Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa yang terjadi dalam tubuhmu seandainya kamu tidak berolahraga sama sekali?

Berolahraga adalah aktivitas fisik yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Karena banyaknya manfaat yang bisa kita dapat, berolahraga sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin.

Tapi walaupun banyak sekali manfaat dari berolahraga yang kita dapat, faktanya banyak orang yang enggan untuk melakukannya. Entah itu karena tidak sempat karena aktivitas pekerjaan yang padat atau bisa juga karena kita memang malas untuk melakukannya. Tapi tahukah kamu apa akibatnya kalau kita tidak pernah berolahraga sama sekali? Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Apa yang terjadi dalam tubuhmu seandainya kamu tidak berolahraga sama sekali?

Akibat tidak berolahraga sama sekali
Akibat tidak berolahraga sama sekali

1# kulit kusam

olahraga melancarkan peredaran darah dengan sirkulasi darah yang baik, sel-sel kulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan jadi kalau tidak mendapatkan apa yang dibutuhkan alias kamu tidak berlatih untuk melancarkan peredaran darah Kamu mungkin akan menemukan lebih banyak jerawat, kulit kusam, dan kerutan di wajah.

2# gatal-gatal

kalau kamu tidak menggerakkan badan sistem tubuh tubuhmu akan terbiasa pada gaya hidup dengan aktivitas rendah, jadi berjalan kaki atau bersepeda keliling kota merupakan perubahan gerakan yang tiba-tiba, ini akan menjadikan sirkulasi muka pada darah akan bergegas mengalir ke otot dan kulit kulitmu.

3# energi rendah

jangan harap akan merasa segar atau bersemangat kalau kamu menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk, itu semua berkaitan dengan pemompaan darah di pembuluh darah mu.

4# tentang mental

bila tidak mendapatkan banyak oksigen karena sirkulasi darah yang tidak akan bekerja optimal, tanpa latihan olahraga fisik teratur, mungkin kamu mendapati kesulitan berkonsentrasi pada pekerjaan.

5# pusing

tekanan darah bisa tak menentu bila kamu tidak terbiasa berolahraga teratur, jadi misalkan tekanan darah sedang berada di batas terendah dan kamu membungkuk untuk mengambil sesuatu yang jatuh terus kamu kembali berdiri tegak dan rasa pusing tiba-tiba muncul, bila tekanan darah terlalu tinggi Kamu akan sering mengalami sakit kepala, debar jantung tak terkendali dan bahkan masalah pandangan.

6# sakit lebih lama

Sistem imun yang lemah akan membuatmu rentan terhadap hal yang lebih mengerikan daripada demam atau flu kamu butuh sistem pertahanan tubuh yang bagus guna melindungi diri dari kuman dan infeksi di dunia luar.

7# otot lemah

kalau tidak digerakkan otot mu tidak akan menguat. Tanpa olahraga Kamu mungkin kesulitan hanya untuk berangkat dari rumah bahkan Berdiri dalam waktu lama akan membuatmu lelah.

8# cedera

membangun kekuatan otot berarti memperbaiki keseimbangan dan mempertajam kejernihan mental. Kamu mengambil kantong-kantong belanja dan akhirnya punggungmu terasa nyeri karena otot-otot mu terlalu tegang atau mungkin kamu tidak kuat mengangkat beban itu.

9# masalah pencernaan

jika ususmu kekurangan oksigen membebaninya dengan terlalu banyak makanan sampah dan seterusnya jangan harap ia bekerja dengan baik dan karena tubuhmu diam metabolisme mu juga melakukan hal yang sama lalu terjadilah masalah-masalah pencernaan, seperti asam lambung kembung.

10# masalah tulang

olahraga juga memperkuat tulangmu ,angkat beban dan kegiatan berdampak tinggi seperti berlari memberikan tekanan pada tulang mu, tubuhmu bereaksi dengan meluruskan tulang-tulang itu, tanpa olahraga kepadatan tulang-tulang menjadi berkurang sehingga lebih rapuh itu berarti risiko patah tulang dan tulang keropos lebih tinggi, tulang keropos sangatlah berbahaya karena kamu tidak benar-benar melihat gejalanya hingga keadaannya sudah terlambat.

11# masalah kesehatan mental

otakmu berisi hormon-hormon bahagia kegiatan fisik olahraga di antara meningkatkan produksi hormon bahagia.

12# kenaikan berat badan

tingkat energi rendah berarti metabolisme melambat, kamu ingin memakan semua makanan sampah dan tidak membakar kalori berlebih dalam bentuk kegiatan fisik, maka menempel terus lemak, menumpuk dan tidak heran kenaikan berat badan mengikuti.

Kesimpulan

Bagaimana? Masih malas untuk berolahraga? Buat kamu yang super sibuk karena aktivitas pekerjaan cobalah untuk meluangkan waktu paling tidak 3 jam dalam seminggu. Masa sih dalam seminggu kita tidak punya waktu selama 3 jam?

Dan buat kamu yang masih bermalas-malasan untuk berolahraga cobalah untuk paksa dirimu. Jangan dulu melakukan aktivitas yang berat cobalah untuk melakukan aktivitas yang ringan atau yang kamu sukai.

Guest post dari: https://www.calonpembaca.my.id/
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

6 comments for "Apa yang terjadi dalam tubuhmu seandainya kamu tidak berolahraga sama sekali?"

  1. Siap, akan berusaha olah raga rutin. Semoga senantiasa sehat dan salam sehat

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah saya rutin olahy setiap hari, hanya libur satu kali dalam satu pekan, rasanya memang sangat segar, apalagi kerjaku hanya duduk didepan komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus sering sering itu mas olahraganya...kerja duduk didepan komputer pasti jarang gerak kan

      Delete
  3. Aku yang gk pernah olahraga, nyimakšŸ¤£

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan nyimak melulu...
      Mari berolahraga bersamaku..hhi

      Delete