Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

11 Tips Mencari Dan Memilih Kostan Di Jakarta Agar Dapat Yang Murah Dan Nyaman

Seperti yang kita tahu, jakarta adalah ibukota indonesia, karena itulah yang menjadikan jakarta sebagai kota tersibuk di indonesia. Mulai dari pusat pemerintahan, pusat pendidikan, pusat perindustrian dan sebagainya terjadi di kota jakarta.

Setiap tahunnya penduduk jakarta selalu bertambah. Ditambah lagi banyaknya para pendatang yang datang ke jakarta entah itu untuk bekerja, berdagang atau studi yang pastinya membuat penduduk kota jakarta semakin banyak lagi.

Karena mereka pendatang, kebanyakan dari mereka pasti belum atau bahkan tidak punya rumah atau tempat tinggal di jakarta. Maka dari itu mereka perlu mengontrak rumah ataupun menyewa kostan jakarta sebagai tempat tinggal mereka selama di jakarta.

Tapi ternyata mencari kostan di jakarta adalah hal yang bisa dibilang susah-susah gampang. Banyak yang jadi pertimbangan seperti misalnya lokasi, fasilitas dan yang paling penting yaitu soal harga. Bukan rahasia umum kalau harga-harga di jakarta memang mahal termasuk harga kost-kostan tentu saja.

Tapi tenang saja, pada artikel kali ini saya akan membagikan 11 tips mencari dan memilih kostan di jakarta supaya kamu mendapatkan kostan yang harganya murah dan nyaman tentunya, mari kita simak selengkapnya.

11 Tips Mencari Dan Memilih Kostan Di Jakarta Agar Dapat Yang Murah Dan Nyaman

Kostan di jakarta
Kostan di jakarta

1# cari informasi dan bandingkan harga

Disini saya asumsikan kalau kamu adalah pendatang yang baru saja tiba dan baru pertama kali di kota jakarta. Tentu saja kamu belum tahu seluk beluk kota ini dan belum tahu nama lokasi termasuk kost-kostan yang ada di jakarta. Disini kamu bisa mencari informasi tentang kost-kostan kepada orang atau melalui internet. Banyak kok website-website yang memberikan informasi tentang kost-kostan di daerah jakarta.

Nah, saat kamu sudah mendapatkan informasi lokasi kost-kostan jangan lupa untuk membandingkan harga. Harga kost-kostan di jakarta sangat bervariatif. Setiap daerah pasti berbeda harganya. Contohnya misalkan kamu di jakarta pusat sudah pasti harganya akan berbeda dengan harga kost jakarta barat ya walaupun harganya tidak beda jauh.

2# survey

Nah setelah kamu mendapatkan informasi seputar kostan beserta harganya hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah survey atau datang langsung ke lokasi kost dan melihat-lihat kostan yang akan kamu tempati layak atau tidak. Banyak harus kamu perrimbangkan saat survey seperti fasilitas utama, air, listrik, dapur, wifi, keadaan kostan, keadaan lingkungan sekitar dan masih banyak lagi. Kamu juga harus bisa melihat apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan keadaan dan kelayakkan kostan yang akan kamu tempati.

3# survey juga lingkungan sekitar kostan

Lingkungan kostan sangat mempengaruhi kenyamanan kita didalam kostan yang kita tempati. Lingkungan yang tenang, adem, tidak berisik dan tetangga yang ramah pasti akan membuat kita nyaman tinggal di kostan yang kita tempati.

Beda Lagi rasanya kalau lingkungan sekitar kostan kita berisik, udara yang pengap, tetangga yang tidak ramah atau judes, keadaan sekitar yang kumuh dan gelap pasti membuat kita tidak nyaman. Daripada harus sering berpindah-pindah kostan karena lokasi sekitar tidak nyaman, lebih baik kita survey dulu lokasi sekitar dan cari kostan yang lokasi sekitarnya membuat kita nyaman.

4# malu bertanya sesat dikostan

Nah saat sudah survey kostan dan juga survey lingkungan sekitar kostan, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah nanya-nanya ke yang punya kostan. Tanyakan segala sesuatu seputar kostan. Seperti ukuran kamar kostan, berapa harganya, bayarnya perbulan atau pertahun, bagaimana airnya, bagaimana dapurnya, bagaimana wifi/internetnya, bagaimana listriknya, aturannya seperti apa, boleh bawa teman sekamar atau tidak, kalau boleh bawa teman sekamar maksimal berapa orang. dan lain-lain. Nah, kalau informasi sudah lengkap langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana kedepannya jadi atau tidak menyewa kost tersebut.

Kenapa ini penting?

Tentu saja ini penting, jangan sampai kamu merasa ditipu hanya gara-gara air, listrik, dan internet harus bayar tersendiri di luar biaya sewa kost hanya karena kamu tidak bertanya di awal. Karena memang ada kostan yang listrik dan internetnya itu harganya terpisah dari harga sewa kost.

5# pilih kostan dengan tarif sewa perbulan

Kenapa kita harus memilih kostan dengan tarif sewa perbulan?

Alasan yang pertama adalah karena kalau kita menyewa perbulan harganya pasti terjangkau. Beda lagi kalau kita sewa kost per tahun pasti harganya jadi lebih besar daripada yang perbulan.

Alasan yang kedua adalah untuk mengantisipasi apabila kamu tidak betah tinggal di kostan tersebut. Satu bulan, dua bulan sih its okay kita masih bisa betah tinggal di kostan tersebut. Kalau kita tidak betah kita tinggal cari lagi kostan baru. Tapi kalau kita sewa pertahun dan uang sewa sudah dibayar full dan kita baru saja tinggal dikostan itu selama tiga bulan dan kita sudah tidak betah lalu bagaimana?  Masa mau pindah nyari lagi kostan kan uang sewa sudah dibayar full jadi pusingkan? Makanya Kita juga harus memikirkan hal seperti ini.

6# carilah kostan yang lokasinya tidak strategis

Carilah kostan yang jauh dari kampus, komplek pabrik atau tempat keramaian seperti terminal, stasiun atau tempat wisata.

Karena apa?

Karena kostan yang letaknya di tempat yang strategis pasti harganya sangat mahal. Perlu diingat kita mencari kostan hanya untuk tinggal dan beristirahat bukan untuk lapak jualan. Kalau lapak jualan sih tentu lokasinya harus strategis supaya lapak jualan kita ramai. 

Tapi ya jangan terlalu jauh juga, alih-alih ingin mengirit nyari kost yang harganya murah karena jauh dari keramaian malah boros di ongkos untuk pergi ke kampus atau ke tempat kerja setiap hari.

7# pilih kostan yang menyediakan fasilitas utama yang lengkap

Pemilik kamar kost di setiap kamar kost biasanya sudah tersedia beberapa fasilitas seperti kasur lengkap dengan bantalnya, lemari baju dan gantungan baju.

Kenapa ini disebut fasilitas utama?

Saya asumsikan kamu adalah pendatang baru di kota jakarta dan yang kamu bawa hanya tas yang didalamnya ada beberapa baju. Sedangkan kost yang kamu sewa di dalamnya kosongan tidak ada kasur dan tidak ada lemari sedih kan? Masa mau tidur dilantai? Kan dingin hehe

8# cari teman sekamar agar biaya kost jadi ringan

Setiap kost-kostan mempunyai aturan yang berbeda-beda. Ada kamar kost yang boleh ditempati lebih dari satu orang ada juga kamar kost yang hanya boleh ditempati satu orang saja. Disinilah pentingnya poin nomor empat kamu juga harus menanyakan hal ini di awal.

Disini saya asumsikan kamar kost yang kamu tinggali bisa diisi maksimal tiga orang, berarti harga sewa kost dibagi tiga orang. Kamu bisa menghemat uang untuk biaya sewa kamar kost. Selain itu kamu juga tidak kesepian karena ada teman di kost yang bisa kamu ajak ngobrol saat kamu sedang galau hehe.

9# kalau kamu ngekost sendiri pilihlah kamar yang paling kecil

Kalau kamu terpaksa ngekost sendiri karena kamar kost tidak diizinkan diisi lebih dari satu orang atau karena memang kamu ingin sendiri karena privasi, kamu bisa memilih kamar kost yang ukurannya paling kecil karena biasanya harganya paling murah. Biasanya setiap kost-kostan tersedia beberapa ukuran kamar. Dengan memilih ukuran kamar yang paling kecil tentu harga sewanya juga lebih murah dan kamu bisa menghemat biaya untuk sewa kost.

10# Pilih kost yang dekat dengan tempat makan

Ini yang menurut saya paling penting. Karena bagi mereka yang bekerja atau kuliah kadang tidak sempat bahkan tidak ada waktu untuk menyiapkan makanan. Maka dari itu untuk makan kita harus beli.

Tapi bagaimana kalau kostan kita jauh dari tempat makan seperti warteg dan sebagainya? Apalagi kalau tengah malam kita kelaparan? Mau nyari makan tapi jauh sedih kan? Menyedihkan banget.

11# pilih kostan yang menyediakan dapur bersama

Sebenarnya permasalahan di poin nomor 10 bisa diatasi dengan poin nomor 11 ini yaitu dengan memilih kostan yang menyediakan dapur bersama. Peralatan di dapur bersama biasanya sudah disediakan oleh pemilik kost seperti panci, wajan, spatula dan kompor beserta gasnya.

Namanya juga dapur bersama tentu saja kita memakai bersama-sama dengan penghuni kost yang lainnya. kalau tabung gas habis ya kita beli bersama-sama, kalau kompor rusak ya kita beli baru bersama-sama hehe. Dengan adanya dapur bersama, kamu tidak perlu kebingungan lagi kalau kelaparan ditengah malam karena kamu bisa memasak makanan sendiri. Ya walaupun cuma masak mie instan hehe.

Kesimpulan

Mencari kostan di jakarta sebenarnya adalah hal yang susah-susah gampang. Apalagi kalau kita mencari yang harganya murah mengingat jakarta adalah kota metropolitan yang dimana kita pasti kesulitan mencari sesuatu yang murah termasuk kost-kostan. Saya harap tips yang ada diartikel ini bisa membantu kamu dalam mencari kostan yang harganya murah tapi tetap nyaman ditinggali. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Post a comment for "11 Tips Mencari Dan Memilih Kostan Di Jakarta Agar Dapat Yang Murah Dan Nyaman"