Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

11 Jenis Tabungan Yang Harus Kamu Ketahui

Setiap manusia pasti menginginkan masa depan atau masa tuanya tenang dan tercukupi dalam hal finansial. Salah satu cara untuk menyiapkan rencana keuangan untuk masa depan atau masa tua adalah dengan mempunyai tabungan.

Tabungan adalah simpanan dana atau uang yang sengaja kita sisihkan atau kita simpan untuk tujuan tertentu. Kita bisa menabung uang di bank atau bisa juga kita simpan sendiri. Sampai saat ini setidaknya ada 11 jenis tabungan yang harus kamu ketahui. Apa sajakah itu? Mari kita simak selengkapnya agar kamu tidak salah pilih.

11 Jenis Tabungan Yang Harus Kamu Ketahui

11 Jenis Tabungan Yang Harus Kamu Ketahui
11 Jenis Tabungan Yang Harus Kamu Ketahui

1# Tabungan konvensional

Tabungan konvensional adalah jenis tabungan yang paling banyak dimiliki orang karena kemudahannya. Untuk mendapatkannya kamu hanya tinggal pergi ke bank lalu mendaftarkan diri dan buka rekening pada saat itu juga kamu akan mempunyai tabungan konvensional. Pada saat buka rekening, biasanya kamu juga akan mendapatkan buku tabungan dan juga kartu ATM. dengan kartu ATM inilah kamu dimudahkan untuk mengambil uang tabunganmu kapan saja kamu mau.

2# tabungan haji

Tabungan haji adalah jenis tabungan yang dikhususkan bagi kita semua yang ingin berangkat haji. Jadi secara gampangnya adalah kita menabung dan uang tabungan kita itu akan kita pakai untuk berangkat haji sampai nominal yang ditentukan. Tabungan haji ini sangat membantu kita dalam mengelola keuangan dan mengumpulkan dana yang akan kita gunakan untuk pergi haji. Jenis tabungan ini hanya bisa dicairkan khusus untuk penyelenggaraan ibadah haji. Jadi di tabungan jenis ini kamu tidak bisa bebas mengambil uang tabunganmu.

3# tabungan berjangka

Tabungan berjangka adalah jenis tabungan yang dimana kita sebagai nasabah harus menentukan jangka waktu untuk tetap menabung di bank. Selama belum melewati jangka waktu yang kita tentukan di awal kita belum bisa mengambil uang tabungan kita. Dengan kata lain kita sebagai nasabah tidak bisa bebas mengambil uang tabungan kita. Bisa sebenarnya tapi akan ada pinalti dari bank dan tentunya sangat disayangkan. Jangka waktunya bisa minimal enam bulan dan maksimal 20 tahun. Besaran setoran setiap bulannya juga tergantung dari yang sudah anda tentukan di awal.

4# tabungan anak

Tabungan anak pada dasarnya sama saja seperti tabungan konvensional lainnya. Hanya saja memang dikhususkan untuk mengajarkan anak tentang keuangan sejak dini. Tabungan ini sebenarnya dibuka oleh orang tua hanya saja menggunakan nama anak sebagai nasabah. Dengan adanya tabungan anak tentu saja akan membantu orang tua dalam mengajarkan tentang pentingnya menabung dan merencanakan keuangan masa depan.

5# tabungan investasi

Tabungan investasi adalah jenis tabungan yang dimana yang kita setorkan kepada bank akan digunakan untuk usaha dan pengembangan. Jenis tabungan memiliki keuntungan yang tinggi tapi resikonya juga tinggi. Contoh tabungan investasi misalnya deposito, saham, reksadana peer to peer lending dan masih banyak lagi.

6# tabungan mata uang asing

Tabungan jenis ini sering disebut juga dengan valas atau valuta asing. Sama seperti tabungan investasi, tabungan mata uang asing juga menawarkan keuntungan yang tinggi dari nilai konversi rupiah ke mata uang asing tapi tinggi juga resikonya. Beberapa mata uang asing yang sering digunakan antara lain dollar, euro, poundsterling dan banyak lagi yang lainnya.

7# tabungan giro

Sering disebut juga dengan tabungan bisnis karena tabungan ini memang dikhususkan untuk bertransaksi atau menyimpan uang perusahaan atau bisnis kamu. Tabungan ini berbeda dari jenis tabungan pada umumnya. Di tabungan ini kita tidak akan mendapatkan buku rekening atau buku tabungan tapi kita akan mendapatkan rekening koran yang berisikan transaksi yang telah kita lakukan selama satu bulan. Transaksi pada tabungan ini juga tidak menggunakan uang cash melainkan menggunakan cek atau giro.

8# tabungan karyawan

Sesuai dengan namanya, tabungan jenis ini dikhususkan untuk para karyawan. Biasanya digunakan untuk menerima gaji. Walaupun dikhususkan untuk menerima gaji karyawan, tabungan ini tetap bisa melakukan berbagai macam transaksi perbankan sama seperti tabungan yang lain. Biasanya pihak perusahaan sudah bekerjasama dengan pihak bank.

9# tabungan pelajar

Tabungan pelajar sebenarnya sama saja seperti tabungan anak apabila dilihat dari tujuannya yaitu untuk mengajarkan para siswa menabung dan merencanakan keuangan masa depan. Untuk membuka rekening tabungan pelajar bisa dibilang sangat mudah dan setoran awalnya juga ringan.

10# tabungan mahasiswa

Tabungan mahasiswa sebenarnya sama dengan tabungan pelajar. Hanya saja tabungan ini dikhususkan kepada para mahasiswa yang universitas tempatnya kuliah sudah bekerjasama dengan pihak bank tertentu. Manfaatnya juga sama saja seperti tabungan konvensional lainnya. Salah satu kegunaan tabungan ini yaitu untuk mempermudah kita dalam melakukan pembayaran biaya kuliah dan biasanya dilakukan secara auto-debet.

11# tabungan pribadi

Tabungan pribadi disini yang saya maksudkan adalah jenis tabungan yang kita lakikan sendiri tanpa menggunakan jasa perbankan. 

Emang bisa?

Bisa donk, kita menyimpan uang didalam celengan tanah liat saja sudah bisa kita sebut tabungan. Tapi menyimpan secara pribadi tanpa melibatkan perbankan itu resikonya tinggi karena tidak ada yang menjamin uang tabungan kita selain kita sendiri.

Itu tadi ulasan singkat tentang 11 jenis tabungan yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahuinya, diharapkan kamu bisa memilih jenis tabungan apa yang cocok dengan keuangan dan juga tujuanmu.

Post a comment for "11 Jenis Tabungan Yang Harus Kamu Ketahui"