Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kenalan Dengan Berbagai Jenis Mixer Untuk Memasak

Mixer merupakan salah satu jenis peralatan masak yang mungkin sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari - hari. Biasanya penggunaan peralatan masak yang satu ini bertujuan untuk mencampur adonan seperti roti misalnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai jenis mixer dapur yang mungkin harus diketahui.

Mixer adalah sebuah alat yang berguna untuk mencampur adonan dan menghaluskannya untuk diproses lagi lebih lanjut. Dalam bahasa inggris, mixer berasal dari kata “mix” yang berarti mencampur. Saat ini ada banyak sekali jenis mixer untuk berbagai kebutuhan. Langsung saja kita bahas beberapa jenis - jenisnya secara lengkap di sini.
Mengenal berbagai macam jenis mixer untuk memasak
Mengenal berbagai macam jenis mixer

Kenalan Dengan Berbagai Jenis Mixer Untuk Memasak

Whisk

Whisk merupakan salah satu jenis mixer yang paling sederhana dan paling mudah untuk digunakan. Bentuknya sangat simple, sehingga hampir cocok digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Seperti mencampur adonan telur sederhana dan adonan roti sederhana.

Permasalahan dari whisk adalah bahwa jenis mixer ini haruslah digunakan secara manual yaitu menggunakan kekuatan tangan, tidak dibantu dengan mesin. Sehingga terkadang akan sangat melelahkan jika harus menggunakan whisk untuk adonan yang banyak.

Hand Mixer

Selain whisk, hand mixer juga merupakan salah satu jenis peralatan yang paling banyak digunakan di dalam rumah tangga. Sesuai dengan nama “hand mixer”, jenis peralatan ini harus selalu dipegang saat digunakan, karena tidak memiliki penyangga yang otomatis.

Walaupun begitu tetap saja daripada jenis whisk, hand mixer ini akan lebih berguna jika mengaduk adonan dalam jumlah yang besar. Dari segi dimensi juga tidak terlalu berat karena memang harus dipegang saat dioperasikan. Selain itu hand mixer juga bisa disimpan dengan mudah dan tidak memakan tempat yang terlalu banyak.

Stand Mixer

Dari segi bentuk, stand mixer sekilas hampir tidak ada perbedaan dengan hand mixer. Beberapa hal perbedaannya adalah terdapat sebuah “stand” dan juga mangkok yang terintegrasi atau sudah bawaan ada dan terpasang bersamaan dengan mixer. Dari segi mesin, jenis peralatan satu ini memiliki kekuatan yang lebih besar, sehingga bisa mengolah dan mencampur adonan yang lebih banyak lagi dibandingkan dengan hand mixer.

Dari beberapa fitur yang ada, membuat stand mixer ini umumnya lebih mahal daripada hand mixer. Selain itu ada juga beberapa kekurangan yang salah satunya adalah sangat sulit untuk dibersihkan dan memiliki banyak tempat ketika akan menyimpannya.

Spiral Mixer

Spiral mixer adalah sebuah jenis mixer yang cocok untuk industri, misalnya untuk adonan keras seperti saat membuat mie dan juga roti dalam jumlah yang besar. Ukuran dari jenis peralatan satu ini cukup besar, sehingga bisa digunakan untuk proses produksi.

Biasanya mixer spiral memiliki kapasitas rata - rata 10 liter sampai 50 liter dan harganya pun juga cukup mahal, walaupun memang bervariasi juga untuk masalah harga ini. Untuk sistem kerja sendiri, jenis satu ini memutar mangkok berlawanan dengan perputaran pengaduk sehingga proses mencampur menjadi lebih cepat dan efektif.

Dough Mixer

Hampir mirip dengan spiral mixer, dough mixer juga bekerja dengan sangat baik untuk kebutuhan industri. Sangat banyak digunakan untuk membuat pangsit, mie, dan adonan roti dengan jumlah yang sangat besar. Kapasitas dough mixer ini bisa mencapai 50 kg, jadi jangan kaget pilihan satu ini sangat populer untuk industri makanan.

Planetary Mixer

Planetary Mixer ini juga memiliki bentuk yang sama dengan dough dan juga spiral mixer. Jika dilihat dari sekilas bahkan tidak ada perbedaannya. Dari segi fungsi sendiri, jenis mixer satu ini mampu untuk digunakan mengaduk adonan sampai lembut, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam industri roti atau pastry.

Ditambah lagi banyak aksesoris kompatibel untuk digunakan bersama dengan jenis mixer yang satu ini.

Kesimpulan

Mixer merupakan salah satu jenis perkakas industri dan peralatan dapur terbaik sehingga wajib kita berinvestasi di dalamnya. Ada banyak sekali jenis - jenis mixer yang mungkin bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis sudah kita bahas di atas dan mungkin menjadi salah satu pengetahuan dasar yang harus diketahui. Semoga informasi ini cukup membantu ya? Terima kasih.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "Kenalan Dengan Berbagai Jenis Mixer Untuk Memasak"

  1. aku punya hand mixer yg jarang dipakai, waktu awal pandemi lagi semua gandrung masak, dipakailah itu mixer, sekarang tersimpan rapih di lemari

    ReplyDelete
  2. Aku punya nya yg stand mixer, tapi yg seri biasa banget, yg belum bisa kalo utk bikin dough roti 🤣

    Padahal pengen punya mixer yg utk bikin adonan roti supaya tangan ga pegel ngadon Ampe Kalis mas 😂. Cuma yg size buat rumahan, tetep aja muahaalll. Bisa aja beli, tapi kadang aku mikir, aku bakalan bener rajin ga bikin roti setelah beli itu mixer. Yg udah2, aku tipe bosenan. Paling cuma sebentar, trus byeee 🤣🤣🤣. Ujungnya balik beli lagi.

    Tapi mixer yg utk adonan size industri itu memang sangat membantu kalo punya usaha bakery atau bikin adonan kue2/mie yg utk dijual. Keluargaku yg punya usaha bakeries ada soalnya. Pernah ngeliat cara kerjanya, duuuuh ga usah capek lagi lah bikin adonan roti yg butuh lama itu 🤣🤣. Kalo ga ada mixernya, bisa berotot semua tangan pegawai hahahaha

    ReplyDelete