Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Ketombe? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Yuk Ketahui Lebih Jauh

Terkadang suka pusing dan dibuat jengkel dengan masalah rambut. Memang benar, salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat berpengaruh untuk penampilan ini adalah bagian tubuh yang mempunyai banyak masalah. Mulai dari rambut rontok, rambut kusam, tipis sampai kebotakan.

Tapi ada salah satu permasalahan rambut yang sangat sering dialami oleh lebih dari 50% populasi manusia yang ada didunia ini. Ya, ketombe. Nah pada artikel kali ini akan membahas tentang apa itu ketombe dan cara mengatasinya yuk mari kita simak selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Ketombe? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Yuk Ketahui Lebih Jauh

Apa itu ketombe? Bagaimana cara mengatasinya?
Apa itu ketombe? Bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya ketombe itu apa sih?

Ketombe menjadi permasalahan rambut dari kebanyakan orang baik pria maupun wanita. Ketombe berbentuk butiran atau serpihan berwarna putih yang sering membuat rambut terlihat kotor dan tidak terawat. Pada dasarnya ketombe adalah serpihan kulit kepala kering atau berminyak yang mengelupas.

Selain itu ketombe juga bisa diakibatkan oleh jamur atau mikroba yang bernama Malassezia globosa. Mikroba ini menghasilkan asam oleat yang mengakibatkan kulit kepala iritasi dan akhirnya membuat kulit kepala kering dan timbul ketombe.

Pada dasarnya ketombe memang tidak menular secara langsung tapi penyebab ketombe yaitu jamur Malassezia globosa ini bisa berpindah melalui sisir, alat penata rambut, handuk, topi atau peralatan yang berhubungan dengan kepala.

Maka dari itu disarankan untuk tidak menggunakan handuk atau sisir secara bergantian dengan milik orang lain. Lebih baik milikilah handuk atau sisir ini secara pribadi. Karena ditakutkan pemiliknya mempunyai permasalahan ketombe atau yang lain sehingga bisa menular kepada kita.

Bagaimana cara mengatasi ketombe?

Apakah ketombe bisa diatasi? Walaupun ketombe adalah permasalahan yang paling sering dialami banyak orang tapi sebenarnya ketombe bisa diatasi dengan banyak cara diantaranya seperti berikut dibawah ini
  • Keramas secara rutin minimal 2 hari sekali
  • Keramas dengan menggunakan shampo anti ketombe
  • Jangan bergantian menggunakan sisir dan handuk
  • Mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin B, zinc dan lemak baik
  • Jangan terlalu setres dan tetaplah tenang jangan banyak pikiran
  • Batasi perawatan rambut berlebihan yang berpotensi merusak rambut
  • Penuhi asupan probiotik untuk melawan infeksi jamur
  • Bisa juga menggunakan bawang putih untuk menghambat pertumbuhan mikroba
  • Gunakan minyak zaitun sebagai masker rambut agar rambut selalu lembab
  • Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai masker rambut sebagai pengganti minyak zaitun
Buat kamu yang punya masalah dengan ketombe kamu bisa menggunakan cara diatas. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi ketombe baik dengan cara medis ataupun dengan cara herbal yang alami tapi kita coba dulu lakukan cara yang mudah dan murah.

Penutup

Bagaimana? Sekarang sudah tahukan apa itu ketombe dan juga cara mengatasinya? Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu kamu menyelesaikan masalahmu dalam mengatasi masalah ketombe. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "Apa Itu Ketombe? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Yuk Ketahui Lebih Jauh"

  1. Pola makan ternyata berpengaruh dan bisa jaga rambut bebas ketombe yaa... Terimakasih banyak untuk informasinya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja bisa kak...karena nutrisi juga berpengaruh ke kesehatan kulit...termasuk kulit kepala...

      Delete