Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Aman dan Nyaman, Inilah 5 Tips Membeli Mobil Baru Secara Kredit

Memiliki mobil dengan sistem kredit masih menjadi pilihan sebagian besar konsumen Indonesia. Banyak orang memilih untuk melakukan cicilan mobil baru. Cara ini sering dipilih karena dianggap cocok untuk pengelolaan keuangan yang baik, mengingat masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Namun, Anda harus melalui beberapa langkah dan persyaratan sebelum memutuskan untuk mencicil mobil Anda. Di bawah ini ada beberapa tips aman membeli mobil dengan cara mencicil yang jelas dan mudah dipahami agar tidak semakin memberatkan di kemudian hari.

Aman dan Nyaman, Inilah 5 Tips Membeli Mobil Baru Secara Kredit

Tips aman membeli mobil baru secara kredit
5 tips aman membeli mobil baru secara kredit

Sudah Lolos BI Check

Diterima atau tidaknya aplikasi cicilan mobil yang Anda ajukan juga sangat tergantung pada kelayakan kredit yang Anda miliki. Ini adalah metode yang digunakan oleh lembaga keuangan untuk menilai kelayakan nasabah sebagai calon debitur.

BI checking merupakan sistem pengujian seperti ini yang dikenal di Indonesia. Bank Indonesia memiliki sistem pendataan otomatis bagi setiap orang yang menggunakan fasilitas pinjaman bank dan leasing.

Jadi pastikan Anda tidak memiliki kredit buruk agar dapat melakukan cicilan untuk mobil baru Anda.

Perhatikan Kondisi Keuangan

Semua cicilan pinjaman pribadi biasanya hanya sekitar 30 persen dari total gaji bulanan yang tercantum di slip gaji Anda. Pastikan Anda memiliki cukup uang untuk membayar uang muka mobil baru Anda. Biasanya DP merupakan 30 persen harga total mobil yang Anda beli.

Hal ini untuk menentukan besaran cicilan bulanan dimana jumlah uang muka yang akan dibayarkan. Oleh karena itu, untuk mempermudah pembayaran uang muka, Anda dapat menggunakan metode tukar tambah untuk mempermudah pembayaran angsuran.

Namun, tukar tambah ini tidak berlaku jika Anda ingin membeli mobil baru untuk keperluan sehari-hari.

Sesuaikan Kendaraan dengan Kebutuhan

Buatlah pemahaman yang jelas tentang tujuan pembelian Anda dan jenis mobil yang Anda butuhkan. Keluarga dengan dua anak sangat cocok jika mobil pertama adalah mobil keluarga berbentuk SUV dan muat untuk banyak orang daripada sedan.

Kecuali jika Anda membutuhkan mobil kedua untuk kebutuhan lain. Jangan sembarangan membeli mobil hanya untuk pamer atau kesenangan belaka.

Karena Anda membayarnya dengan menggunakan metode cicilan untuk mobil baru, pastikan semuanya sesuai kebutuhan. Oleh karenanya, pastikan kendaraan yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan yang memang harus dipenuhi setiap harinya agar tidak memberatkan.

Coba Simulasi Kredit

Jangan sampai seluruh jumlah penghasilan Anda dicicil untuk mobil Anda. Khawatir jika ada kebutuhan yang mendesak di masa depan, pada akhirnya akan menyebabkan Anda gagal bayar.

Masuk akal tidak hanya menghitung jumlah angsuran pinjaman, tetapi menghitungnya sendiri menggunakan rumus simulasi kredit. Simulasi kredit diperlukan untuk dengan mudah memahami posisi keuangan untuk uang muka masa depan dan pembayaran angsuran untuk kredit mobil.

Karena ini akan mempengaruhi skor kredit Anda, jadi Anda benar-benar perlu memastikan Anda tidak gagal bayar di masa depan.

Siapkan DP

Tips terakhir yang harus Anda penuhi untuk cicilan mobil baru 2022 ialah mempersiapkan down payment atau DP. Biasanya, DP yang diterapkan sangat bervariasi dari 0% hingga 30%. Itu semua tergantung pada pilihan Anda dan kebijakan pemberi pinjaman.

Apakah uang muka yang besar memudahkan pengajuan pinjaman disetujui? Meskipun tidak selalu dijamin, DP besar juga menunjukkan tanggung jawab atas komitmen keuangan yang besar.

Oleh karena itu, kemungkinan penerimaan meningkat. Semakin tinggi uang muka, semakin sedikit cicilan bulanan.

Dari banyaknya tips yang disebutkan di atas, Anda bisa membeli mobil baru secara cicilan di SEVA. Produk terbaru dari ASTRA Financial ini akan memudahkan Anda dalam merencanakan pembiayaan kendaraan yang sesuai dengan kemampuan finansial nasabah.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "Aman dan Nyaman, Inilah 5 Tips Membeli Mobil Baru Secara Kredit"