Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Air Terjun Proklamator, Destinasi Wisata Terbaru di Sumatera Barat

Tidak bisa di pungkiri wisata alam menjadi destinasi favorit untuk melepas penat dari aktivitas harian. Salah satu tujuan yang menjadi favorit warga kita adalah air terjun.

Dimana air terjun yang khas dengan aroma sejuk pegunungan memberikan kesan healing bagi fisik maupun psikis. Jika anda warga sumatera barat, Air terjun Proklamator yang berada di Kabupaten Tanah Datar ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi karena keasrian dan kesejukannya yang masih sangat natural.
Air Terjun Proklamator
Air terjun proklamator

Air Terjun Proklamator, Destinasi Wisata Terbaru di Sumatera Barat

Air terjun ini Di berikan nama Proklamator karena ditemukan oleh kelompok Pecinta alam yang bernama PROKLAMATOR dari Universitas Bung Hatta ketika melakukan pembukaan jalur pendakian pada tahun 2020 yang lalu. Dari ketika artikel ini ditulis Air terjun tersebut masih tergolong wisata alam yang baru di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Melihat bahwa Air Terjun Proklamator merupakan jalur pendakian ke gunung Tandikat, Jika anda memiliki hobi mendaki anda dapat sekaligus mendaki gunung dan menikmati air terjun ini. Selain itu mengingat kondisinya yang berada di dataran yang tinggi, ketika mengunjungi Air terjun ini kami rekomendasikan untuk menggunakan baju yang tebal dan tahan terhadap dingin.

Selain Air terjun Proklamator anda juga dapat menikmati air terjun Lembah Anai yang letaknya sangat berdekatan, Bahkan air terjun Proklamator dan Air terjun Lembah Anoi masih tergabung dalam satu aliran air yang sama.

Sebelum mengunjungi destinasi wisata alam yang masih tergolong baru ini, lebih baik simak penjelasan mengenai tempat ini sehingga anda dapat mempersiapkan diri dengan baik.
Air Terjun Proklamator
Source: instagram/sumbartravel

Lokasi Dan Rute

Lokasi air terjun Proklamator beralamat di Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27282, Rute kesana masih belum sepenuhnya baik karena anda diharuskan jalan kaki kurang lebih 30 Menit dari tempat parkir.

Jalan menuju Air Terjun Proklamator dapat ditempuh dengan menuju ke Rumah makan Mangguang yang berada di alamat yang sama dan menitipkan kendaraan di parkiran rumah makan tersebut kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Kawasan air terjun.
Air Terjun Proklamator
Source: instagram/sumbar_rancak

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk air terjun Proklamator adalah Rp 10.000 serta juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Biaya-biaya tersebut digunakan untuk pembangunan fasilitas sehingga air terjun Proklamator semakin mudah diakses dan nyaman di kunjungi.

Sebagai informasi tambahan Air terjun Proklamator belum memiliki fasilitas yang mumpuni ketika artikel ini ditulis. Seperti kamar mandi, warung, Tempat ibadah, maupun Kamar Pas untuk berganti baju bagi yang berenang. Jadi ketika mengunjungi tempat ini diharap mengkondisikan situasi sebaik yang anda butuhkan ya.
Air Terjun Proklamator
Source: instagram/tamiya05

Daya tarik Air terjun Proklamator

Wisata tanpa campur tangan manusia, Wisata yang masih murni ciptaan Yang Maha Kuasa memang menjadi spot favorit bagi banyak orang, termasuk juga Air terjun Proklamator ini.

Air terjun Proklamator memberikan nuansa yang masih sangat alami. airnya yang sangat jernih, komposisi batuan yang membuat air terjun menjadi lebih indah, sekaligus suasana sejuk ala pegunungan yang masih sangat terjaga menjadikan air terjun ini sangat direkomendasikan.

Bahkan sebelum anda sampai di air terjun, anda akan disuguhkan dengan pepohonan rindang yang mengiringi perjalanan anda menuju spot utama tempat ini, yaitu air terjun proklamator.

Ditambah lagi tidak hanya menikmati air terjun dengan melihatnya saja, anda dapat berenang di kolam yang berada di bawah air terjun ini, Dengan gambaran setelah anda lelah berjalan anda dapat menyegarkan tubuh dengan berenang di kolam air terjun tersebut.

Guest post dari: situs wisata

Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "Air Terjun Proklamator, Destinasi Wisata Terbaru di Sumatera Barat"

  1. terus terang aku mengagumi alam sumbar. waktu jalan2 ke sana hanya tuga ahri dua malam, hanay sedikit yang bisa dikunjungi

    ReplyDelete