Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Penyakit Menular Seksual yang Berbahaya dan Harus Kita Waspadai

Penyakit menular seksual kebanyakan menyebar melalui hubungan intim. Saya sendiri beropini kalau penyakit menular seksual adalah penyakit karma yang disebabkan karena perilaku kita yang buruk. Orang yang sering melakukan sex bebas, sex diluar nikah dan sering bergonta-ganti pasangan sangat rentan terserang penyakit menular seksual. Dalam agama, perilaku seperti ini juga dilarang keras dan berdosa besar.

Dalam artikel ini membahas berbagai macam penyakit menular seksual yang harus kita waspadai. Hal ini tentu saja sangat penting untuk diketahui dan juga sebagai edukasi betapa bahayanya sex bebas. Selain dosa besar juga berbahaya untuk kesehatan tubuh kita.

9 Penyakit Menular Seksual yang Berbahaya dan Harus Kita Waspadai

Penyakit menular seksual
Penyakit menular seksual

1# sifilis

Sipilis atau rajasinga adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Gejalanya berupa luka pada kelamin yang seringkali tidak terasa sakit dan bahkan tidak terlihat. Apabila dibiarkan penyakit ini bisa menyerang otak dan jantung. Selain itu apabila ibu hamil terinfeksi penyakit sifilis, bisa berakibat buruk pada janin yang dikandungnya. Sifilis menyebar melalui hubungan seksual dengan penderita sifilis. Disinilah pentingnya sex education betapa bahayanya sex bebas.

2# HIV

Menurut saya penyakit HIV adalah penyakit kutukan. Karena penyebarannya kebanyakan terjadi karena hubungan seksual. Selain melalui hubungan seksual, HIV juga bisa menyebar melalui jarum suntik atau jarum tatto. Yang lebih menakutkannya lagi, penyakit ini sampai sekarang belum bisa disembuhkan karena belum ditemukan obatnya. Apabila tidak segera ditangani penyakit ini bisa berkembang dan menjadi kondisi yang lebih berbahaya dan biasa disebut AIDS. Pada tahap AIDS kemampuan manusia untuk untuk melawan infeksi sudah hilang.

3# gonore

Penyakit gonore adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini bisa menyerang pria maupun wanita. Penyakit ini biasanya mudah sekali menyerang kepada orang yang suka bergonta-ganti pasangan atau sex bebas. Penyakit gonore pada pria sering ditandai dengan keluarnya nanah dari penis dan rasa sakit saat buang air kecil. Sedangkan pada wanita, gonore seringkali tidak terlihat gejalanya. Cara paling ampuh pencegahan penyakit ini yaitu tidak melakukan sex bebas dan bergonta-ganti pasangan.

4# HPV

HPV singkatan dari Human papillomavirus. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menginfeksi permukaan kulit manusia. Biasanya ditandai dengan tumbuh kutil pada kulit di area tertentu seperti pada bagian lengan, mulut, kaki dan alat kelamin. Penyebaran virus ini bisa melalui kontak langsung dengan kulit penderita atau hubungan seksual dengan penderita. Infeksi penyakit HPV memang tanpa gejala, tapi apabila diabaikan infeksi ini bisa menyebabkan kanker serviks.

5# chalimydia

Infeksi chlamydia mirip seperti infeksi HPV yaitu tanpa gejala. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan bisa menyerang pria maupun wanita. Pada wanita, apabila infeksi ini dibiarkan bisa menyebabkan kemandulan. Pada pria infeksi penyakit ini bisa menyerang saluran penia bagian dalam. Sedangkan pada wanita menyerang organ bagian pinggul. Tapi biarpun begitu infeksi penyakit ini bisa menyerang organ manusia yang lain seperti dubur, tenggorokan dan mata. Penularannya seringkali terjadi akibat dari hubungan seksual.

6# hepatitis B dan hepatitis C

Pada dasarnya penyakit hepatitis semuanya disebabkan oleh infeksi virus. Tapi dari cara penularannya hepatitis dibedakan menjadi 5 jenis yaitu hepatitis A, B, C, D, E. Berbeda dari jenis hepatitis lainnya, hepatitis B dan C bisa menular melalui cairan tubuh manusia seperti darah, cairan vagina dan air mani. dan juga melalui hubungan seksual. Bahkan hepatitis C juga bisa menular pada bayi saat dilahirkan karena pasti kontak langsung dengan jalan lahir saat persalinan.

7# Tinea cruris

Tinea cruris adalah penyakit gatal-gatal yang sering terjadi di area selangkangan dan bisa menyerang pria maupun wanita. Gatal-gatal disebabkan oleh infeksi bakteri jamur. Apabila sudah parah, infeksinya akan menyebar sampai ke paha, dubur dan perut. Penyebab dari infeksi ini bisa karena area selangkangan yang lembab dan selalu basah. Tapi yang pasti infeksi jamur ini diakibatkan dari pola hidup yang jorok dan tidak bersih. Penularan penyakit ini bisa melalui hubungan seksual, dan kontak dengan pakaian penderita terutama pakaian dalam.

8# Candidiasis

Candidiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit ini bisa menyerang pria maupun wanita. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah juga sangat rentan terserang penyakit ini. Selain menyerang organ vital manusia, infeksi penyakit ini juga bisa menyerang bagian kulit dan mulut. Apabila dibiarkan tanpa ada penanganan, penyakit ini bisa menjadi penyebab penyakit lain seperti diabetes, HIV/AIDS dan kanker. Penyakit ini apabila menyerang organ vital manusia terutama wanita gejalanya antara lain yaitu gatal yang luar biasa di area vagina.

9# Herpes genital

Herpes genital atau herpes kelamin adalah penyakit menular seksual yang bisa saja terjadi pada pria maupun wanita. Penyakit ini bisa menyebabkan luka seperti luka bakar pada area kelamin manusia. Luka itu biasa terasa gatal dan sakit. tapi ada juga infeksi penyakit ini yang tanpa gejala sehingga banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi penyakit ini. Penularan penyakit ini kebanyakan melalui hubungan sex yang tidak aman seperti sex bebas misalnya.

Penutup

Penyakit menular seksual memang kebanyakan penyebarannya melalui hubungan intim karena itulah sangat penting adanya sex education dan pengetahuan akan bahayanya sek bebas. Tapi selain itu, penyakit menular seksual juga bisa diakibatkan oleh gaya hidup yang jorok dan tidak bersih. Disinilah pentingnya menjaga kesehatan dan juga kebersihan terutama kebersihan badan dan juga pakaian yang kita pakai. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a comment for "9 Penyakit Menular Seksual yang Berbahaya dan Harus Kita Waspadai"