Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Dampak Positif Masa Pandemi COVID-19 Yang Tidak Kita Sadari

Virus Corona atau yang lebih kerennya dinamakan COVID-19 memang adalah salah satu virus yang cukup menakutkan. bayangkan saja virus ini dengan cepat menyebar dari satu orang ke orang lain dengan melalui perantara udara.

melansir dari data Worldometers, total kasus yang positif Covid-19 pada tulisan ini ditulis mencapai 8 Juta jiwa, sedangkan di Indonesia sudah mencapai lebih dari 40 ribu kasus positif Covid-19.

untuk itulah demi pencegah penyebaran virus ini supaya tidak semakin meluas pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu di rumah.

dengan cara tersebut memang dipercaya bisa membantu mencegah penularan karena kita secara otomatis jarang atau bahkan nggak berinteraksi dengan banyak orang. serta dihitung sejak tanggal dimulainya PSBB yaitu 16 Maret 2020 sudah 3 bulan kita diharuskan di rumah aja.

tetapi masalahnya karena saking lamanya dirumah tentu membuat siapapun merasa bosan bukan?

sudah gitu karena dirumah terus penghasilan menurun drastis dan banyak orang justru merasa stress, ditambah yang hidupnya dari awal sudah susah jadi semakin lebih susah lagi.

namun ternyata di masa pandemi ini jika kita berpikir jernih justru ada dampak positif dan baik untuk kita lho. kok bisa? nah untuk itulah saya sudah merangkum beberapa alasannya dibawah ini.

Baca juga: 7 Topik Blog Yang Cocok Di Masa Pandemi Corona

6 Dampak Positif Masa Pandemi COVID-19 Yang Tidak Kita Sadari

Dampak positif masa pandemi
Dampak positif masa pandemi

1. Jadi Lebih Bijak Dalam Mengatur Keuangan

percaya atau tidak sebelum negara api menyerang. oh maksud saya sebelum wabah Covid-19 kita terbiasa hidup semaunya sendiri termasuk dalam masalah keuangan.

bawaanya ketika kita mempunyai duit pasti ingin segera beli ini beli itu kemudian tahu-tahu uang sudah habis. tetapi, sekarang sejak masa pandemi banyak dari kita diliburkan sementara dan tidak memiliki penghasilan.

alhasil kita dituntut untuk lebih bijak lagi dalam mengatur keuangan supaya cukup untuk makan selama beberapa bulan.

2. Lebih Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

ketika masih normal dan belum ada Covid-19 banyak dari kita boro-boro ingat dengan tuhan karena terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari.

namun, setelah wabah ini muncul kita lebih sadar akan keberadaan tuhan yang telah menciptakan kita dan termasuk virus Corona ini serta cuma tuhanlah yang bisa menghilangkannya.

dengan hal ini kita lebih mendekatkan serta berdo'a semoga wabah ini cepat hilang dan semuanya kembali seperti dulu lagi.

3. Hubungan Dengan Orang Terdekat Lebih Harmonis

dahulu ketika masih normal bagi orang dewasa mereka sibuk bekerja dan bagi anak-anak mereka sibuk dengan sekolah dan pelajaran yang bikin pusing setengah mati.

dengan hal tersebut kita jarang mempunyai waktu untuk berkumpul dan berbicara santai bersama keluarga sekalipun berada di rumah yang sama.

namun, setelah pemerintah menghimbau untuk selalu dirumah banyak lapangan pekerjaan ditutup sementara dan sekolah serta universitas yang juga diliburkan sementara.

kita jadi mempunyai waktu berkumpul dengan keluarga serta lebih memiliki banyak Quality Time yang membuat hubungan dengan keluarga lebih harmonis.

4. Lebih Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

saya percaya tidak ada dari kita yang mau sakit terlebih tertular Virus Covid-19 ini.

sebelumnya banyak dari kita yang menganggap remeh tentang kebersihan dan kesehatan bukan?

ayo ngaku aja.

namun sekarang karena ingin tubuh selalu fit supaya tidak mudah terserang penyakit banyak orang mulai sadar akan pentingnya menjaga kebersihan serta kesehatan.

Baca juga: Cara Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Virus covid19

itu dimulai dengan cara memilih makanan, menjaga pola makanan, sampai untuk keluar rumah kita sadar diri untuk selalu menggunakan masker.

5. Memiliki Lebih Banyak Waktu Untuk Menyalurkan Hobi

tentu nggak semua hobi bisa tersalurkan dengan lancar ketika masa pandemi Covid-19 ini karena tergantung seperti apa hobimu itu.

penulis sendiri memiliki hobi berpetualang ke hutan serta menulis. alhasil, karena kita masih dalam masa untuk dirumah aja serta kantor yang masih libur.

kita memiliki banyak waktu yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi yang dahulu hanya habis digunakan hanya untuk bekerja saja.

6. Lebih Memahami Pentingnya Kerjasama

sebelumnya secara sadar atau tidak sadar kita acuh tak acuh dengan orang lain dan seakan-akan tidak peduli dengan apa yang orang lain lakukan.

tetapi sekarang, Virus Covid-19 memberikan pelajaran bahwa kerjasama itu sangat penting karena virus ini hanya bisa dihilangkan jika kita bisa saling membantu dengan mematuhi apa yang menjadi anjuran pemerintah.

Baca juga: 5 Manfaat Dan Keuntungan Sewa Virtual Office Di Tengah Pandemi

bahkan, negara sekelas Amerika dan China yang notabenenya negara adidaya pun menjadi tidak berdaya menghadapi virus ini.

akhirnya mereka sepakat untuk bekerjasama, itu terbukti dengan Presiden China Xi Jinping dan Presiden USA Donald Trump yang berbicara melalui sambungan Telepon pada tanggal 27 Maret 2020.

padahal kita tahu 2 negara tersebut sebelumnya sempat memanas dengan saling melontarkan opini dan tuduhan mengenai virus ini.

nah, itulah beberapa alasan mengapa masa pandemi virus Covid-19 justru berdampak positif dan baik untuk kita dan ingat untuk selalu mematuhi anjuran pemerintah walaupun sekarang sedang menuju New Normal.

Guest post dari idnwisata.com

2 comments for "6 Dampak Positif Masa Pandemi COVID-19 Yang Tidak Kita Sadari"

  1. Apalagi bagi yg pernah terkena virus ini mas :). Terasa banget yg di atas itu. Aku dan suami sempet positif tp tanpa gejala. 4x swab baru akhirnya negatif. Mama meninggal Krn virus ini juga. Jd aku dan keluarga bener2 aware banget jgn sampe kendor ngelakuin protocol kesehatan , masker, jaga jarak, cuci tangan, dan suplemen rutin slalu kami minum. Demi imboost imun tubuh soalnya. Ga enak terkena virus ini, trutama kalo sampe keluarga ada yg meninggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,,,turut berduka cita kak atas meninggalnya ibunda tercinta

      Delete