Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Oleh-oleh Khas Solok Sumatera Barat Terpopuler

Solok merupakan salah satu wilayah di Sumatera Barat yang menyajikan beragam kudapan lezat dan sangat cocok dijadikan buah tangan.

Selain citarasa kuliner yang tinggi, Kabupaten ini juga dianugerahi berbagai destinasi wisata yang sangat indah, mulai dari objek alam, budaya, serta perkebunan yang sejuk. 

Berbagai jenis makanan ringan hingga berat tersedia dengan cita rasa unik dan khas. Jika Anda sedang berkunjung ke kota ini, cobalah untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Solok sumatera barat sebagai berikut, yang dilansir dari Minangku.com

5 Oleh-oleh Khas Solok sumatera barat Terpopuler

5 Oleh-oleh Khas Solok Sumatera Barat Terpopuler
5 Oleh-oleh Khas Solok Sumatera Barat Terpopuler

1#Ampiang Dadiah

Kudapan pertama yang menjadi ciri khas dari Solok adalah ampiang dadiah. Makanan ini memiliki tekstur seperti yogurt karena terbuat dari fermentasi susu kerbau.

Keistimewaan dari ampiang dadiah adalah cara mengolahnya yang masih menggunakan alat tradisional. Susu kerbau segar yang baru diperah langsung dimasukkan kedalam wadah dan ditutupi daun pisang atau waru. 

Rasa dari ampiang dadiah ini cenderung masam dan bertekstru kental. Anda bisa mendapatkan ampang dadiah di toko oleh-oleh terdekat di kota Solok.

Jika ingin membelinya sewaktu-waktu, Anda bisa belanja online melalui beberapa e-commerce. harga kudapan ini mulai dari Rp 15.000,-.

2#Gulai Ayam Galundi

Makanan unik yang patut Anda coba ketika berada di kota Solok adalah gulai ayam galundi atau gulaiayam hitam.

Bahan utama dari gulai ayam ini adalah daging ayam, uah keluwek dan rempah-rempah pelengkapnya. Semakin banyak keluwek yang digunakan, warna gulai akan semakin menghitam. 

Gulai ayam galundi memiliki rasa yang kuat, tebal dan sangat cocok untuk dijadikan lauk makan siang. Akan lebih nikmat lagi jika dimasak dengan banyak cabai sehingga terasa lebih pedas dan meningkatkan nafsu makan.

Anda bisa membeli makanan ini untuk oleh-oleh dengan kemasan vacum atau siap saji, sehingga hanya perlu dipanaskan ketika sampai di rumah. 

3#Palai Bilih Singkarak

Oleh-oleh khas Solok yang wajib Anda bawa pulang, salah satunya yaitu palai bilih singkarak. Palai bilih singkarak ini merupakan pepes ikan bilih dari Singkarak.

Bumbu pepes yang kaya akan rempah membuat rasa ikan bilih semakin terasa nikmat ketika masuk ke mulut Anda. Makanan ini cocok disandingkan dengan nasi putih hangat. 

Palai bilih Singkarak bisa dijadikan oleh-oleh untuk kota yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Solok. Harga untuk kudapan ini antara Rp 8.000,- hingga Rp 15.000,- per bungkusnya. Anda bisa membelinya di rumah masakan padang atau resto terdekat di kota Solok. 

4#Kalio Baluik Tapak Leman

Masakan gulai memang menjadi favorit bagi masyarakat Solok, Sumatera Barat. Salah satunya yaitu kalio baluik tapak lemon. Baluik dalam bahasa Indonesianya disebut belut. 

Maka, makanan ini berupa Gulai belut yang dicampur daun tapak leman atau mangkuk. Meskipun terdengar aneh dan asing bagi sebagian orang, tetapi Anda dijamin ketagihan jika sudah merasakan makanan ini. 

5#Galamai

Salah satu kuliner manis yang wajib Anda coba dan beli ketika berada di Solok adalah Galamai. Makanan ini merupakan nama lain dari dodol atau jenang.

Bahan dasar galamai dibuat dari tepung beras, gula aren, gula pasir, santan dan kacang tanah. Kudapan ini sudah pasti dijual di toko oleh-olh, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai beberapa rekomendasi Oleh-Khas Solok Sumatera Barat, untuk kamu yang sedang berkunjung atau berwisata ke sana. Semoga Bermanfaat.

Post a comment for "5 Oleh-oleh Khas Solok Sumatera Barat Terpopuler"