Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Processor Intel dan AMD

Processor merupakan otak sebuah komputer, yang fungsinya melakukan proses pada data dan mengatur sistem. Intel dan AMD adalah dua jenis processor paling dicari saat ini.

Perbedaan processor Intel dan AMD (Advance Micro Devices) menjadi acuan, untuk menentukan jenis mana yang cocok dipakai sesuai keperluan Anda. Apa saja bedanya? Ini informasi lengkapnya.

Perbedaan Utama Processor Intel dan AMD

Perbedaan Processor Intel dan AMD
Perbedaan Processor Intel dan AMD

Perbedaan antara kedua processor tersebut bisa dilihat dari beberapa sisi, diantaranya kecepatan, pengaturan suhu, grafis, kemampuan pada virus hingga harga. Sangat penting memahami apa  perbedaan processor intel dan AMD, agar Anda bisa membeli perangkat dengan processor yang tepat.

1#Kecepatan
Dari uji menggunakan indikator benchmark, kedua processor ini dibiarkan bekerja dengan kondisi yang sama dan jenis setara. Hasilnya, Intel bisa menjalankan banyak program dalam waktu bersamaan lebih cepat ketimbang AMD.

2#Pengaturan Suhu
Apa perbedaan antara processor intel dan AMD dari segi pengaturan suhu? 
Jawabannya adalah processor Intel cukup maksimal, ketika suku meningkat maka kinerjanya akan otomatis diturunkan hingga suhu kembali stabil. Sedangkan pengaturan suhu pada processor AMD masih harus dilakukan manual.

3#Grafis
AMD memiliki kualitas grafis yang maksimal, makanya banyak digunakan untuk kebutuhan desain grafis, bermain game virtual online. Sedangkan Intel memiliki grafis yang sedikit lebih biasa ketimbang AMD, dan cocok untuk pengguna yang lebih mengedepankan kecepatan ketimbang tampilan gambar.

4#Kemampuan Menahan Virus
Pendeteksi virus otomatis sudah dimiliki AMD, jadi ketika ada virus yang masuk ke dalam komputer atau perangkat digital Anda sistem akan memblokirnya sebelum menginfeksi. Sedangkan Intel masih harus dibekali fitur tambahan jika ingin mendeteksi virus lebih cepat.

5#Harga
Untuk spesifikasi kelas menengah ke bawah, AMD punya harga yang lebih murah ketimbang Intel. Tapi untuk spesifikasi menengah ke atas harga kedua processor ini tergolong sama, tergantung tipe dan kemampuan masing-masing.
Kelebihan dan Kekurangan Processor Intel dan AMD
Setelah menjelaskan perbedaan processor intel dan AMD, saatnya untuk tahu kelebihan dan kekurangan dari kedua processor tersebut. Ini penjelasannya.

Kelebihan processor intel dan AMD

1#Intel
Saat ini Intel termasuk processor dengan performa maksimal saat dipakai, kemudian saat digunakan dalam waktu lama tidak cepat mengalami perubahan suhu. Selain itu hingga saat ini orang lebih percaya brand intel ketimbang AMD, karena sudah terbukti menghasilkan produk yang mampu menjawab kebutuhan konsumen.

2#AMD
Processor ini punya teknologi yang dapat menggandakan jalur pengiriman data yang disebut hyper transport technology. Jadi mau kirim banyak data di waktu bersamaan sangat mudah. Ada lagi teknologi cool and quiet yang meminimalisir suara saat komputer dipakai, teknologi ini untuk hemat daya dan menjaga suhu.

Kekurangan processor intel dan AMD

1#Intel
Banyak yang mengeluhkan kekurangan Intel karena harganya yang sangat mahal. Ditambah pula grafis yang masih standar jika dibandingkan dengan processor AMD.

2#AMD
Processor ini masih kalah tenar dibandingkan Intel jadi penjualannya masih jauh dibawah Intel. Tak hanya itu, bagi pecinta game tertentu ada kalanya harus cari perangkat lain, sebab processor AMD tak mengakomodir sejumlah game dalam sistemnya.

Penutup
Jadi ketika Anda sudah paham perbedaan processor Intel dan AMD, akan sangat mudah menentukan mau beli perangkat dengan “otak” yang mana. 
Kalaupun masih bingung pastikan untuk berkonsultasi dengan orang yang mahir tentang software komputer, agar produk yang Anda beli nanti benar-benar bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Guest post dari admin blog www.tutorian21.com

Post a comment for "Perbedaan Processor Intel dan AMD"