Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Begini 5 Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Sudah bukan menjadi hal yang umum jika komputer yang sedang anda gunakan tiba - tiba restart. Mungkin bagi sebagian orang, kasus seperti pasti pernah dialami. Namun, apakah anda mengetahui penyebab komputer bisa restart sendiri ?

Ataukah saat ini anda sedang mengalami masalah tersebut ? Tenang, saya akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah komputer restart sendiri. Permasalahan seperti ini bisa terjadi karena dua hal yakni hadrware atau softawarenya.

Agar komputer anda bisa pulih kembali dan terhindar dari yang namanya komputer merestart sendiri, saya akan membantu anda mengatasi permasalahan tersebut pada artikel kali ini. Ini adalah cara mengatasi komputer restart sendiri yang bisa anda ikuti dengan mudah.

Memang, komputer yang suka merestart sendiri itu cukup merepotkan, apalagi jika anda sedang mengerjakan hal - hal yang penting. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa cara ini bisa anda ikuti dengan mudah. Silahkan cek selengkapnya mengenai cara mengatasi komputer restart sendiri di bawah ini.
Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri
Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri

5 Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Silahkan Cek Processornya

Processor menjadi salah satu penyebab komputer sering restart sendiri. Jika processor dipaksa melakukan pekerjaan berat terus - menerus, maka processor akan overheat. Alhasil, jika processor sudah mengalami overheat, komputer yang anda gunakan bisa merestart sendiri.

Untuk mengatasi processor overheat, anda cukup melakukan beberapa hal ini :
  • Selalu jaga kebersihan Casing CPU dan pendingin processor
  • Gunakan thermal paste untuk merekatkan bagian pendingin dan processor
  • Usahakan gunakan komputer di ruangan yang cukup dingin

Harddisk Mengalami Kerusakan

Jika hardisk komputer anda sudah rusak atau bad sector biasanya komputer menjadi lemot, bluescreen bahkan sering merestart sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, anda menggunakan program checkdsk, me-defrag hardisk agar tertata dan selalu mematikan komputer dengan cara di shutdown. Jangan mematikan komputer langsung dari CPU nya. Jika hardisk anda sudah rusak total atau tak kunjung pulih, sebaiknya ganti dengan yang baru. Saya sarankan gunakan SSD agar kinejar komputer anda semakin cepat.

Power Supply Kekurangan Daya

Kurangnya pasukan daya listrik pada power supply juga bisa menyebabkan komputer restart sendiri. Pasalnya, jika kipas agin yang ada pada power supply mati, otomatis bisa menyebabkan overheat pada power supply itu sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda gunakan UPS sebagai penstabil tegangan listrik juga bisa digunakan sebagai backup listrik jika tiba - tiba mati.

Software atau Driver Tidak Kompatibel

Ketika anda ingin menginstall driver, pastikan harus sesuai dengan hardware dan sistem operasinya. Karena, jika driver yang anda install tidak sesuai dengan sistem operasi atau drivernya bisa menyebabkan komputer merestart sendiri.

Selain driver, menginstall software yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer anda bisa menyebabkan komputer merestart sendiri. Jangan paksakan menginstall software yang membutuhkan spesifikasi tinggi di komputer yang spesifikasinya pas - pasan. Sebaiknya anda upgrade terlebih dahulu spesifikasi komputernya agar softwarenya bisa dijalankan dengan lancar dan nyaman.

RAM Mengalami Kerusakan

Terakhir, penyebab komputer sering merestart sendiri bisa disebabkan karena RAM nya mengalami kerusakan. Meski anda sudah masuk ke safe mode sekalipun, namun komputer tetap tidak bisa melakukan booting. Coba ganti salah satu atau kedua RAM yang terpasang dengan yang baru, mungkin itu yang menjadi inti permasalahannya.

Selalu jaga kebersihkan motherboard secara berkala, jangan lupa bersihkan juga komponen - komponen yang ada pada motherboard.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi komputer restart sendiri yang bisa anda ketahui. Sebenarnya masih anda beberapa penyebab lain komputer bisa merestart sendiri, namun beberapa penyebab diatas memang kadang dialami oleh orang – orang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Sumber : https://www.infokuy.net/
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

2 comments for "Begini 5 Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri"

  1. haa, barusan aku mengalami ini. tadi sore. sepertinya kepanasan, sering buat zoom soalnya. Saya buka tadi balsem diprocessornya habis sama kotor pendinginnya. saya pasang lagi ehhhh layarnya gak nyala. jadi ke tukang service deh

    ReplyDelete