Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Melakukan Perawatan Rambut Secara Rutin Agar Rambut Tetap Sehat

Rambut adalah mahkota untuk setiap orang, rambut yang berkilau dan sehat menjadi banyak impian oleh setiap orang apalagi wanita.

Banyak sekali penyakit rambut yang timbul seperti rambut rontok, ketombe, rambut kering, rambut bercabang, rambut kutuan dan penyakit rambut lainnya.

Ada beberapa orang yang menyepelekan kesehatan rambut dan hampir tidak pernah menjaganya, padahal tidak merawat dapat menimbulkan permasalahan pada kulit kepala yang mengganggu.

Apalagi kamu yang memiliki rambut panjang atau gondrong pada pria harus lebih dalam menjaga kesehatan rambutnya, karena memiliki rambut panjang harus lebih dalam perawatannya karena cukup sering memiliki gangguan seperti rontok, ketombe, bercabang, dan kusam.

Untuk itu kita perlu melakukan perawatan rambut secara rutin agar rambut selalu sehat dan terhindar dari masalah rambut yang bisa merusak penampilan.

Nah, kamu bisa mengaplikasikan cara merawat rambut yang cukup efektif, berikut daftarnya yang harus kamu lakukan.
Perawatan rambut secara rutin
Perawatan rambut secara rutin

Cara Melakukan Perawatan Rambut Secara Rutin Agar Rambut Tetap Sehat

1. Jadwal Keramas

Beberapa orang memiliki opini bahwa kalau kita melakukan keramas setiap hari bakal membuat rambut kita sehat dan berkilau, namun faktanya frekuensi keramas yang sering dapat membuat rambut kering karena kekurangan minyak alami rambut.

Kamu bisa melakukan kegiatan keramas sesuai jenis rambut. Apabila kamu memiliki rambut keriting kamu keramas jangan terlalu sering, karena rambut keriting tipikal yang memiliki jenis rambut kering usahakan dalam seminggu 4 atau 3 kali saja, minyak alami pada rambut sulit untuk melewati rambut.

Gunakan shampo yang khusus untuk rambut keriting. Dan apabila kamu memiliki jenis rambut yang berminyak. kamu bisa melakukan keramas lumayan sering supaya tidak terlihat lepek dan berminyak.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami dan Mudah Dilakukan Tanpa Pergi ke Salon

2. Batasi Alat Pengering Rambut dan Catokan

Kamu yang sedang terburu - buru sehabis mandi, pasti perlu merapikan pakaian dan berhias dengan secepat mungkin dan bakal menggunakan pengering rambut supaya rambut cepat kering dan catok rambut, untuk jangka pendek mungkin tidak masalah tapi apabila kamu menggunakannya sesering mungkin itu dapat membuat rambut rusak.

Namun, dalam jangka panjang menggunakan alat pengering dan catok rambut dapat membuat rambut rusak dan mudah patah, karena rambut ketika basah menjadi lebih rapuh dan mudah rusak, apalagi menggunakan alat yang memiliki suhu panas seperti pengering rambut.

Nah, apabila kamu terpaksa karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengeringkan rambut secara natural, kamu bisa menggunakan pengering rambut dengan suhu yang minimal atau terendah dan ketika menggunakannya jauhkan dari permukaan rambut dan selalu gerakkan ke area rambut lainnya, jangan hanya fokus di satu area rambut.

Untuk penggunaan catok kamu bisa batasi seperti dalam seminggu gunakan hanya 2-3 kali saja, supaya rambut dapat memulihkan kekuatannya.

3. Gunakan Shampo dan Kondisioner

Keramas menggunakan shampo dalam melakukan perawatan rambut dapat berjalan secara maksimal, untuk menghilangkan ketombe, mencegah kerontokan rambut serta kesehatan rambut.

Sebelum itu, kamu harus memilih shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut, apabila produk yang kamu gunakan tidak cocok dapat membuat rambut berketombe, kering bahkan rontok.

Misalkan, orang yang memiliki rambut keriting harus menggunakan produk shampo yang memiliki kandungan bebas sulfat atau yang memiliki busa yang minim supaya hasilnya maksimal dan tidak menghilangkan kelembaban pada rambut.

Karena pada umumnya shampo mengandung sulfat dan bahan detergen yang bertujuan untuk menghasilkan busa dan membuat rambut menjadi kering. Oleh karena itu penggunaan produk shampo yang tidak sesuai dapat membuat rambut mengalami kerusakan.

Penggunaan kondisioner juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut, karena kandungan pada kondisioner memiliki bahan yang penting seperti silikon, bahan pelembab seperti panthenol, lipidure dll.

Karena penggunaan kondisioner memiliki manfaat untuk melapisi bagian rambut serta mengisi bagian rambut yang rusak dan rambut dapat dengan mudah diatur.

baca juga: 10 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut dengan Bahan Alami
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

4 comments for "Cara Melakukan Perawatan Rambut Secara Rutin Agar Rambut Tetap Sehat"

  1. Untung rambut saya pendek, jadi hampir setiap hari keramas dan dosisnya cukup sedikit dan sewajarnya. Terima kasih tips merawat rambutnya, salam sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama pak rambut saya juga pendek,,,perawatannya mudah dan simpel ya pak,,,nggak ribet kalo rambut pendek,,,

      Delete
  2. kalo rambut aku udah berasa lepek, biasanya aku baru keramas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya biasanya dijadwal 3 hari sekali heehe atau seminggu 2 kali

      Delete