Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Langkah Cara Membuat Podcast Hanya Dengan HandPhone ternyata gampang banget!!

Saat ini podcast menjadi jenis konten yang sangat digandrungi para pengguna internet di seluruh dunia.  Podcast merupakan media digital yang mengadopsi format radio. Pas dengerin podcast pasti kalian ngerasa kaya lagi denger radio. Ya memang, karena kedua media tersebut sama sama menggunakan audio sebagai medium penyampaiannya. Bedanya hanya podcast itu digital sementara radio masih analog/konvensional.
Podcast sudah ada sejak tahun 2005, namun podcast baru mendapat banyak audiens pada 2011 dan sekarang podcast lagi meledak-meledaknya nih. Kata podcast berasal dari kata iPod dan Broadcast karena dulu Apple lah yang pertama kali menciptakan sistem berlangganan untuk mendengar audio podcast di platform berbagi musik yaitu iTunes yang notabenenya adalah milik mereka. Cara membuat podcast bisa dibilang mudah. Hanya dengan beberapa langkah saja kamu sudah bisa membuat podcast hanya dengan handphone. Simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Podcast Hanya Dengan Handphone

Membuat podcast hanya dengan handphone
Membuat podcast hanya dengan handphone

Di jaman teknologi ini semuanya serba mudah, termasuk membuat podcast. Kalian tidak harus mempunyai studio rekaman profesional  hanya untuk membuat podcast. Semuanya bisa kalian lakukan dengan smartphone kalian.

Dan kali ini saya akan mencoba memaparkan cara membuat podcast beserta kiat kiat agar podcast kalian mendapat banyak pendengar. Tanpa berlama lama lagi inilah cara membuat podcast hanya dengan hp.

1# Tentukan Tema Podcast

Yang pertama adalah kalian harus menentukan jenis podcast apa yang ingin kalian buat. Ini merupakan langkah yang paling penting, karena menentukan akan dibawa kemana program podcast kalian nantinya.

Pastikan pilih tema podcast yang sesua dengan passion kalian. Karena  melakukan sesuatu yang kita sukai pastinya menyenangkan. Jika kalian suka bola bahas bola, jika suka game bahas game, jika suka sesuatu berbau mistis bahaslah konten horror di program podcast kalian.

Setelah menemukan jenis kategori yang akan kalian bahas di podcast kalian, maka hal berikutnya yang harus kalian lakukan adalah menentukan judul podcast. Pastikan judul yang kalian pilih sesuai dengan tema podcastnya yah.

2# Penulisan Script

“Podcast kok pakai script” eitss jangan salah, script dlam podcast itu penting loh, apalagi buat kita yang masih pemula. Skrip dibutuhkan agar kita nggak bingung mau ngomong apa pas rekaman. Dan untuk kalian yang format podcastnya berupa wawancara, skrip yang kalian buat bisa berupa pertanyaan pertanyaan yang akan kalian ajukan ke narasumber kalian.

Tulis materi yang akan kalian sampaikan pada buku catatan kalian.  Review ulang kemudian edit bagian yang dirasa kurang ataupun tidak perlu.

3# Tahap Produksi/Rekaman

Berikutnya adalah rekaman podcast. Sesuai judul, kita hanya memerlukan ponsel untuk merekam podcast kita. Ada berbagai aplikasi pendukung yang ada di ponsel android maupun iphone untuk membantu kalian dalam merekam podcast.  Diantaranya adalah lexis audio editor dan  wavepad. Kalian bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk merekam dan mengedit podcast kalian.

Atau jika kalian ingin aplikasi podcast paket lengkap, kalian bisa menggunakan aplikasi Anchor. Dengan aplikasi tersebut kalian dapat merekam, mengedit, bahkan mempublish podcast kalian.

Agar hasil rekaman kalian berjalan maksimal, ada beberapa tips yang bisa kalian coba :
1.Rekam ditempat yang tidak berisik agar tidak terjadi kebocoran suara.
2.Rekam ditempat yang banyak barang seperti kasur agar mengurangi gema.
3.Jika rumah kalian ramai terus, rekamlah saat pagi dini hari.

Setelah podcast selesai direkam, selanjutnya adalah proses editing. Ada beberapa tips yang saya tahu saat mengedit audio, diantaranya adalah :
1.Buang noise pada hasil rekaman kalian
2.Lakukan filter pada frekuensi bawah
3.Tambahkan EQ agar suara kalian terdengar makin renyah

4# Mem-Publish Podcast

Berikutnya adalah mempublifikasi podcast. Ada berbagai macam platform yang bisa kalian gunakan untuk mempublish podcast yang telah kalian buat. Beberapa diantaranya yang paling populer adalah spotify,google podcast, dan spoon. Namun kalian juga mempublish podcast di akun media sosial yang kalian punya. Seperti YouTube, Instagram lewat fitur IGTV dan sebagainya.

5# Mempromosikan Podcast

Langkah terkahir dari perjalanan kalian dalam pembuatan podcast adalah mencari audiens. Promosikan podcast kalian ke media sosial kalian. Ajak teman kalian untuk mendengarkan podcast kalian dan minta mereka untuk membantu mempromosikan podcast kalian.

Kalian juga bisa melakukan kolaborasi dengan podcaster lain untuk menggaet lebih banyak pendengar. Pastikan orang yang kalian ajak kolab memiliki tema podcast yang sama dengan podcast milik kalian. Atau jika kalian punya budget besar, kalian bisa menggunakan iklan media sosial untuk membantu mempromosikan podcast kalian.

Kesimpulan

Itulah tadi kiat membuat podcast hanya dengan handphone. Mari buktikan bahwa kita tetap bisa berkarya walau dihadang keterbatasan. Dan jangan nyerah dulu kalau podcast kalian sepi pendengar, yang penting tetap konsisten, karena konsistensi adalah kunci.

Guest post dari: www.prvyogo.com

2 comments for "5 Langkah Cara Membuat Podcast Hanya Dengan HandPhone ternyata gampang banget!!"

  1. Caranya mudah sekali ya
    Saya pengen buatnya sebenarnya
    Terkenal waktu, sudah lelah urus Chanel YouTube

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara bikin dan uploadnya sih mudah mas,,,cuma dapet pendengarnya itu yg mungkin susah,,,sama kayak blog atau yutub,,,kalau saya sih hehe

      Delete