Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Manfaat Olahraga Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang selalu melakukan aktivitas fisik setiap harinya. Agar tubuh selalu sehat dan bugar usahakan untuk setiap hari beraktivitas fisik. Salah satu contoh aktivitas fisik adalah bekerja dan berolahraga.

Salah satu olahraga yang paling mudah dan menyenangkan untuk dilakukan adalah bersepeda. Kamu bisa bersepeda kapan saja baik pagi, siang maupun malam hari(nightride). Kamu juga bisa bersepeda dimana saja.  Baik di jalan-jalan perkotaan maupun di jalan setapak di tengah  hutan(singletrek).

Dibalik kemudahannya untuk dilakukan ternyata bersepeda menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut dibawah ini adalah 6 manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh kita. Silahkan simak selengkapnya.

6 Manfaat Olahraga Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Olahraga Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Olahraga Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

1# memperkuat otot kaki

Manfaat yang satu ini sudah jelas. Kita tahu sendiri kalau bersepeda, kaki kita berfungsi untuk mengayuh dan menggerakkan sepeda. Kekuatan kaki, Berat badan, kondisi jalan, dan elevasi jalan menjadi faktor penentu cepat atau tidaknya laju sepeda.

Tapi disinilah manfaatnya. Kaki kita jadi semakin terlatih. Otot-otot kaki, lutut, paha dan pinggul juga berkontraksi sehingga meningkatkan fungsi otot itu sendiri.

2# meningkatkan kekuatan otak dan daya ingat

Banyak yang tidak menyadari kalau ternyata bersepeda bisa meningkatkan kekuatan otak dan juga meningkatkan daya ingat seseorang. Hal ini dikarenakan bersepeda membantu membentuk sel-sel baru di hippocampus. Hippocampus adalah bagian otak manusia yang terkait dengan daya ingat seseorang.

Bersepeda juga meningkatkan aliran oksigen dan aliran darah menuju otak. Karena suplai oksigen dan darah ke otak tercukupi sehingga bisa mencegah penyakit alzheimer. Alzheimer adalah penyakit penurunan fungsi otak seperti daya ingat dan daya tangkap. Mirip seperti kepikunan hanya saja bisa menyerang orang yang masih muda.

3# penghilang stres dan sarana refreshing

Saya pribadi bersepeda hampir setiap hari. Untuk sehari-hari saya memilih bersepeda kalau hanya sekedar untuk ke warung beli kopi atau jalan-jalan di sore hari. Kalau hari libur baru saya akan menjelajah hutan atau  perjalanan yang agak jauh menggunakan sepeda.

Jadi kalau kamu sedang stres, lelah dengan pekerjaan, pusing dan merasa bosan kamu bisa bersepeda santai, berjalan perlahan sambil menikmati perjalanan. Akan lebih bagus lagi apabila kamu lakukan di pagi hari. Dan rasakan manfaatnya. Apabila kamu lakukan secara teratur bersepeda bisa juga untuk mengobati penyakit mental.

4# mampu mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit Kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Contohnya adalah penyakit jantung koroner dan stroke. Dan ternyata bersepeda mampu mencegah penyakit berbahaya ini.

Pada saat bersepeda detak jantung akan berdetak lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan apa-apa. Karena inilah jantung juga ikut berolahraga dan detak jantung yang lebih cepat juga melatih kekuatan jantung.

5# menurunkan berat badan

Bisa kita ketahui bersepeda adalah salah satu olahraga yang berhubungan dengan fisik. Saat fisik beraktifitas artinya akan ada kalori yang dibakar untuk selanjutnya diubah menjadi energi.

Dengan bersepeda kita bisa membuang lemak yang ada di bagian paha, perut dan pinggul. Selain itu bersepeda juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita.

6# membantu membangun kekuatan tubuh

Banyak otot-otot yang terlatih pada saat bersepeda. Salah satu contohnya adalah otot kaki, otot paha, otot tangan dan otot perut. Bersepeda juga mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh seseorang. Selain itu bersepeda juga membantu meningkatkan tingkat energi kita sehingga membuat kita tidak mudah lelah.

Ya memang ada banyak sekali manfaat dari hobi yang satu ini. Bahkan setiap kali saya bersepeda tidak jarang saya melihat bapak-bapak yang umurnya lebih tua dari saya tapi masih terlihat sehat dan bugar pada saat bersepeda. Dari situ bukti kalau bersepeda ternyata memang benar-benar bermanfaat untuk tubuh kita.

Sekian artikel 6 manfaat olahraga bersepeda untuk kesehatan tubuh dari saya mudah-mudahan bermanfaat. Oh iya siapa tahu ada yang hobi bersepeda juga di area bandung mungkin bisa kontak saya siapa tahu kita bisa gowes bareng hehe.

4 comments for "6 Manfaat Olahraga Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. aku tiap hari sepedaan, tapi karena hanya sendirian jadi gak begitu bersemangat bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setiap hari juga mas bersepeda,,,setiap berangkat kerja,,,memang bersepeda enaknya bareng bareng,,,apalagi kalau gowes dihutan

      Delete
  2. Sudah lama saya ingin beli sepeda
    Eh sampai saat ini belum kesampaian juga
    Ingin buang stres dengan sepeda
    Sekaligus untuk menguatkan otot-otot kaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran aja mas,,,kalau misal mau beli sepeda jangan sekarang sekarang,,,harga sepeda sedang melambung tinggi,,,saya saja mau upgrade part sepeda terpaksa ditunda dulu,,,karena memang sedang naik harganya,,,bisa sampai 50% dari harga awal,,,

      Delete