Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Suku Cadang Mobil yang Harus Rutin Diganti, Apa Saja?

Setiap pemilik mobil pasti menginginkan mobilnya selalu dalam keadaan prima. Apalagi kalau mobil tersebut digunakan untuk transportasi sehari-hari tentu perawatan yang lebih dan penggantian suku cadang secara berkala.

Pada dasarnya setiap suku cadang mobil memiliki masa pakai. Dengan melakukan penggantian secara rutin pasti akan berdampak positif untuk performa mobil. Lalu suku cadang apa saja yang harus secara rutin diganti? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Suku Cadang Mobil yang Harus Rutin Diganti

Suku cadang mobil yang wajib rutin diganti
Suku cadang mobil yang wajib rutin diganti

1# oli mesin dan filter oli

Oli mesin memiliki masa pakai yang relatif singkat. Hal ini dikarenakan beban kerja yang tergolong berat. Peranan oli mesin pada kendaraan sangatlah vital. Fungsinya untuk melumasi bagian mesin agar bekerja lebih optimal dan mengurangi gesekan antar komponen. Apabila kita lalai melakukan penggantian rutin bisa-bisa kerusakan akan merembet ke onderdil mobil yang lain. Sedangkan filter oli berfungsi sebagai penyaring kotoran hasil gesekan mesin sebelum akhirnya oli mesin menyebar ke seluruh bagian mesin. Oli mesin dan filter oli dianjurkan untuk diganti setiap 10.000 km.

2# busi

Busi adalah komponen yang berukuran kecil. Tapi pengaruhnya sangat besar terhadap kinerja mobil. Busi berfungsi sebagai pemantik api untuk menciptakan pembakaran di ruang mesin. Saat busi bermasalah pembakaran di ruang mesin juga akan bermasalah akibatnya konsumsi bahan bakar menjadi boros, mobil kurang bertenaga bahkan mobil tidak bisa dihidupkan. Penggantian busi dianjurkan setiap 20.000 km agar pembakaran di ruang mesin lebih optimal.

3# filter udara

Walaupun pada saat servis rutin filter udara pasti selalu dibersihkan, tapi perlu diketahui filter udara juga mempunyai masa pakai dan harus diganti. Karena walaupun sering dibersihkan, seiring pemakaian pasti akan susah dibersihkan juga. Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara dari kotoran dan debu yang masuk ke ruang bakar. Umumnya filter udara diganti setiap 40.000 km dan pembersihan dilakukan setiap 10.000 km.

4# kanvas rem

Kanvas rem adalah salah satu onderdil yang tidak boleh luput dari perhatian karena performa mobil dan keselamatan pengendara sangat ditentukan oleh onderdil yang satu ini. Banyak sekali kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan karena kelalaian dalam perawatan dan penggantian kanvas rem. Kanvas rem bisa habis karena pemakaian. Umumnya penggantian kanvas rem dilakukan pada 50.000 km.

5# ban mobil

Ban mobil adalah komponen pada kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan. Tidak heran kalau masa pakainya bisa dibilang singkat apalagi kalau penggunaan kendaraan untuk sehari-hari. Pada dasarnya tidak ada patokan khusus untuk penggantian ban mobil. Tapi apabila ban mobil sudah terlihat gundul dan terasa licin lebih baik segera diganti agar perjalanan terasa nyaman dan aman.

Itu dia beberapa komponen kendaraan khususnya mobil yang wajib secara rutin harus diganti karena masa pakainya yang singkat dan dengan beban kerja yang berat. Tapi dimanakah tempat yang resmi menjual sparepart dan onderdil berkualitas? Tentu saja hanya di Auto2000 digiroom

Apa itu Auto2000 Digiroom?

Auto2000 Digiroom adalah e-commerce yang melayani penjualan mobil, spare part, onderdil resmi dari Toyota indonesia. Selain melayani penjualan mobil dan spare part, Auto2000 juga melayani jual aksesoris Toyota. Selain memudahkan pelanggan untuk mencari mobil, suku cadang dan aksesoris resmi Toyota, di Auto2000 digiroom kita juga bisa request tempat atau pelayanan servis yang dekat dengan rumah kita tinggal cukup dengan membuka website atau aplikasi resminya.

Hal ini tentu saja sangat memudahkan pelanggan mengingat di era yang serba online seperti sekarang ini layanan servis, penjualan mobil, suku cadang dan aksesoris yang resmi bisa dilakukan dengan praktis dan mudah. Sekian artikel kali ini mudah-mudahan bisa membantu dan menambah wawasan kita semua terima kasih.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "Suku Cadang Mobil yang Harus Rutin Diganti, Apa Saja?"

  1. Kalo urusan mobil, itu pasti suamiku sih yg urusin 😄. Tapi dia termasuk rutin dan rajin ngecek juga servis mobilnya. Jadi aku yakin bagian2 mobil di atas pasti selalu rutin juga dia cek ;). Krn biar gimana buat kami, mobil itu transportasi yg paling srg kami pake, trtama di saat pandemi. Aku belum pernah lagi naik kendaraan umum sejak pandemi. LBH percaya mobil sendiri. Makanya kondisi mobil harus trawat setiap saat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah apalah dayaku yang cuma pake mio wkwkwk...

      Delete