Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mitos Perkutut Bunyi Saat Adzan dan Malam Hari, Pertanda Apakah?

Mitos perkutut bunyi saat azan adalah salah satu mitos yang kini masih dipercayai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang mereka percayai kicauan perkutut yaitu memberitahukan akan adanya suatu kematian ataupun bencana.

Di Indonesia, banyak sekali satwa burung yang memiliki kicauan suara yang merdu, dari yang enak didengar di telinga maupun memberikan kesan mistis. Salah satu burung yang memiliki suara apik dan memberikan suasana mistis ini adalah burung perkutut.

Burung yang mempunyai nama latin Geopelia Striata ini tidak hanya mampu berkicau, tetapi juga memiliki keunikan yang tidak semua burung jenis lain miliki. Keunikan tersebut dinamakan katuranggan. Arti dari katuranggan sendiri ialah menyampaikan suatu bentuk badan. Hal yang membuatnya unik, katuranggan yang hanya dimiliki perkutut ini bisa menunjukkan ciri khas suara perkutut ketika berkicau.
Mitos Perkutut Bunyi Saat Adzan dan Malam Hari
Mitos perkutut bunyi saat adzan dan malam hari

Makna Tersirat dari Mitos Perkutut Bunyi Saat Azan dan di Malam Hari

Burung sebagai mata malaikat

Orang-orang pada zaman dahulu memiliki keyakinan bahwa burung perkutut termasuk satwa yang bisa dikatakan mempunyai keistimewaan. Jenis burung satu ini dipercaya bisa mengubah wujudnya menjadi seperti malaikat, dengan tujuan untuk mengamati bumi dan para manusia. Ada banyak misteri perkutut yang begitu dipercaya di tengah masyarakat, salah satunya adalah misteri perkutut bunyi malam hari.

Selain itu ada juga yang percaya jika burung merupakan prajurit bumi. Jadi, apabila burung berkicau saat sedang azan, itu dipercaya merupakan suatu pesan yang berasal dari alam semesta kepada umat manusia. Isi dari pesan tersebut supaya manusia lebih memperhatikan kondisi alam dan mendekatkan diri pada Tuhan.

Baca juga: 22 Cara Menjinakan Burung Hantu Alba Liar dan Galak Bagi Pemula

Suara burung malam hari pertanda bencana

Selain sering berkicau saat adzan, burung perkutut juga sering terdengar pada malam hari. Kicauan burung pada malam hari ini bisa berupa pertanda buruk maupun baik. Tidak hanya itu, banyak yang menyambungkan kicauan tersebut kepada suatu musibah yang akan datang. Misalnya saja seperti hama, gagal panen, hingga kekeringan. Maka dari itu, tidak sedikit petani yang melaksanakan ritual untuk menghindari hal tersebut.

Di dalam sebuah mitos ada yang menyebutkan apabila perkutut bersuara di malam hari dan didengar oleh orang di sekitarnya, maka orang tersebut akan mendapatkan kesialan. Baik sial dalam jodoh, pekerjaan, ataupun yang lainnya.

Hal yang tidak kalah menarik dari kicauan perkutut di malam hari yaitu bukanlah suatu yang terbilang normal. Namun jika dilihat dari sudut pandang spiritual, hal tersebut merupakan sebuah pesan yang disampaikan untuk orang-orang tertentu.

Mungkin bagi orang yang tidak percaya mitos akan sulit untuk mengartikan pesan tersebut. Di mana isi dari pesannya bisa mengenai banyak hal, seperti tragedi, bencana alam, kematian, dan sebagainya.

Begitulah mitos perkutut bunyi saat azan dan di malam hari. Hampir sama mistisnya sebenarnya dengan mitos perkutut bunyi malam hari. Mau itu pertanda baik ataupun buruk, ada baiknya disarankan untuk tidak terlalu mempercayai mitos tersebut.

Baca juga: Apa Saja Sih Manfaat Memelihara Kucing??? Inilah 10 Manfaat Memelihara Kucing
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

4 comments for "Mitos Perkutut Bunyi Saat Adzan dan Malam Hari, Pertanda Apakah?"

  1. Semoga hanya karena perkututnya ngasih tahu untuk segera sholat atau Perkututnya lagi pengin bunyi di malam hari. Terima kasih sharingnya, salam sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan sih perkututnya juga cuma ingin bunyi aja ya pak,,,perkututkan bebas hehe

      Delete
  2. Aku jujurnya ga percaya . Takutnya malah jatuh ke musyrik kalo percaya gituan :D.

    Pernah denger sih mitos2 yg bilang ini artinya bencana lah, rezekilah, tapi so far ga aku tanggepin :). Ngeri Ama dosanya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas kalau memang harus ada bencana, nggak harus nunggu perkutut bunyi ya kak hehehe

      Delete