Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

45 Produk Asli Indonesia Yang Mendunia Dan Go Internasional. Emang Bikin Bangga

Di jaman sekarang, tidak bisa dipungkiri kalau masyarakat indonesia banyak yang "terbius" dengan kata-kata "barang impor selalu lebih baik kualitasnya" tapi faktanya produk-produk lokal tidak kalah bagus dan berkualitas. Bahkan sudah go internasional dan menjadi favorit orang luar negeri sana.

Nah pada artikel kali ini saya akan membahas tentang produk asli indonesia yang mendunia dan go internasional. Paling tidak artikel kali ini bisa sedikit membantah anggapan bahwa produk lokal adalah produk yang tidak berkualitas. Padahal faktanya banyak produk asli indonesia yang sudah banyak di export ke luar negeri dan menjadi favorit di negara lain mari kita simak selengkapnya.

45 Produk Asli Indonesia Yang Mendunia dan Go Internasional

Produk asli indonesia yang mendunia
45 produk asli indonesia yang mendunia

1# indomie

Yang pertama adalah indomie. Sang pahlawan anak kost atau para karyawan saat tanggal tua ini ternyata salah satu produk indonesia yang sudah go internasional. Selain menjadi favorit di dalam negeri ternyata indomie juga menjadi favorit di luar negeri. Produk mie instan yang diproduksi sejak tahun 1972 oleh PT indofood CBP sukses makmur tbk ini sangat diminati di negara-negara amerika dan eropa. Dan tentu bisa dengan mudah kita temukan disana.

Baca juga: 14 Fakta Unik Indonesia Yang Membuatmu Bangga Menjadi Warga Indonesia

2# polygon bikes

Polygon bikes lahir pada tahun 1989. Pabrik pembuatannya ada di kota sidoarjo jawa timur. Bagi para goweser tentu sudah tidak asing lagi dengan merk sepeda kenamaan ini. Sampai saat ini polygon bike sudah terdistribusikan dengan di 500 outlet di seluruh dunia. Bahkan atlet downhill profesional dunia juga banyak banyak yang menggunakan sepeda polygon. Salah satunya adalah Sam Reynold yang menggunakan sepeda polygon xquarone DH sebagai andalannya.

3# LEA jeans

Awal kemunculannya pada tahun 1972 produk LEA jeans ini banyak disangka berasal dari luar negeri. Padahal lea jeans adalah produk asli indonesia yang berproduksi di tangerang. Awal mula pemasaran produk lea jeans ke luar negeri yaitu ke singapura. Tapi sekarang sudah merambah ke banyak negara di asia.

4# tolak angin

Produk asli indonesia selanjutnya yang sudah sukses go internasional adalah tolak angin. Dari sinilah saya baru tahu juga, ternyata bukan hanya orang pintar saja yang minum tolak angin tapi orang bule juga hehe. Produk tolak angin diproduksi oleh PT sidomuncul tbk. Dan mulai diproduksi sejak tahun 1952. Produk tolak angin kini sudah bisa menembus pasar ASEAN, eropa, amerika, timur tengah dan afrika.

5# kopiko

Permen rasa kopi diproduksi oleh PT mayora dan mulai dikenal sejak tahun 90an. Di amerika atau inggris permen kopiko bisa kita temukan dengan mudah di minimarketnya. Dan sekarang pemasarannya sudah mulai ke seluruh negara di asia.

6# equil

Produk equil sempat diributkan beberapa tahun lalu karena dianggap minuman keras. Faktanya equil adalah produk minuman air mineral. Produk equil diproduksi oleh PT equilindo lestari. Dan airnya berasal dari mata air gunung salak. Produk equil banyak kita temukan di kafe-kafe di negara-negara luar seperti hongkong, singapura, australia, arab saudi dan italia.

7# J.co & coffe

Di mall-mall indonesia kita pasti sering nih liat logo j.co & coffe. J.co adalah restoran siap saji yang mengkhususkan produk makanan dan minuman seperti donat, kopi dan yogurt beku. Pemilik dan pendirinya bernama johnny andrean. Didirikan pada tahun 2005 dan gerai pertamanya yaitu di supermall karawaci tangerang. Sekarang gerainya sudah menyebar diseluruh indonesia dan juga sudah membuka gerai di beberapa negara seperti filipina 20 gerai, malaysia 11 gerai, singapura 4 gerai dan cina 2 gerai.

8# kara

Kara adalah produk santan kemasan yang diproduksi oleh PT sambu group dan didistribusikan oleh PT kara santan pertama. Kara adalah pelopor produk santan kemasan pertama di dunia. Sampai saat ini produk kara telah di export ke lebih dari 80 negara di dunia.

9# kacang dua kelinci

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan produk yang satu ini. Produk kacang kulit dan berbagai macam makanan olahan kacang ini diproduksi oleh PT kacang dua kelinci yang berlokasi di kota pati jawa tengah. Pt kacang dua kelinci didirikan pada tahun 1972. Awalnya berproduksi di kota surabaya. Produk kacang dua kelinci sampai sekarang sudah tersebar ke seluruh pelosok negeri dan juga sudah menembus pasar internasional seperti australia, brunei darussalam, filipina, malaysia, singapura, thailand, hongkong, saudi arabia, amerika serikat, kanada dan beberapa negara di eropa. PT dua kelinci juga menjadi sponsor resmi klub sepakbola asal spanyol yaitu real madrid.

10# nutrisari

Nutrisari adalah produk minuman bubuk sari buah yang diproduksi oleh PT nutrifood. PT nutrifood sendiri berdiri pada tahun 1979 di kota semarang. Dan sekarang kantor pusatnya ada di kota jakarta. Nutrisari juga sudah menembus pasar internasional. Di beberapa negara di asia, nutrisari begitu diminati.

11# kopi kapal api

Siapa sangka kalau produk kopi kapal api dulunya hanyalah produk kopi bubuk kemasan yang pemasarannya menggunakan sepeda onthel dan pelanggan tetap mereka dulu adalah para pelaut yang sedang bersandar di pelabuhan. Dari sinilah logo kapal api tercipta dan tetap digunakan sampai sekarang. Kopi kapal api sebenarnya sudah mulai dipasarkan sejak tahun 1927. Dan sekarang diproduksi oleh PT santos jaya abadi. Kini kopi kapal api bisa dengan mudah ditemui di luar negeri diantaranya adalah malaysia, myanmar, china, filipina dan rusia.

12# extra joss

Pelopor minuman energi bubuk dalam kemasan sachet ini diproduksi oleh PT bintang toedjoe sejak tahun 1994. Kini extra joss sudah sangat melekat di hati masyarakat indonesia. Kalau kita lihat iklannya di tv kebanyakan bintang iklannya yaitu para atlet olahraga profesional seperti chris john, donny kesuma dan juga taufik hidayat. Bahkan bintang sepak bola dunia seperti alessandro del piero dan cristiano ronaldo juga pernah menjadi bintang iklan produk extra joss. Extra joss juga sukses menembus pasar internasional diantaranya di negara malaysia, singapura, filipina, thailand, myanmar, sri lanka, kamboja, vietnam, nigeria, afrika selatan, amerika serikat, brazil dan jepang.

13# terry palmer

Ada yang tahu produk terry palmer? Hah belum tahu? Wah sayang sekali padahal produk asli buatan indonesia ini menjadi favorit di luar negeri sana lho. Buat yang belum tahu, terry palmer adalah merk handuk yang diproduksi oleh PT indah jaya dan perusahaan ini berlokasi di tangerang dan sudah beroperasi sejak tahun 1962. Pada tahun 2013 terry palmer juga menjadi sponsor ajang miss world 2013 yang diadakan di bali. Terry palmer juga sudah menembus pasar internasional diantaranya adalah singapura, malaysia, australia, amerika, jepang dan china.

14# bagteria

Bagteria adalah merk tas yang diproduksi oleh PT metamorfosis abadi yang didirikan pada tahun 2000. Pendiri sekaligus desainernya bernama nancy go. Karya-karyanya disukai oleh para artis papan atas ternama seperti paris hilton, kim kardashian dan zara phillips. Bagteria juga sudah menembus pasar hongkong, amerika, italia, jepang dan beberapa negara asia lainnya.

15# sabbatha

Bisa dibilang sabbatha adalah saingan atau rival dari brand bagteria. Yup, sabbatha dan bagteria sama-sama memproduksi tas mewah dan exclusive, sama-sama berkualitas tinggi dan sama-sama go internasional. Oh iya, nama brand sabbatha ternyata diambil dari nama pemiliknya yang bernama sabbatha rahzuardi maya dwianto. Tas sabbatha menjadi favorit konsumen dari banyak negara seperti india, amerika, italia, belanda, prancis, inggris, afrika selatan, rusia dan juga australia.

16# GT radial

GT radial adalah merk ban yang diproduksi oleh PT gajah tunggal tbk. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1951 dan berlokasi di kota tangerang. Saat ini pt gajah tunggal memproduksi dan juga mendistribusikan ban luar dan juga ban dalam kendaraan seperti sepeda, sepeda motor, mobil, truk dll. Sekarang produk ban gt radial sudah menembus pasar amerika serikat, asia, eropa, afrika, australia dan selandia baru.

17# specs

Produsen sepatu kenamaan asal indonesia ini ternyata didirikan pada tahun 1968. Pada dasarnya specs kebanyakan memproduksi sepatu untuk olahraga seperti sepak bola dan futsal maka dari itu branding mereka juga tidak jauh-jauh dari olahraga. Terbukti pada tahun 2004 specs mensponsori tim persikota tangerang dan pada tahun 2005 mensponsori persipura jayapura. Dan pada tahun 2007 specs juga mensponsori tim elektrik PLN yang kala itu menjadi juara liga futsal indonesia. Selain sepatu specs juga memproduksi jersey. Selain dipakai oleh beberapa klub lokal jersey specs juga ternyata dipakai oleh timnas liberia dan klub asal malaysia yaitu terengganu FA.

18# rick hanes

Rick hanes adalah merk gitar kenamaan asal indonesia yang didirikan pada tahun 2009 tepatnya di kota sidoarjo. Tapi sayangnya rick hanes sudah berhenti diproduksi karena pabriknya sudah tutup pada tahun 2014. Tapi walaupun begitu gitar rick hanes menjadi legenda. Selain banyak dipakai oleh musisi lokal, rick hanes juga sudah menembus pasar internasional seperti amerika, inggris dan australia. Rick hanes juga bukan gitar abal-abal terbukti pada tahun 2012 rick hanes berhasil memenangkan 3 penghargaan dalam 1 acara yaitu guitar of the world 2012 di inggris

19# zahir

PT zahir internasional adalah pembuat sekaligus pengembang dari software zahir accounting yang didirikan pada tahun 1996. Zahir accounting sendiri telah dipakai oleh 30.000 perusahaan baik didalam negeri maupun perusahaan asing terutama dari jerman, prancis, inggris, jepang dan timur tengah. Dari sini juga membuktikan bahwa indonesia tidak gagap teknologi. Terbukti dari software zahir accounting yang telah dipakai oleh banyak perusahaan asing.

20# paseo

Paseo adalah merk tisu yang diproduksi oleh PT pindo deli. Dalam memproduksi tissue paseo, PT pindo deli bergabung dengan asia pulp & paper(APP) yang dimana perusahaan ini dulunya bernama tjiwi kimia. Tissue paseo sendiri mempunyai beberapa varian seperti tisu wajah, tisu toilet dan masih banyak lagi. Tissue paseo juga sudah menjual produknya ke luar negeri contohnya di negara india, china, selandia baru dan timur tengah.

21# baterai ABC

Jangan berpikir kalau baterai ABC hanya baterai yang berwarna putih biru itu ya, baterai ABC banyak macamnya. Saat dulu masih suka bermain mobil tamiya saya sangat akrab dengan baterai ABC dan favorit saya adalah baterai alkaline karena bisa membuat mobil tamiya melaju kencang. Oh iya baterai alkaline juga keluaran ABC lho. Baterai ABC diproduksi oleh PT international chemical industry atau PT intercallin. Perusahaan ini didirikan di kota medan pada tahun 1959. Baterai produk asli indonesia ini sudah menembus pasar dunia di lebih dari 50 negara lho.

22# olympic furniture

Kita pasti sudah tidak asing dengan merk furniture yang satu ini. Olympic furniture adalah produsen furniture terbesar di indonesia. Olympic furniture sendiri berada dibawah naungan olympic group yang didirikan pada tahun 1982 dan saat ini berkantor pusat di kota bogor. Olympic group juga memiliki beberapa anak perusahaan seperti PT cahaya sakti furintraco, PT cahaya sakti multi intraco, PT furnimart mebelindo sakti dan PT cahaya sakti lintang surya. Olympic furniture sendiri sudah menembus pasar internasional dan sudah tersebar di lebih dari 100 negara terutama kawasan timur tengah.

23# eiger

Bagi pecinta alam atau pendaki gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan produk eiger. Produk eiger seperti tas, ransel dan sandal gunung memang sudah terkenal karena kualitas dan kekuatannya. Produk-produk ini diproduksi oleh PT eigerindo multi produk industri yang didirikan oleh ronny lukito pada tahun 1979. Sampai sekarang perusahaan ini beroperasi di kota bandung jawa barat. Produk eiger sendiri sudah menembus pasar internasional sejak tahun 1986 beberapa negara seperti singapura, jepang, amerika serikat, jerman, malaysia, brunei darussalam, korea selatan dan kawasan timur tengah sudah tidak asing lagi dengan produk ini.

24# ouval research

Ouval research adalah pelopor bisnis clothing di kota bandung. Clothing ini didirikan di kota bandung pada tahun 1997 oleh tiga anak muda yaitu rizki, firman firdaus dan arif maskom. Produk dari ouval research juga sangat beragam seperti kaos, sweater, hoodie, kemeja, celana, tas, topi, sepatu, sandal, ikat pinggang, dompet, gantungan kunci, papan skateboard, dompet bahkan MP3 player dan otopet juga ada. Produknya juga sudah tersebar ke hampir seluruh indonesia bahkan sudah sampai ke luar negeri seperti singapura, malaysia dan jerman.

25# krisbow

Krisbow adalah nama merk peralatan teknik, pertukangan, dan industri yang diproduksi oleh PT krisbow indonesia. Perusahaan ini merupakan bagian dari grup kawan lama (GKL) yang didirikan pada tahun 1998 dan sekarang berkantor pusat di kota jakarta. Krisbow sendiri sebenarnya adalah kependekan dari nama krisnandi wibowo. Yang dimana krisnandi adalah anak dari pendiri grup kawan lama atau GKL. Layanan purna jual produk krisbow beserta dealernya sudah tersebar di banyak kota di indonesia dan beberapa negara di kawasan asia tenggara.

26# silver queen

Tentu kita sudah tidak asing dengan merk coklat yang satu ini. Makanan yang digandrungi para remaja ini pasti mendadak laris dan viral saat bulan februari karena hari valentine. Silver queen diproduksi oleh PT petra food. Kantor pusatnya sih di singapura tapi pabrik produksinya ada di indonesia yaitu di kota garut dan bandung. Selain silverqueen, PT petra food juga menaungi beberapa merk coklat seperti delfi dan ceres. Di negara-negara asia tenggara khususnya singapura coklat silverqueen memang sangat digandrungi dan menjadi merk coklat terfavorit.

27# es teler 77

Es teler 77 adalah jaringan rumah makan siap saji yang menjual berbagai makanan khas indonesia seperti nasi goreng, mie ayam dan tentunya es teler. Restoran ini didirikan oleh sukyatno nugroho sejak tahun 1982 di kota jakarta. Dan resep es teler 77 ini dia dapatkan dari mertuanya. Dan sekarang sudah terdapat lebih dari 100 gerai yang tersebar di indonesia, malaysia, singapura dan australia. Pada mulanya pak sukyatno nugroho dulunya hanya berjualan es teler di pinggir jalan dan kadang di pinggir toko. Tidak jarang juga terjaring razia. Tapi sekarang es teler 77 sudah beekembang sangat pesat bahkan sudah membuka gerai di luar negeri.

28# achilles

Achilles adalah merk ban roda dua roda empat produk asli indonesia yang berkelas dunia. Achilles diproduksi oleh PT multistrada arah sarana tbk atau disingkat MASA. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1988 dan berlokasi di kota jakarta. Saat ini PT MASA mempunyai dua merk ban berkelas dunia yaitu achilles dan corsa. Fakta yang ada ternyata ban merk achilles sangat digandrungi di luar negeri sana. Merk ban achilles sudah menembus pasar dunia seperti malaysia, thailand, filipina, kawasan eropa dan amerika.

29# sariayu martha tilaar

Sariayu martha tilaar adalah merk produk kosmetik asal indonesia yang sudah sangat mendunia. Sariayu martha tilaar berada dalam naungan martha tilaar group. Perlu kamu tahu martha tilaar adalah nama asli dari pendiri dan pemilik martha tilaar group. Pada tahun 1983 ibu martha mendirikan PT sari ayu indonesia yang berfungsi sebagai distributor khusus produk kosmetik sariayu martha tilaar. Produk-produknya juga tidak terbatas tersebar di indonesia saja, namun telah merambah ke luar negeri seperti korea selatan, rusia, kroasia, polandia dan kawasan asia pasifik.

Produk asli indonesia yang mendunia
45 produk asli indonesia yang mendunia

30# aqua

Kita pasti sudah sangat tidak asing dengan merk air minum dalam kemasan yang satu ini. Bahkan karena saking familiarnya merk air minum yang lain juga kita sebut aqua hehe. Air minum Aqua diproduksi oleh aqua group sejak tahun 1973 lalu pada tahun 1998 merk aqua juga menjadi bagian dari perusahaan asal perancis yaitu danone. Selain merajai pasar air minum dalam kemasan indonesia, aqua juga tersebar di berbagai negara di dunia seperti singapura,malaysia, maldives, fiji dan kawasan afrika.

31# mariza foods

Mariza foods adalah produsen makanan asal indonesia yang berdiri pada tahun 1973 dan berlokasi di kota jakarta. Perusahaan ini dirintis oleh sepasang suami istri yaitu bapak jatmatama dan ibu enggawati. Pada awalnya mariza foods memproduksi selai srikaya saat penjualan sudah berkembang, mariza foods juga mulai memproduksi varian lain seperti selai coklat dan selai kacang. Pada tahun 1976 mulai memproduksi kue lapis legit dari sinilah awal mulanya produk mariza foods mendunia. Karena kue lapis legit produksinya adalah kue pertama di dunia yang berhasil di export. Pemasarannya juga sudah berhasil sampai ke negara china, jepang, amerika serikat, kawasan australia, kawasan asia tenggara dan beberapa negara di eropa.

32# radix guitar

Radix adalah merk gitar yang produknya sangat diminati musisi dunia. Didirikan oleh toien bernardhi pada tahun 2009. Tahun yang sama dengan berdirinya gitar merk lokal juga yaitu rick hanes hanya saja rick hanes sekarang sudah tidak berproduksi lagi. Pada awalnya mas toein bisnis produk gitar bersama ridho slank dengan merk marlique pada tahun 2004. Lalu pada tahun 2008 mereka berdua memutuskan untuk tidak bekerjasama lagi. Lalu pada tahun 2009 mas toein memutuskan untuk berdiri sendiri dan mengusung nama radix. Selain dipakai oleh musisi tanah air, produk radix guitar juga sangat diminati di pasar internasional seperti negara malaysia, finlandia, belanda dan chile.

33# teh botol sosro

Produk yang satu ini gak usah ditanya lagi, karena pasti sudah pada tahu. Teh botol sosro di produksi oleh PT sinar sosro. Selain teh botol sosro, PT sinar sosro juga menaungi merk fruit tea. Pada awalnya teh botol sosro hanya memproduksi teh kering kemasan tepatnya pada tahun 1940. Lalu Pada tahun 1969 mulailah diproduksi dalam kemasan botol dan ternyata menjadi pelopor penjualan produk teh dalam botol pertama di indonesia bahkan di dunia. Bentuk botol yang dipakai untuk mengemas teh botol sosro yang sampai sekarang kita kenal ternyata mulai dipakai pada tahun 1974.

34# mustika ratu

PT mustika ratu adalah salah satu perusahaan nasional di indonesia yang bergerak dalam industri pembuatan jamu, kosmetik dan perawatan kecantikan. Mustika ratu didirikan pada tahun 1975 oleh seorang putri keturunan keraton bernama ibu moeryati soedibyo. Pada awalnya ibu moeryati mulai memproduksi jamu dan kosmetik hanya di garasi rumahnya dan dibantu oleh 2 orang pembantunya pada tahun 1973. Akhirnya setelah dua tahun berjalan perusahaan menjadi besar dan berkembang. Saat ini produk jamu dan kecantikan mustika ratu sudah menembus pasar asia, eropa, amerika serikat, kanada, jepang dan chile.

35# biskuit roma

Biskuit roma adalah merk biskuit atau kue kering yang diproduksi oleh PT mayora tbk. PT mayora tbk adalah perusahaan yang bergerak dibidang makanan yang berdiri pada tahun 1977 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1978 di kota jakarta. Selain biskuit roma, kopi torabika dan permen kopiko juga diproduksi oleh PT mayora tbk. Biskuit roma sudah menembus pasar dunia seperti di kawaaan asia tenggara, china, india, timur tengah, amerika serikat, irak bahkan palestina.

36# energen

Energen adalah produk minuman bubuk susu dan sereal yang juga diproduksi oleh PT mayora indah tbk. Dalam minuman ini banyak sekali terkandung zat-zat yang baik untuk tubuh seperti karbohidrat, vitamin, mineral dan protein. Energen juga mempunyai beberapa varian rasa seperti kacang hijau, coklat, jagung, vanila dan jahe. Energen banyak dijumpai di warung-warung terdekat. Dan juga sudah menembus pasar internasional bersama dengan produk buatan PT mayora indah tbk lainnya.

37# buccheri

Buccheri adalah merk sepatu dan tas untuk pria maupun wanita yang terbuat dari kulit asli yang diproduksi oleh PT vigano cipta perdana. Diketahui perusahaan ini sudah mulai berproduksi sejak tahun 1980. Produk tas dan sepatu buccheri. Produk buccheri sudah menembus pasar di berbagai negara. Bahkan banyak orang mengira kalau buccheri adalah produk luar negeri padahal sebenarnya adalah produk indonesia asli.

38# edward forrer

Edward forrer adalah sebuah perusahaan asli indonesia yang memproduksi tas dan sepatu berkualitas. Nama edward forrer sendiri adalah nama pendirinya. Perusahaan ini mulai berproduksi sejak tahun 1989 di kota bandung dan sekarang mempunyai kantor pusat di jalan veteran kota bandung. Selain tersebar di seluruh indonesia edward forrer juga sudah merambah ke mancanegara seperti australia, malaysia, amerika serikat dan hawaii.

40# the executive

The executive adalah nama merk yang memproduksi busana untuk pria dan wanita yang ingin tampil eksekutif atau bergaya kantoran. Didirikan pada tahun 1979 dan merk the executive mulai diproduksi pada tahun 1983 setelah mengambil alih merk executive 99. Produk the executive sudah merambah ke negara malaysia dan beberapa negara ASEAN.

41# essenza

Essenza adalah merk dagang yang dimiliki oleh PT intikeramik alamasri industri tbk. Perusahaan ini bergerak dibidang industri homogeneous manufaktur tile yang berdiri pada tahun 1991. Essenza dikenal sebagai merk keramik yang memiliki kualitas terbaik dan fashionable. Tidak heran kalau produk essenza di export ke lebih dari 40 negara. Salah satu negara yang menjadi langganan keramik essenza adalah amerika serikat dan australia.

42# la fonte

La fonte adalah merk pasta yang diproduksi oleh PT Indofood sukses makmur tbk. Banyak orang yang menyangka kalau la fonte adalah produk luar negeri. Karena kita tahu sendiri kalau pasta atau spaghetti adalah makanan khas italia. Padahal la fonte asli produk dalam negeri. La fonte sukses mendunia dan sudah merambah ke pasar internasional seperti filipina, jepang, korea, thailand, malaysia, singapura, hongkong, china, vietnam, brunei darussalam, papua new guinea, bahrain, kuwait, arab saudi dan nigeria.

43# hoka hoka bento

Hoka hoka bento atau biasa disingkat hokben adalah merk jaringan makanan cepat saji yang menyajikan menu makanan ala-ala jepang. Hoka hoka bento sendiri berasal dari bahasa jepang yang berarti "makanan hangat dalam kotak" hokben berdiri pada tahun 1985 di kota jakarta dan dibawah naungan PT eka bogainti. Di negara-negara asia khususnya malaysia dan singapura, hokben menjadi makanan yang difavoritkan disana.

44# california fried chicken

California fried chicken atau biasa disebut cfc adalah adalah salah satu merk restoran makanan siap saji yang menyajikan menu olahan ayam goreng. Selain menyajikan menu ayam goreng, restoran ini juga menyajikan spaghetti, mie goreng, nasi goreng dan ayam goreng merica. Banyak yang mengira kalau cfc adalah produk dari luar negeri padahal cfc adalah produk asli dalam negeri yang terkenal di luar negeri. Cfc didirikan di jakarta pada tahun 1983 dibawah naungan PT pioneerindo gourmet internasional.

45# maspion

Maspion adalah salah satu produsen perkakas dan peralatan rumah tangga yang terkemuka di indonesia. Maspion memproduksi perkakas dan peralatan rumah tangga seperti setrika, penanak nasi, kipaa angin, radio dan masih banyak lagi. Maspion sendiri ternyata ada singkatannya yaitu Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional. Maspion juga sudah memasok beberapa toko di amerika serikat dan beberapa negara besar lainnya.

Kesimpulan

Capek juga nulisnya, padahal baru tertulis 45 produk asli indonesia yang mendunia. Tapi saya sangat yakin kalau sebenarnya bukan cuma 45, pasti lebih banyak lagi. Ini membuktikkan kalau produk-produk indonesia mempunyai kualitas yang setara dengan merk luar negeri. Terbukti dari banyak produk yang sudah di export dan menjadi favorit di luar negeri sana. Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan kita semua dan membuat kita mencintai produk lokal asli indonesia.

18 comments for "45 Produk Asli Indonesia Yang Mendunia Dan Go Internasional. Emang Bikin Bangga"

  1. Banyak juga ya ternyata
    Lea saya kira dari Amrik
    Kalau coklat sudah tahu sejak lama jika itu pabriknya ada di indonesia.
    Kopi dan mi, keseharian saya nikmati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah begitulah mas,,,sebenarnya banyak yg gak tau kita kalau produk yang sering kota sangka import itu ternyata export

      Delete
  2. wah indomie dan tolak angin itu memang ada dimana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak,,,bahkan kabarnya di nigeria juga ada

      Delete
  3. Indomie jelas nomor satu ya haha, baru tahu kalo equil produk asli Indonesia. Ternyata banyak produk Indonesia yang sudah mendunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indomie itu penolong bagi para mahasiswa dan karyawan ditanggal tua hehehe

      Delete
  4. Yg aku ga nyangka itu produk Indonesia, Terry Palmer :o. Baru tauuu. Kirain selama ini itu produk luar .. kereeeen ah. Aku suka banget Ama handuk2nya Terry, Krn tebel, lembut, walo sebanding Ama harga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg lebih parah,,saya malah baru tahu ada produk terry palmer,,,,dari indonesia lagi hehehe

      Delete
    2. Hahahahaha biasa dijual di mall2 gede mas. Beda memang bulu handuknya mas. Suka deeh , Krn terasa premiumnya. Makanya dulu aku pikir buatan luar :D

      Delete
    3. Apalah dayaku yang hanya memakai handuk seharga 20ribu wkwkwkw,,,tapi lokal punya hihi

      Delete
  5. Beberapa merk tidak menduga kalo itu adalah merk indonesia. Semoga saja next banyak blogger-blogger indonesia yang dikenal dunia juga ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan,,,semoga blogger indonesia juga go internasional hehe

      Delete
  6. Belum lagi bola untuk sepakbola, kok untuk bulu tangkis, jam tangan, sampai peralatan tempur banyak yang dari Indonesia yang beredar di luar negeri. Bahkan gunung emas sudah mendunia sejak zama dulu.. Hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya memang banyak mas,,,jangankan yg pt besar,,,ukm aja pada diexsport,,hehe

      Delete
  7. Hampir semua produk ini saya gunakan di Taipei-Taiwan! Wohooo, produk Indonesia memang bagus dan berkualitas. Walau saya tidak sedang tinggal di Indonesia, tapi saya tidak bisa tidak pakai produk Indonesia. Salam kenal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw,,,halo taiwan,,,kira kira di taiwan ada indomie gak kak? Hehehe

      Delete
  8. yang paling top itu indomie, di aussie hampir setiap mall ada indomie, serasa berada di mall tanah air klo sdh masuk lorong lorong indomie dan super mie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,,,,di aussie makan indomie pake nasi kayak di indonesia nggak kak? Hehe

      Delete