Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Selalu Waspada, Yuk Kenali Penyebab Jantung Bengkak

Jantung adalah salah satu organ vital manusia yang sangat penting. Bisa dibilang hidup dan mati manusia ada pada jantung. Karena hal itu juga penyebab yang menjadikan penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia.

Pada kondisi normal jantung mungkin hanya sebesar kepalan tangan kita. Tapi pada saat tertentu jantung juga bisa membesar dan membengkak. Pembengkakan jantung sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Tapi pada kondisi pembengkakan yang parah bisa menjadi indikasi akan adanya penyakit jantung. Agar kita selalu waspada yuk kita kenali penyebab jantung bengkak dibawah ini.

Selalu Waspada, Yuk Kenali Penyebab Jantung Bengkak

Penyebab jantung bengkak
Penyebab jantung bengkak

1# kurang olahraga

Berolahraga seringkali diremehkan banyak orang. Padahal apabila diabaikan efeknya sangat fatal sekali. Orang yang kurang berolahraga sangat rentan terkena penyakit darah tinggi, obesitas dan penyakit jantung. Tidak ketinggalan pembengkakan jantung yang menjadi awal mula penyakit jantung.

2# obesitas

Obesitas terjadi karena banyaknya lemak yang menumpuk di tubuh. Obesitas adalah salah satu dampak buruk dari kurangnya berolahraga dan tidak menjaga pola makan. Pada kondisi ini akan sangat rentan diserang penyakit darah tinggi, pembengkakan jantung hingga serangan jantung.

3# kelebihan zat besi

Hemokromatosis atau kelebihan zat besi diakibatkan karena zat besi yang tidak termetabolisme dengan baik yang pada akhirnya akan menumpuk di organ tubuh manusia tidak terkecuali jantung. Hal inilah yang menyebabkan jantung membengkak karena melemahnya otot jantung.

4# anemia

Anemia adalah kondisi dimana si penderita kekurangan sel darah merah untuk membawa oksigen yang cukup keseluruh tubuh. Karena hal inilah jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Pada kondisi ini pembengkakan jantung bisa terjadi.

Baca juga: 20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

5# penyakit darah tinggi

Pada saat seseorang mengalami tekanan darah tinggi jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ketimbang dengan orang yang mempunyai tekanan darah normal. Kondisi ini sama seperti kondisi menderita anemia. Karena hal ini juga bisa menyebabkan otot jantung menebal dan membesarnya ruang jantung.

6# penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner diakibatkan karena terdapat timbunan lemak atau plak yang menyumbat pembuluh darah arteri koroner. Karena kondisi ini mengakibatkan pasokan oksigen akan berkurang ke jantung. Saat pasokan oksigen ke jantung berkurang akibatnya jantung kesulitan memompa darah yang akhirnya membuat jantung bekerja lebih keras karena hal inilah akhirnya jantung menjadi bengkak.

7# kehamilan

Tidak melulu soal penyakit, pembengkakan jantung juga bisa dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan stres jangka pendek dan kondisi janin yang mulai membesar. Tapi pada kondisi ini tidak perlu khawatir selama kondisi tidak terlalu parah jantung akan kembali ke keadaan normal.

Penutup

Pada dasarnya kondisi jantung yang membengkak tidak selalu berkaitan dengan penyakit contohnya kondisi pada saat ibu hamil. Selama kondisi itu masih normal dan tidak parah tidak perlu khawatir karena kondiai jantung akan normal kembali walaupun kebanyakan kondisi jantung bengkak itu dikarenakan suatu penyakit. Mudah-mudahan artikel ini menambah wawasan dan membawa manfaat untuk kita semua terima kasih.

Baca juga: 12 Tips agar kesehatan jiwa selalu terjaga
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "Selalu Waspada, Yuk Kenali Penyebab Jantung Bengkak"

  1. Intinya memang hrs selalu jaga pola makan dan olahraga ya mas. Salah satu sisi positif pandemj ini, aku jadi rutin olahraga 5x seminggu. Demi stamina tubuh dan daya tahan. Semoga aja kebawa terus dan bikin jantung tetap sehat. Apalagi riwayat sakit jantung di keluarga ku dan suami lumayan banyak. Makanya kami berdua agak lebih hati2 kalo udah soal jantung gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul kak,,,kalo urusan sama jantung gk boleh main main

      Delete