahkan tittletext dan juga ALTtext pada gambar.
  • Ukuran gambar Jangan sampai lebih dari 100kb karena akan memberatkan loading blog.

9# penggunaan internal link dan external link

Penggunaan internal link dan external link juga berdampak pada SEO di artikel. Internal Link atau inbound link adalah link yang menuju ke artikel lain di blog kita.

Jadi artinya link itu masih di dalam bagian blog kita. Sedangkan external link atau outbound link adalah link yang menuju ke situs lain diluar blog kita.

Penutup

Ok cukup segitu saja artikel saya tentang 9 cara membuat artikel yang SEO friendly dan berkualitas. Memang artikel-artikel saya sebelumnya juga masih jauh dari kata berkualitas.

Tapi paling tidak itulah langkah-langkah yang saya lakukan dalam membuat artikel. Dan yang para master sarankan. See ya.

Baca juga: Cara Membuat Tampilan Blog Nyaman Dan Enak Dilihat
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

4 comments for "9 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly dan Berkualitas"

  1. Terimakasih buat penjelasan cara membuat tautan permanen khusus atau permalink.
    Bermanfaat juga buat pembaca semua.
    Sukses, kawan.

    ReplyDelete
  2. untuk artikel 300 kata lebih masih tampak sulit bagi saya. Artikel blog saya kadang asal ngetik. Yang penting gambar tersedia langsung jemari bercerita, maka jauh dari kualitas.

    ReplyDelete