Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Macam-macam Alat Keselamatan Kerja dilaboratorium

Kecelakaan saat bekerja memang kerap dialami oleh siapapun dan dimanapun. Apalagi menyangkut pekerjaan yang dikerjakan di dalam laboratorium, yang mana memang memiliki potensi bahaya sangat rawan. Maka dari itu lah, ketersediaan macam-macam alat keselamatan kerja dilaboratorium sangatlah diutamakan.

Kecelakaan sendiri dapat terjadi baik secara sengaja maupun tanpa adanya unsur kesengajaan, oleh sebab itu kehati-hatian dalam bekerja harus senantiasa diperhatikan. Agar terciptanya ruang kerja yang aman dan nyaman, alat keselamatan kerja pun menjadi unsur utama dalam meminimalisir angka kecelakaan saat bekerja.
macam-macam alat keselamatan kerja dilaboratorium
Macam-macam alat keselamatan kerja dilaboratorium

Macam-macam alat keselamatan kerja dilaboratorium


Ketersediaan alat-alat keselamatan kerja dilaboratorium merupakan hal yang harus diutamakan, karena apa? Karena hal ini menyangkut akan keselamatan para pekerjanya. Entah itu berupa kecacatan yang diakibatkan karena percikan bahan kimia, atau radiasi yang tinggi dari alat kimia dan lain-lain

A. Kelengkapan Alat Pelindung Diri

Alat pelindung diri atau sering disingkat APD memang sudah sangat tidak asing lagi, hal ini dikarenakan istilah ini telah sering digunakan. Penggunaan alat pelindung diri haruslah selalu digunakan apalagi saat sedang bekerja, terlebih lagi jika bekerja di ruangan yang rawan akan bahaya. Berikut beberapa kelengkapan alat pelindung diri :

Jas Laboratorium (lab coat)

Jas laboratorium merupakan alat pelindung diri yang wajib sekali untuk digunakan manakala sedang bekerja dilaboratorium. Hal ini dikarenakan fungsi dari jas ini sendiri ialah sebagai pelindung diri. Dari apa? Yaitu dari terkontaminasi secara langsung dengan bahan kimia.

Jas laboratorium pun terbagi ke dalam 2 jenis yaitu : jenis jas laboratorium sekali pakai, yang mana biasanya jas ini hanya digunakan di laboratorium biologi. Sedangkan yang satu lagi ialah jenis jas laboratorium yang berkali-kali pakai, jas ini biasanya sering digunakan di laboratorium kimia.

Kacamata keselamatan

Selain jas, penggunaan kacamata keselamatan juga terbilang penting, fungsi dari menggunakan kacamata keselamatan ialah untuk melindungi mata dari terjadinya kontak langsung dengan radiasi UV atau zat-zat kimia yang dapat membahayakan mata.

Hal ini juga digunakan sebagai penghambat akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap mata. Kacamata pelindung terbagi menjadi dua, yaitu : clear safety glasses sebagai pelindung mata dari percikan larutan kimia atau debu, dan clear safety goggles sebagai pelindung dari percikan bahan kimia.

Pelindung muka (face shield)

Memiliki fungsi sebagai pelindung wajah khususnya dari material-material yang mengandung suhu tinggi atau panas. Coba bayangkan, bagaimana jadinya jika wajah kita tidak dilindungi?, al-hasil wajah kita akan terbakar. Terlebih lagi bahan kimia sangatlah tidak cocok untuk kulit manusia. Penggunaan alat ini biasanya ketika hendak mengambil alat atau bahan kimia yang tengah dipanaskan dalam suhu yang amat tinggi.

Masker gas

Dalam sewaktu-waktu bahan kimia mampu mengeluarkan gas yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, nah oleh karena itulah penggunaan masker juga amat diperlukan dengan tujuan agar gas yang dikeluarkan oleh bahan kimia tersebut tidak terhirup oleh hidung.

Tapi perlu diketahui bahwa tidak setiap bahan kimia bisa menghasilkan gas beracun atau berbahaya, beberapa diantara bahan kimia yang bisa menghasilkan gas berbahaya adalah asam klorida, asam sulfat, dan asam sulfida. Sehingga , disini penggunaan masker gas amatlah diperlukan.

Pelindung telinga

Apa sih fungsi dari melindungi telinga saat bekerja dilaboratorium?, macam-macam alat keselamatan kerja dilaboratorium yang selanjutnya berfungsi untuk melindungi telinga dari suara bising yang akan dikeluarkan oleh alat-alat tertentu.

Kenapa dinyatakan alat-alat tertentu? Ya karena tidak semua alat kimia mengeluarkan bising. Agar telinga tidak terpapar oleh kebisingan itu, maka adanya alat pelindung resiko yang akan didapatkan pun akan jauh lebih sedikit. Dibandingkan dengan tanpa adanya pelindung.

Sarung tangan (glove)

Agar tangan dapat tetap terlindungi, maka penggunaan sarung tangan yang tepat harus senantiasa diperhatikan. Karena tanpa penggunaan sarung tangan, cairan yang berceceran otomatis akan langsung mengenai kulit, kulit yang terkontaminasi zat kimia akan mengalami iritasi dan mengelupas.

Jelas sangat berbahaya bukan?, jadi setiap alat yang direkomendasikan untuk digunakan tidak lain adalah untuk menjaga tubuh dari segala bentuk bahaya yang sama sekali tidak pernah diinginkan. Kaus tangan yang digunakan juga ada yang terbuat dari bahan alam, nitril, dan neoprema.

Sepatu keselamatan

Yang terakhir adalah penggunaan sepatu keselamatan, yang dimaksud sepatu disini bukanlah sepatu biasa, melainkan sepatu yang dikhususkan untuk digunakan di laboratorium. Umumnya sepatu yang digunakan ialah sepatu yang tahan akan panas dan benturan-benturan benda tertentu.

Dengan begitu bagian kaki pun akan dapat terlindungi, tak hanya bagian tubuh yang atas saja, tapi tubuh bagian bawah juga harus selalu dilindungi. Karena sedikit kesalahan saja bisa berakibat fatal. Penting untuk mengetahui semua ini agar terciptanya kehati-hatian dalam bekerja.

B. Kelengkapan Alat Keselamatan Laboratorium

Tidak hanya diri pribadi, dalam sebuah laboratorium juga dibutuhkan alat keselamatan yang difungsikan disaat kondisi darurat atau mendesak. Karena ada banyak sekali hal yang dimemungkinkan akan terjadi entah itu pada diri sendiri atau pada tempat yang sedang ditempati.

Pembasuh mata

Kondisi darurat seperti apa yang memungkinkan? Yaitu manakala mata terkena bahan kimia, disitulah kita bisa menggunakan pembasuh mata atau eyes wash sebagai solusi yang tepat. Agar tidak lebih memperparah, pastikan bahwa tanganmu dalam keadaan steril.

Fire blanket

Fire blanket atau disebut juga dengan selimut api, dapat digunakan manakala cairan kimia yang tumpah berubah menjadi api. Hal ini ditujukan agar api tidak menyebar luas kemana-mana Dan pastikan bahwa anda sedang menggunakan sarung tangan ketika hendak menggunakan atau membersihkan alat ini.

Spill neutralizers

Apabila terdapat cairan yang tumpah ke dasar lantai, maka cara untuk menetralkannya bisa menggunakan spill neutralizers. Karena apa?, hal ini dikarenakan terdapat asam basa didalamnya. Untuk itu pentingnya spill neutralizers wajib berada di ruangan lab.

Alat Pemadam Api

Di dalam laboratorium sangatlah rawan akan terjadinya ledakan ataupun kebakaran, hal ini dikarenakan ragam jenis bahan kimia yang terangkum didalamnya. Alat ini digunakan sebagai pemadam api ringan.

First aid kits F

First aid kits atau yang artinya kotak obat untuk pertolongan pertama, sangat tepat manakala terjadi kecelakaan ringan, contoh halnya seperti luka akibat goresan benda tajam. Peletakan kotak First aid kits sebaiknya ditempat yang mudah terjangkau dan juga tidak terlalu tinggi.

Pintu keluar darurat

Pintu ini peruntukan apabila terjadi kebakaran, gempa bumi maupun kebakaran. Biasanya pintu keluar darurat dimiliki oleh bangunan bertingkat. Akan tetapi, pintu darurat ini juga mesti berada ditempat ruangan yang memiliki potensi kebakaran seperti lab.

Safety shower

Manfaat dari safety shower ini adalah jika badan terkena cairan kimia yang relatif banyak maka gunakan alat ini agar tidak terjadinya cedera yang berkelanjutan. Dan meskipun menggunakan safety shower, sebaiknya pergi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Nah itulah beberapa penjelasan singkat dari macam-macam alat keselamatan kerja dilaboratorium, dengan ini akan mampu menambahkan pengetahuan serta kehati-an dalam bekerja diruangan. Kunjungi situs Blog Kimia apabila ingin mengenal lebih jauh mengenai laboratorium.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "Macam-macam Alat Keselamatan Kerja dilaboratorium"