Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

26 Daftar Nama musisi Indonesia Yang Mendunia, Diam-Diam Go Internasional

Sebenarnya nama indonesia sudah harum di dunia internasional. Mulai dari pariwisata, kuliner dan sumber daya alam, indonesia mempunyai tempat tersendiri bagi dunia internasional. Tidak terkecuali dalam dunia musik.

Percaya tidak percaya sebenarnya banyak nama musisi indonesia yang mendunia yang karya musiknya banyak dicintai oleh orang luar negeri sana. Harusnya kita bangga donk, karena musik dari musisi indonesia yang sering kita dengarkan di radio atau di televisi terdengar monoton. Tapi ternyata ada musisi indonesia yang mendunia dengan karya dan ciri khas masing-masing.
Nama musisi Indonesia Yang Mendunia
26 daftar nama musisi indonesia yang mendunia

26 Daftar Nama musisi Indonesia Yang Mendunia

1# rich brian

Nama aslinya adalah brian imanuel soewarno. Nama panggungnya sebelum rich brian adalah rich chigga. Seorang rapper yang menghabiskan waktu di los angeles untuk menggarap lagu-lagunya ini lahir di kota jakarta pada tahun 1999. Rich brian pernah melakukan tur amerika perdananya pada tahun 2017. Ditahun yang sama, rich brian juga memenangkan penghargaan di ajang indonesian choice award ke-4 sebagai Breakthrough Artist of the Year.

2# Sandhy Soendhoro

Musisi jazz dan blues yang mengawali karirnya di kota berlin jerman ini lahir di kota jakarta pada tahun 1973. Sandhy soendhoro mulai bermain musik bersama bandnya saat SMA dan memainkan musik-musik rock. Tapi karirnya dimulai saat dia menjadi pengamen jalanan di kota berlin jerman. Di tahun 2008 akhirnya rilis album perdananya di jerman. Album perdananya inilah yang mendapat banyak apresiasi dari banyak musisi jerman dan eropa. Sampai saat ini sandhy soendhoro sudah merilis 8 album. Prestasi internasional yang pernah diraih sandhy salah satunya adalah di ajang The First Ceremony of International Professional Bravo Music Awards yang digelar pada tahun 2018 di kota moskow rusia. Sandhy meraih penghargaan untuk kategori The Best Foreign Artist of 2018.

3# the s.i.g.i.t

Band indie beraliran rock asal kota bandung ini tidak bisa diragukan lagi kualitasnya. Band the s.i.g.i.t sendiri sebenarnya adalah singkatan dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent. Band yang beranggotakan Rektivianto Yoewono (vokal dan gitar), Farri Icksan Wibisana (gitar), Aditya Bagja Mulyana (vokal dan bas), dan Donar Armando Ekana (drum) ini awalnya memperkenalkan karya musik mereka melalui internet hingga akhirnya perusahaan rekaman asal australia bernama caveman tertarik untuk merilis album mereka di australia hingga membuat nama the s.i.g.i.t mendunia seperti sekarang.

4# agnes monica

Buat yang kelahirannya tahun 90an pasti sudah kenal deh sama penyanyi yang satu ini karena awal karir bernyanyi berawal dari lagu anak-anak yang sempat hits di era 90an. Siapa sangka penyanyi yang dulu terkenal menyanyikan lagu anak-anak itu kini namanya melejit bak roket ke kancah dunia internasional. Pada tahun 2014 agnez mo merilis 'Coke Bottle' featuring Timbaland dan T.I. Agnez juga memenangkan Mnet Asian Music Awards 2017 di Vietnam sebagai Artis Asia Terbaik Indonesia. Di acara itu, ia menampilkan lagu 'Coke Bottle', 'Long As I Get Paid', dan 'Damn I Love You'. Agnes juga bergabung dengan label 300 Entertainment dan merilis single 'Overdosis' yang menampilkan Chris Brown. Single ini kemudian masuk dalam tangga lagu Billboard dan menduduki urutan 36 dalam tangga lagu RnB/Hip-Hop Airplay, 38 di Rhythmic Songs, 24 di Hot R&B Songs, 28 di Mainstream R&B/Hip Hop, dan ke-30 di Mix Show Airplay.

5# anggun c sasmi

Kita semua pasti sudah tahu dengan penyanyi yang satu ini. Pelantun lagu "mimpi" kelahiran jakarta pada tahun 1974 ini memulai karir bernyanyinya saat merekam album studio pertamanya dunia aku punya pada tahun 1986. Dan nama anggun c. Sasmi meroket pada saat album internasionalnya yang berjudul snow on the sahara yang dirilis di 33 negara pada tahun 1997. Anggun merambah ke ajang pencarian bakat televisi lewat X Factor Indonesia (2013). Selain itu anggun juga menjadi juri untuk Asia's Got Talent (2015) yang diikuti oleh peserta dari 27 negara di Benua Asia. Anggun juga pernah meraih penghargaan "World's Best Selling Indonesian Artist" dari World Music Awards sebagai aktris Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia. Dan ternyata anggun juga merupakan wanita pertama asal Indonesia yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand.

6# joey alexander

Joey alexander mempunyai nama asli josiah alexander sila. Joey adalah seorang pianis jazz asal indonesia yang mampu menyabet dua nominasi grammy award dalam dua kategori yaitu Best Instrumental Jazz Album ("My Favorite Things") dan Best Jazz Solo Improvisation (Giant Steps dari album tersebut). Pada ajang grammy award 2016 joey juga berkolaborasi dengan musisi kelas dunia seperti Adele,Taylor Swift, Ed Sheeran, Bruno Mars dan masih banyak lagi. Joey juga pernah memenangi Grand Prix dalam Master-Jam Fest 2013 dan juga pernah tampil di ajang Montreal International Jazz Festival dan Newport Jazz Festival pada tahun 2015. Seorang remaja kelahiran

25 Juni 2003 di kota denpasar bali ini pada awalnya, joey belajar musik jazz menggunakan keyboard hadiah dari orang tuanya dan belajar secara otodidak sejak berusia 6 tahun.

7# dira sugandi

Seorang musisi jazz kelahiran bandung, 29 juli 1979 ini mempunyai nama lengkap dira julianti sugandi. Talenta bermusiknya sudah terlihat sejak kecil. Terbukti pada usia 9 tahun sudah bisa memenangkan kompetisi menyanyi anak-anak. Karir internasionalnya bermula saat duet dengan penyanyi jason mraz. Dan merilis album perdananya bersama bluey dari incognito.

8# weird genius

Grup musik EDM yang digawangi reza oktovian, eka gustiwana dan gerald liu ini terbentuk pada tahun 2016. Para personilnya juga saya yakin kita semua sudah tidak asing lagi karena memang sudah malang melintang di dunia youtube. Weird genius juga sudah beberapa kali berkolaborasi dengan musisi dunia seperti yellow claw dan prince husein. Beberapa lagu karyanya yang pasti sudah tidak asing lagi bagi kita antara lain sweet scar dan lathi sukses menjadi perhatian dunia dan berhasil menduduki posisi puncak di beberapa platform stream musik di dunia.

9# stephanie poetrie

Selanjutnya penyanyi yang berhasil go internasional adalah stephanie poetri. Perempuan yang mempunyai nama lengkap stephanie poetri dougharty ini lahir pada tanggal 20 mei 2000 di jakarta dan dia juga adalah putri dari diva indonesia terkenal yaitu titi dj. Pada tahun 2019 ia merilis sebuah lagu yang berjudul "i love you 3000" yang terinspirasi dari film avenger endgame. Lagu tersebut berhasil menduduki posisi puncak dan paling banyak diputar di platform spotify. Bahkan lagu ini juga masuk ke dalam top 50 viral spotify di beberapa negara antara lain malaysia, singapura, thailand dan juga taiwan. Berkat lagu ini juga debut internasionalnya dimulai saat stephanie dikontrak oleh label rekaman asal amerika serikat yaitu 88rising.

10# niki zefanya

Penyanyi yang mempunyai nama panggung NIKI ini mempunyai nama asli nicole zefanya. Perempuan yang lahir di jakarta 22 tahun yang lalu ini mengawali debut internasionalnya saat mendapat undangan dari rich brian untuk ikut bergabung dengan label yang berasal dari amerika serikat yaitu 88rising. Pada tahun 2017 dibawah naungan label rekaman 88rising NIKI merilis 2 lagu yang berjudul "see u never'' dan "i like u" di amerika serikat.

11# dita karang

Mungkin sebagian dari kalian ada yang bertanya-tanya

"Ada nggak sih orang indonesia yang berkarir menjadi idol K-pop?" Jawabannya, ada.

Dia adalah dita karang. Perempuan kelahiran yogyakarta pada tahun 1996 ini adalah perempuan pertama dari indonesia yang memulai debutnya menjadi idol di industri K-pop. Dita karang bergabung menjadi anggota girlband asal korea selatan yaitu secret number. Dalam girlband tersebut dita karang menempati posisi sebagai penari utama dan juga vokalis. Keren kan?

12# mocca

Anggota band mocca awalnya adalah teman satu kampus di institut teknologi bandung yang tergabung dalam band kampus yang terbentuk pada tahun 1997. Debut internasional mereka berawal pada saat mereka menandatangani kontrak dengan salah satu label indie record asal jepang yaitu excellent record. Di setiap liriknya mocca menggunakan bahasa inggris karena dinilai sesuai dengan aliran pop dan sentuhan suasana ala 60-an. Pada tahun 2005 mocca merilis album kedua mereka yang bertajuk "friends" di album kedua ini banyak negara di asia yang ikut menikmati album karya mereka antara lain negara singapura, malaysia, thailand, jepang dan korea selatan.

13# gugun blues shelter

Band yang beraliran blues yang terbentuk di jakarta pada tahun 2004 ini terinspirasi dari musisi luar negeri antara lain jimi hendrix, betty davis dan led zeppelin. Gugun blues shelter telah beberapa kali berganti nama antara lain the blues bug, blue hand gang dan yang terakhir gugun blues shelter sampai sekarang. Pada tahun 2007 gugun terpilih sebagai gitaris blues terbaik se-asia tenggara versi MTV trax magazine. Pada tahun 2011 gugun blues shelter berhasil memenangkan kompetisi Hard Rock CafĂ©’s Global Battle Of The Bands. Karena kemenangan inilah akhirnya mereka dijadwalkan untuk tampil di hyde park bersama bon jovi, rod stewart dan the killer.
Nama musisi Indonesia Yang Mendunia
Musisi indonesia go internasional

14# bottlesmoker

Bottlesmoker adalah duo musisi elektronik asal bandung yang mempunyai cara unik dalam menciptakan musik. Anggung suherman dan ryan adzani berkarya menciptakan musik hanya dari dalam kamar berbeda dari kebanyakan musisi yang harus masuk studio rekaman. Selain itu musik yang mereka ciptakan juga sangat unik. Mereka suka menggunakan instrumen musik mainan seperti glockenspiel, hand bell dan melodika. Selain itu mereka juga bisa membuat musik dari mainan atau konsol game seperti handphone mainan, nintendo dan juga radio. Sejak 2005 mereka sudah banyak menciptakan karya musik elektronik dan mereka bagikan secara gratis melalui platform myspace. Pada tahun 2008 album mereka yang bertajuk before circus over telah dirilis ulang oleh netlabel asal spanyol yaitu neovinyl netlabel. Di tahun yang sama, album mereka yang bertajuk slow mo smile telah dirilis di bawah naungan probablyworse record asal amerika serikat.

Baca juga: 45 Produk Asli Indonesia Yang Mendunia Dan Go Internasional. Emang Bikin Bangga

15# White shoes and the couples company

White shoes and the couples company adalah band beraliran pop/jazz yang berasal dari kota jakarta. Band yang kental dengan nuansa 60-an ini mungkin familiar di indonesia walaupun banyak juga yang menyukai karya-karya mereka. Tapi jangan salah diluar negeri nama band ini lumayan terkenal. Band tersebut terikat dengan dua label independen yaitu aksara record asal jakarta dan juga minty fresh label independen asal chicago. Pada september 2007 minty fresh merilis album White shoes and the couples company di beberapa negara antara lain amerika serikat, mexico, kanada, australia dan jepang.

16# sore

Band beraliran pop indie asal jakarta ini mempunyai keunikan yang lain daripada yang lain. Bagaimana tidak, semua anggota band ini memainkan alat musik secara kidal. Sampai saat ini sore telah berhasil merilis lima album dan beberapa kompilasi. Sore pernah tampil di negara malaysia dan berhasil menghipnotis para penonton dan para penikmat musik di negara jiran tersebut. Bahkan menurut majalah TIME asia, sore masuk ke dalam daftar lima band asia yang albumnya layak dibeli.

17# claudia emanuela

Penyanyi yang mempunyai nama lengkap claudia emanuela santoso ini lahir pada 27 oktober 2000 di kota cirebon ini adalah juara ajang pencarian bakat the voice jerman musim kesembilan. Kemenangannya ini menjadi tonggak bersejarah karena dia adalah orang indonesia bahkan asia pertama yang berhasil menjuarai ajang tersebut. Single perdananya yang berjudul goodbye yang dirilis pada tanggal 10 november 2019 berhasil masuk chart itunes indonesia dan beberapa negara eropa. Pada single ini claudia berduet dengan pelatihnya yaitu alice merton.

18# edward wen

Edward wen adalah musisi asal indonesia yang saat ini aktif di korea selatan. Pria yang lahir pada tanggal 13 april 1996 ini adalah mantan dari idol kpop atau boyband 14U pada tahun 2017. Saat masih menjadi anggota 14U edward mempunyai nama panggung loudi. Loudi sendiri adalah pria indonesia pertama yang berhasil masuk ke dan berkarir di industri kpop. Loudi berusaha mengenalkan budaya indonesia karena hal inilah loudi mempunyai banyak pendukung dan fans terutama dari tanah air.

19# superman is dead

Superman is dead atau biasa disingkat SID adalah band beraliran punk rock yang berasal dari kuta bali. SID beranggotakan 3 pemuda yaitu bobby kool sebagai gitaris dan vokalis, eka rock sebagai bassist dan jerinx sebagai drummer. Pada tahun 2012 SID ikut memeriahkan konser avenged sevenfold sebagai band pembuka di pantai carnaval ancol jakarta. Pada tahun 2009 SID pernah tampil di vans warped tour bersama greenday, nofx dan bad religion di amerika serikat dan juga menjadi band kedua se asia yang bisa tampil di festival musik ini. Vans warped tour adalah festival musik dan olahraga ekstrem terbesar di amerika serikat.

20# navicula

Masih musisi dari bali, selanjutnya ada band rock yang bernama navicula. Navicula dijuluki sebagai the green grunge gentleman karena mereka sering ikut berkecimpung dalam dunia aktivis sosial dan lingkungan. Video musik navicula yang berjudul metropolutant berhasil memenangkan rode rockumentary pada tahun 2012. Video ini berhasil mengalahkan 500 video lebih dari 48 negara. Karena hal ini navicula berhak atas rekaman yang dilakukan di record plant studios hollywood. Pada saat itu juga navicula menjalani tour di amerika serikat dan di kanada di beberapa kota seperti berkeley, san francisco, new york, philadelphia, washington DC, montreal, toronto dan quebec. Setelah itu pada tahun 2013 navicula juga menjalani tour di australia dan tamp sydney festival. Dan pada tahun 2017 untuk kedua kalinya navicula kembali menjalani tour di australia. Dan setahun berikut mereka kembali menjalani tour hanya saja kali ini mereka tour di beberapa kota di eropa.

21# shaggy dog

Band yang digawangi oleh heru, richard, raymond, banditz, lilik dan yoyo ini terbentuk pada 1 juni 1997 di kota yogyakarta tepat di sayidan. Sayidan adalah sebuah kampung yang terletak di pinggir sungai ditengah kota yogyakarta. Band ini terinspirasi dari beberapa musisi dunia diantaranya bob marley, cherry poppin daddies, hepcat dan song beach dub allstar. Para anggotanya sendiri menyebut aliran musik mereka dengan sebutan doggy style karena musik mereka perpaduan antara beberapa aliran musik seperti ska, reggae, jazz, swing dan rock.

22# burgerkill

Rupanya musisi dari ranah metal tidak mau kalah nih untuk go internasional. Kali ini ada band metal asal bandung yaitu burgerkill. Nama burgerkill sendiri sebenarnya diambil dari nama restoran siap saji asal amerika yaitu burgerking yang akhirnya mereka parodikan menjadi burgerkill. Bersama dengan beberapa band metal asal indonesia lainnya, burgerkill selama 16 hari menjalani rangkaian show di ajang wacken open air jerman dan bloodstock festival inggris. Pada tahun 1999 burgerkill mendapat tawaran dari label rekaman asal malaysia yaitu anak liar record dan akhirnya merilis album three ways split bersama band infireal band asal malaysia dan watch it fall asal prancis. Metal hammer UK menobatkan burgerkill sebagai 50 band metal terbaik sepanjang masa berdampingan dengan megadeth dan rammstein.

23# deadsquad

Deadsquad adalah band beraliran death metal yang dibentuk pada tahun 2006 di jakarta. Awalnya band ini dibentuk hanya sebagai project band dari beberapa musisi metal indonesia sebut saja stevie item, ricky siahaan, bonny dan andyan gorust. Bersama burgerkill dan beberapa band metal indonesia lainnya deadsquad berhasil menjalani serangkaian tour di eropa.

24# jasad

Jasad adalah band metal asal bandung yang dibentuk pada tahun 1990. Debut internasional jasad diantaranya yaitu tampil di obscene extreme fest dan bloodstock open air di eropa. Selain itu jasad juga pernah tampil di brutal assault festival di ceko dan wacken open air di jerman.

25# beside

Masih di scene musik cadas selanjutnya beside. Band ini sempat bergonta-ganti personel sampai akhirnya anggota solid mereka sekarang adalah agung suryana sebagai vokal, roy nat siregar sebagai gitaris, tri afrizal sebagai bassist, rizki aditya sebagai gitaris dan ahmad rustandi sebagai drummer. Bersama beberapa band metal indonesia yang lain beside pernah tampil di wacken open air di jerman dan berhasil membius 10.000 penonton pada tahun 2017. Selain itu, beside juga pernah menjalani tour di beberapa negara di kawasan asia tenggara diantaranya di negara malaysia, vietnam dan thailand.

26# down for life

Down for life merupakan band yang terbentuk di kota solo jawa tengah pada tahun 1999. Band metalcore yang digawangi oleh stephanus adji sebagai vokal, jojo sebagai bassist, isa mahendra jati sebagai gitaris, rio bhaskara sebagai gitaris dan abdul latif sebagai drummer. Down for life juga menjadi salah satu band metal indonesia yang terbang ke eropa untuk tampil di ajang wacken open air di jerman bersama beberapa band metal indonesia.
Nama musisi Indonesia Yang Mendunia
Musisi indonesia yang dikenal dunia

Penutup

Ternyata banyak juga ya musisi indonesia yang berprestasi dan tampil di ajang atau festival internasional dan juga disukai oleh penikmat musik dari negara lain. Karena hal inilah harusnya kita bangga dan terus mendukung mereka agar bisa terus mengharumkan nama indonesia.

Sekian artikel saya tentang 26 daftar nama musisi indonesia yang mendunia. Jika informasi ini bermanfaat dan kamu menyukainya kamu boleh share di media sosial kamu. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya terima kasih.

Baca juga: 14 Fakta Unik Indonesia Yang Membuatmu Bangga Menjadi Warga Indonesia
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "26 Daftar Nama musisi Indonesia Yang Mendunia, Diam-Diam Go Internasional"

  1. Wah baru tahu ternyata prestasi musisi Indonesia keren keren. Hanya beberapa yang saya kenal mungkin sesuai jamannya. Sandy Sandhoro, Agnes Monica dan anggun C sasmi, lainnya ada yang tahu tetapi kurang begitu kenal. Mungkin kalau denger lagunya bisa tahu atau paling nggak ngeh dikit he..he..he...Salam sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah pak,,kebanyakan memang tidak terkenal di negeri sendiri tapi malah terkenal di negara lain,,,

      Delete