Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam yang Harus Kamu Terapkan Dalam Kehidupan

Emosi adalah ungkapan perasaan dalam diri manusia. Setiap manusia pasti pernah merasakan marah, senang dan sedih, itulah emosi. Emosi manusia bisa berubah-ubah tergantung dari keadaan lingkungan dan juga suasana hati.

Tapi sekarang emosi lebih diidentikkan dengan marah. Padahal marah dan emosi adalah dua hal yang berbeda. Contohnya begini "si tarjo mah orangnya emosian, dikit-dikit marah"

Mengekspresikan emosi memang perlu, tapi emosi yang diekspresikan secara berlebihan juga tidak baik malah bisa merusak keadaan, pertemanan bahkan kesehatan. Maka dari itu kita harus bisa mengendalikan emosi. Nah dibawah ini akan kita bahas cara mengendalikan emosi menurut islam yang harus kita terapkan mari kita simak selengkapnya.

8 Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam yang Harus Kamu Terapkan Dalam Kehidupan

Cara mengendalikan emosi menurut islam
Cara mengendalikan emosi menurut islam

1# diam jangan banyak bicara

Ada pepatah yang mengatakan diam itu emas. Dalam hal mengendalikan emosi, memang benar diam adalah emas. Perkataan atau omongan bisa jadi hal yang tajam dan menyakitkan hati. Pada saat emosi, perkataan atau omongan juga bisa tidak terkontrol bisa jadi asal bicara dan menyakitkan hati orang lain yang pasti akan menambah masalah baru. Dari Ibnu Abbas Ra, Rasulullah Saw. bersabda:

“Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad).

2# membaca kalimat ta'awudz

Meminta pertolongan Allah agar dijauhkan dari hal-hal yang merugikan adalah wajib kamu lakukan termasuk dalam hal mengendalikan emosi. Emosi atau marah itu berasal dari hawa nafsu dan hawa nafsu adalah bagian paling lemah dari manusia yang selalu diincar setan agar manusia terperosok ke jurang kehinaan. Dengan begitu sebaiknya kita meminta kepada Allah agar kita dijauhkan dari godaan setan yang terkutuk dengan membaca kalimat ta'awudz. Rasulullah Saw. bersabda:

“Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: “A’uudzu billahi minas syaithanir rajiim,” marahnya akan hilang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3# berwudhu dan mandi

Berwudhu atau mandi bisa jadi salah satu langkah yang ampuh untuk mengendalikan emosi atau amarah. Kita semua tahu emosi atau amarah itu bersumber dari setan dan setan itu diciptakan dari api dan api bisa dipadamkan dengan air. Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Sesungguhnya marah itu dari syaitan, dan syaitan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

“Marah itu dari syaitan, syaitan dari api, dan air bisa memadamkan api. Apabila kalian marah, mandilah.” (HR. Abu Nuaim)

4# merubah posisi badan

Merubah posisi badan saat kita emosi atau marah bisa jadi cara yang ampuh untuk mengendalikan emosi. Maksudnya merubah posisi badan adalah misal kota sedang emosi pada saat berdiri cobalah untuk duduk apabila dalam posisi duduk emosi belum reda cobalah untuk berbaring. Dari Abu Dzar Ra, Rasulullah Saw. menasehatkan:

“Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

5# saling memaafkan

Memaafkan orang yang telah berbuat salah kepada kita memang hal yang sulit. Hanya seorang ksatria dan berjiwa besar yang bisa dengan mudah memberi maaf. Sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan malahan kita harus belajar untuk saling memberi maaf dan mudah memaafkan. Saling memaafkan sangat banyak keutamaannya. Salah satunya adalah masalah bisa seketika selesai apabila kita saling memaafkan. Bahkan perang besar yang dahsyat juga akan selesai apabila kedua belah pihak bisa saling memaafkan. Allah SWT. berfirman:

“Dan jika mereka marah mereka memberi maaf.” (QS. Asy-Syuura: 37)

6# perbanyak membaca istighfar

Membaca istighfar adalah salah satu amalan yang mudah dilakukan. Kita bisa melakukan setiap saat apalagi pada saat kita sedang emosi. Sejatinya bacaan istighfar adalah memohon ampun kepada Allah atas semua dosa-dosa yang telah kita lakukan. Istighfar juga bisa membuat hati dan jiwa kita menjadi tenang. Membaca istighfar juga mampu meredam emosi amarah dengan sangat ampuh.

7# melakukan puasa sunnah

Berpuasa pada intinya adalah menahan hawa nafsu. Nafsu makan, nafsu syahwat dan nafsu amarah bisa kita redam dengan melakukan puasa sunnah. Ada banyak amalan puasa sunnah yang bisa kita lakukan dalam rangka belajar untuk mengendalikan hawa nafsu seperti puasa senin kamis dan puasa daud.

8# sholat sunnah

Selain puasa sunnah, kota juga bisa melakukan sholat sunnah dalam rangka menahan emosi atau belajar mengendalikan emosi. Bahkan dengan berwudhu saat sebelum melakukan sholat juga bisa memadamkan emosi amarah. Selain mendapatkan pahala, sholat sunnah juga bisa membuat hati kita menjadi tenang dan adem.

Penutup

Dalam agama islam sebenarnya sudah banyak diajarkan tentang berbagai macam hal. Salah satunya adalah dalam hal mengendalikan emosi. Cara mengendalikan emosi menurut islam yang sudah dijelaskan dalam artikel ini bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan perlu diketahui juga bahwasannya mengendalikan emosi itu lebih baik daripada kita meluapkan emosi. Karena pada dasarnya emosi itu berasal dari hawa nafsu dan hawa nafsu berasal dari setan. Maka bisa dipastikan apabila kita tidak bisa mengendalikan hawa nafsu atau emosi tentu hanya kerugian yang kita dapatkan.
Ekopriantoblog.id
Ekopriantoblog.id Seorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.

Post a Comment for "8 Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam yang Harus Kamu Terapkan Dalam Kehidupan"