Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Berbagai Jenis Nasi Goreng Khas Daerah di Indonesia

Dari satu jenis makanan yaitu nasi goreng, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Berbicara mengenai menu makanan populer Indonesia satu ini, bahkan saat menggunakan satu bumbu nasi goreng instan kita bisa menghasilkan berbagai macam nasgor yang khas dari berbagai daerah. Karena itulah pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk membahas berbagai jenis nasi goreng yang sangat khas dari berbagai daerah.

Tentu tidak berbagai jenis nasi goreng yang akan dibahas di sini hanya beberapa saja ya? Karena indonesia memiliki banyak sekali daerah yang tersebar dari sabang sampai merauke. Langsung saja kita lihat beberapa jenis makanan populer satu ini.

Berbagai Jenis Nasi Goreng Khas Daerah di Indonesia

Berbagai Jenis Nasi Goreng Khas Daerah di Indonesia
Berbagai jenis nasi goreng khas daerah di indonesia

Nasi Goreng Jawa

Seperti dengan namanya, Nasi Goreng Jawa merupakan salah satu jenis nasi goreng yang berasal dari sekitaran Jawa (biasanya merujuk dari jawa tengah, jawa timur, dan Yogyakarta). Keunikan nasi goreng jawa berasal dari bumbu sambal ulek yang berasal dari cabai dan juga bawang serta bumbu lainnya.

Beberapa tambahan bahan makanan seperti suwiran daging ayam, telur, sampai sayuran akan menambah cita rasa nasi goreng satu ini. Sebenarnya nasi goreng Jawa sendiri masih banyak terbagi - bagi menjadi berbagai jenis, namun jika membahasnya satu persatu akan terlalu banyak informasi yang akan kami berikan.

Nasi Goreng Sunda

Dari sisi karakteristik, sebenarnya nasi goreng Sunda ini tidak memiliki banyak perbedaan. Namun jika dilihat lebih cermat, warna dari nasi goreng Sunda terlihat lebih kekuningan yang didapatkan dari campuran kunyit yang masuk ke dalam bumbu halusnya. Hal inilah yang membuat Nasi Goreng Sunda menjadi sangat gurih, dan sangat lezat untuk digabungkan dengan beberapa tambahan bahan makanan seperti daging ayam, sayuran, dan juga bakso.

Nasi Mawut

Nasi Mawut adalah sebuah jenis nasi goreng asal daerah Jawa yang memiliki ciri khas unik. Jenis nasi goren mawut ini banyak ditemukan di daerah seperti Semarang, Magelang, dan juga Malang, dimana di setiap daerahnya juga memiliki ciri khas yang sangat berbeda. Dalam bahasa jawa “Mawut” berarti tumpah, yang menunjukkan bahwa tampilannya yang sangat berantarakan. Ada campuran nasi, mie, dan juga sayuran menjadi satu.

Nasi Goreng Seafood

Nasi goreng yang umumnya tidak terlalu berbeda dari sisi bahan makanan dan pembuatannya. Hanya ada beberapa bahan yang membedakan seperti beberapa olahan seafood atau makanan olahan dari laut. Selain itu, dari sisi karakteristik dari nasi goreng seafood juga memiliki warna kemerahan yang berasal dari saus merah sebagai pelengkapnya. Nasi goreng seafood menjadi salah satu makanan favorit yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat yang ada di indonesia.

Nasi Goreng Petai

Petai adalah sebuah sayuran khas yang sering dijadikan menu tambahan untuk menu nasi goreng. Walaupun begitu, petai merupakan menu optional atau pilihan mengingat tidak semua orang menyukai sayuran satu ini. Jadi saat mencari nasi goreng petai pastikan untuk mencari ke tempat yang khusus menyediakan menu nasi goreng petai. Petai ini bisa dikombinasikan dengan semua jenis nasi goreng.

Kesimpulan

Itu dia beberapa jenis nasi goreng yang ada di Indonesia. Sebenarnya masih banyak jenis nasi goreng yang ada, namun karena keterbatasan waktu dan tempat pembahasannya kita sudahi sampai di sini. Bahkan jika Anda memiliki resep sendiri, tentu bisa ditambahkan ciri khas tersendiri bukan.

Jangan lupa nasi goreng juga merupakan salah satu menu makanan dengan resep yang mudah dibuat. Cek juga berbagai jenis peralatan makanan dan restoran seperti oven gas, dan juga perlengkapan lainnya. Kreasikan menu masakan Anda sendiri dengan ciri khas tertentu. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "Berbagai Jenis Nasi Goreng Khas Daerah di Indonesia"

  1. nasi mawut masih menjadi favorit si soalnya kalau beli harganya murah dan enak
    cuma kalau saya dikasih nasi goreng seafood ya ganolak
    nasi goreng emang enak-enak kok

    ReplyDelete
  2. Makanan fav bangettt 😍😍. Tapi memang aku lebih suka nasgor yg tanpa kecap mas. Lebih ke rempah2. Itu aku sukaaa banget. Kalo pake kecap, masih bisa makan sih, tapi bukan favorit. Pernah ya pas ke Bandung, nyobain nasi goreng kencur, ya ampuuun ga ketelan 🤣🤣🤣. Dipakein kunyit aku masih ok, tapi kencur, ga bisa cocok Ama lidahku 😅😅

    ReplyDelete