Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kreativitas Tanpa Batas? Kamu Setuju Atau Tidak?

Setiap manusia pada umum mereka dianugerahi daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan. Kemampuan menciptakan inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lain yang hidup di bumi.

Istilah lain dari daya cipta yaitu kreativitas. Dengan kreativitas inilah manusia bisa bertahan hidup, menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat untuk kehidupan. Hampir setiap hari kita melihat dan kita menggunakan benda-benda hasil dari kreativitas manusia.

Kreativitas juga sangat melekat dengan hal-hal yang berbau seni. Dengan kreativitas, manusia bisa menciptakan karya seni yang bisa kita nikmati keindahan dan keunikannya. Tapi pernahkah kamu mendengar istilah kreativitas tanpa batas? Kira-kira kamu setuju tidak dengan istilah ini? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Kreativitas Tanpa Batas? Kamu Setuju Atau Tidak?

Kreativitas tanpa batas
Kreativitas tanpa batas

Pada dasarnya setiap manusia mempunyai hak dan kebebasan untuk menciptakan, berkarya dan berkreasi dalam hal apapun termasuk dalam hal seni.

Kita bebas menciptakan apa saja dan merealisasikan apa yang ada dalam gagasan kita. Ya, apapun itu. Terlepas dari apa yang kita ciptakan itu bermanfaat atau tidak itu adalah urusan lain.

Kita juga bebas berkreasi dan berkarya membuat karya seni. Misalnya kamu ingin melukis sesuatu, kamu bebas melukis apapun dengan media apapun. Atau kamu ingin membuat seni musik, kamu bebas membuat musik apa, dengan lirik seperti apa, dengan alat musik apa dan sebagainya. Terlepas karya seni yang kamu ciptakan itu disukai orang atau tidak itu juga urusan lain.

Bahkan blog juga sebenarnya adalah sebuah kreasi dan karya hasil dari kreativitas manusia juga. Seorang blogger bebas membuat template untuk blognya seperti apa dan bebas menulis bertema apa saja. Terlepas dari blogmu ada pengunjung atau tidak itu juga urusan lain.

Pada intinya sesuatu yang kamu buat atau kamu ciptakan berdasarkan gagasan dan ide dari pikiranmu itulah yang disebut seni, itulah kreativitas. Dan pada dasarnya setiap sesuatu yang kita buat entah itu benda, lukisan, musik, artikel dan lain sebagainya kita menginginkan hasil karya kita diapresiasi dan bermanfaat untuk semua orang. Betul tidak? Tentu saja donk hehe.

"Lalu bagaimana dengan istilah kreativitas tanpa batas?"

Kalau melihat sedikit ulasan diatas bahwasannya setiap manusia itu bebas berkreasi, berkarya dan menciptakan sesuatu apakah benar kalau kreativitas itu memang benar tanpa batas?

Dalam hal ini saya beropini bahwasanya kreativitas tetap memiliki batas. Kita memang bebas menciptakan, berkreasi dan berkarya tapi ya tidak sebebas itu juga. Ada suatu hal yang tidak boleh kita langgar dan tidak boleh kita lewati. Perlu diingat, tidak ada yang absolut di dunia ini.

"Kalau masih memiliki batas, berarti itu belum bisa disebut bebas donk"

Hmmm, ok ibaratnya begini, kamu memiliki sebuah pesawat. Dengan pesawat itu kamu bebas terbang kesana kemari, kemana saja dan setinggi apapun asal jangan sampai melewati atmosfer dan keluar dari bumi itulah batas terbangmu dan jangan sampai kamu melewati batas itu. Tapi karena menurutmu bebas itu tanpa batas akhirnya kamu nekat terbang ke atas tanpa mengindahkan batasan yang telah ditetapkan.

Akhirnya yang terjadi adalah pada ketinggian tertentu pasokan oksigen semakin berkurang dan semakin kamu naik lagi pasokan oksigen semakin sedikit bahkan habis. Hal ini menyebabkan kamu susah bernapas bahkan sesak dan berakibat pingsan dan tak sadarkan diri.

Walaupun kamu masih kuat bernapas dan terus naik untuk melewati atmosfer, pesawatmu akan terkikis, terbakar dan hancur akibat dari gesekan atmosfer bumi begitulah kira-kira kalau diibaratkan. Pada dasarnya tindakan yang melewati batas hanya akan mencelakakan diri kita sendiri.

"Lalu apa sajakah batasan dalam kreativitas?"

Sebenarnya batasan itu sangat sedikit bahkan tipis. Tapi apabila kita sampai melewatinya efeknya akan sangat besar bisa menimbulkan perselisihan bahkan yang paling parah bisa menimbulkan peperangan.

Dalam berkarya kita tidak boleh sampai merugikan orang lain dan menyinggung perasaan orang lain. Ada juga hal yang sangat sensitif seperti SARA atau singkatan dari suku, agama, ras dan antar golongan. Jangan sampai kita berkarya dan menyinggung hal-hal ini dengan mengatasnamakan kebebasan dalam berkarya atau istilah lainnya kreativitas tanpa batas.

Tentunya kita masih ingat dengan insiden penerbitan karikatur nabi muhammad di salah satu media cetak di negara prancis. Karena kejadian itu situasi di prancis bahkan dunia memanas bahkan sampai terjadi pembunuhan. Protes dan kecaman mengalir dari berbagai negara dan berbagai kalangan. Bahkan banyak negara yang menyerukan boikot semua produk prancis karena dianggap menghina nabi muhammad dan membuat umat islam geram.

Atau yang baru-baru ini terjadi ada beberapa orang yang memparodikan lagu kebangsaan negara kita indonesia raya. Dalam video itu lirik lagu indonesia raya diganti total dengan kata-kata yang provokatif dan hinaan. Setelah ditelusuri ternyata pembuat dan pengupload video itu adalah warga negara indonesia. Hanya saja salah satunya sedang berada di wilayah malaysia. Karena ulah kedua orang ini hubungan indonesia dan malaysia sempat memanas. Tapi keduanya telah tertangkap dan menjadi tersangka dan mereka harus menanggung akibatnya karena telah berbuat melewati batas.

Dari kedua kasus di atas apa kesimpulan yang bisa kita ambil? Kesimpulannya para tersangka mereka sama-sama berkreasi dan menyalurkan kreativitas. Yang satu berkarya dengan membuat gambar karikatur dan yang satunya lagi mereka berkarya dengan membuat lagu parodi. Tapi karya mereka sama-sama kelewat batas dan berlebihan. Sehingga bisa memicu perselisihan dan memanasnya hubungan antar negara. Waw sangat mengerikan ya efek yang ditimbulkan.

Kesimpulan dan penutup

Memang betul, kita bebas menyalurkan kreativitas dengan cara membuat kreasi atau karya seni dalam bentuk apapun itu dan bertema apapun itu. Tapi bebas disini haruslah bebas yang bertanggung jawab, bebas yang tanpa melewati batas. Kita bebas membuat dan menciptakan apa saja asal apa yang kita ciptakan jangan sampai merugikan orang lain, jangan sampai menyinggung perasaan orang lain dan yang terpenting jangan sampai apa yang kita ciptakan mengandung unsur SARA yang bisa memicu perselisihan, keributan bahkan peperangan karena hal ini memang sangat sensitif.

Jadi bagaimana? Istilah kreativitas tanpa batas ini kamu setuju atau tidak? Kalau saya sih tidak. Yuk tinggalkan pendapatmu tentang artikel ini di kolom komentar. Tetap salurkan kreativitasmu dengan apa yang kamu sukai, tetap berkreasi dan berkarya secara bebas tapi ingat,,tetap bertanggung jawab dan jangan kelewat batas.

4 comments for "Kreativitas Tanpa Batas? Kamu Setuju Atau Tidak?"

  1. setuju banget, manusia itu makhluk yang tak pernah puas, wajar jika menyebut kreatifitas tanpa batas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas,,,padahal batas itu berguna untuk manusia itu sendiri

      Delete
  2. Aku lebih percaya , segala sesuatu itu ada batasnya. Ga ada yg bisa bebas sebebas2nya, selain yg Maha Pencipta. Jd kalo kita ga punya andil dalam menciptakan diri sendiri, berarti apapun yg dilakukan, ada batasnya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul juga sih segala sesuatu memang pasti ada batasnya. Kalau tidak ada batasan, bisa-bisa manusia banyak melakukan tindak kejahatan yang mengatasnamakan kebebasan.

      Delete