Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Fakta Vaksin Sinochem, Vaksin Corona yang Diproduksi Perusahaan Sinovac Tiongkok

Kurang lebih 1 tahun pandemi covid19 melanda dunia. Dampaknya sangat terasa dari berbagai aspek di setiap negara termasuk indonesia. Banyak negara yang berlomba-lomba untuk menemukan vaksin corona agar pandemi ini segera berakhir termasuk indonesia.

Salah satu vaksin yang pengembangannya sudah mencapai tahap final adalah vaksin sinochem. Vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan asal tiongkok yaitu sinovac biotech ltd ini sudah mendarat di bandara soekarno hatta indonesia. Lalu bagaimana kelanjutannya? Yuk simak fakta vaksin sinochem dibawah ini.

7 Fakta Vaksin Sinochem, Vaksin Corona yang Diproduksi Perusahaan Sinovac Tiongkok

Fakta vaksin sinochem
Fakta vaksin sinochem

1# harga

Vaksin ini nantinya akan diproduksi oleh perusahaan bio farma. Sampai sekarang sebenarnya belum ada kejelasan soal harga. Tapi menurut sekretaris perusahaan bio farma harga vaksin akan berkisar antara Rp 73.250 sampai Rp 146.500. Tapi perlu diingat lagi harga yang tertera ini bukanlah harga resmi karena pemerintah juga belum mengeluarkan pernyataan yang resmi terkait harga dari vaksin sinochem ini.

2# relawan vaksin akan mendapatkan asuransi

Segala bentuk penelitian vaksin pasti sangat terbantu dengan adanya relawan. Dengan adanya relawan penelitian vaksin covid19 ini bisa terus berjalan dan akan terus berkembang. Selain rapid test dan swab test relawan juga akan mendapatkan asuransi kesehatan secara gratis. Kesehatan relawan akan terus dipantau oleh petugas penelitian secara berkala saat pemberian vaksin untuk yang terakhir kalinya.

3# sertifikasi halal MUI

Vaksin yang rencananya akan didistribusikan pada tahun 2021 ini juga menggunakan bahan baku yang halal. Dan rencananya pihak bio farma selaku produsen vaksin ini juga akan melakukan sertifikasi halal guna meyakinkan masyarakat kalau vaksin ini aman untuk digunakan.

4# kang emil jadi relawan vaksin covid19

Siapa yang tidak kenal dengan kang emil atau bapak ridwan kamil. Mantan walikota bandung yang sekarang menjabat sebagai gubernur jawa barat ini juga terlibat menjadi relawan vaksin covid19. Keikutsertaan beliau tentu mempunyai alasan tersendiri yaitu untuk melawan berita hoax yang beredar dan meresahkan masyarakat.

5# kurang lebih 1,2 juta vaksin sudah tiba di Indonesia

Sekitar 1,2 juta vaksin sudah diterima di indonesia. Vaksin sinochem ini juga sebenarnya sudah diuji secara klinis sejak bulan agustus 2020 di kota bandung. Dan ternyata pemerintah juga masih mengupayakan 1,8 juta vaksin lagi untuk januari 2021 mendatang.

6# proses uji klinis

Di Indonesia, uji klinis vaksin sinochem dilakukan di universitas padjajaran bandung. Ketua tim uji klinis vaksin unpad-bandung juga sudah menyatakan bahwasannya semua relawan dinyatakan baik-baik saja dan tidak ada masalah yang berarti. Meski begitu pemantauan terhadap para relawan tetap dilakukan secara berkala setelah pemberian vaksin dengan periode 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan.

7# proses uji BPOM

1,2 juta vaksin sinochem memang sudah diterima di indonesia tapi walaupun begitu vaksin ini belum bisa didistribusikan ke masyarakat karena harus melewati proses uji BPOM (badan pengawas obat dan makanan) terlebih dahulu. Dengan melalui serangkaian prosedur dan juga uji klinis secara ilmiah untuk memastikan bahwa vaksin ini benar-benar aman untuk di gunakan ke masyarakat luas.

Penutup

Menurut kabar yang beredar, vaksin ini siap didistribusikan ke rumah sakit dan klinik di masyarakat luas dimulai nanti dipertengahan tahun 2021. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi halodoc untuk memudahkanmu dalam mencari rumah sakit atau klinik terdekat yang sudah menyediakan vaksin ini. Demikian artikel tentang fakta vaksin sinochem yang akan segera didistribusikan di Indonesia semoga bermanfaat.

4 comments for "7 Fakta Vaksin Sinochem, Vaksin Corona yang Diproduksi Perusahaan Sinovac Tiongkok"

  1. Semoga hasil ujinya tidak ada efek samping berarti ya dan pandemi bisa segera teratasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin bang,,,rasanya bosen juga,,,pngn nonton bioskop lagi tanpa selang seling kursinya wkwkwk

      Delete
  2. Aku ga sabar untuk ngelakuin vaksin buat semua keluargaku :). Ntah nanti akan berbayar ato gratis, tapi kalopun hrs berbayar utk kalangan tertentu, akupun rela lah. Yg ptg bisa divaksin segera, dan bisa traveling lagi :D. Semoga aja uji klinis dannproses BPOM nya lancar dan tidak menemukan kendala apapun.

    ReplyDelete