Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

22 Cara Menjinakan Burung Hantu Alba Liar dan Galak Bagi Pemula

Burung hantu dari penampilannya memang sangat menakutkan dan menjadi hewan peliharaan seperti master limbad contohnya. Burung ini juga bisa menjadi peliharaan anda namun terlebih dahulu harus dijinakan dan kalau bisa pelihara burung hantu kecil karna kalau yang burung hantu yang sudah dewasa susah menjinakannya.
Burung ini biasanya aktif pada malam hari selain itu ia juga mempunyai mata yang menakutkan, berbentuk bulat yang menghadap kedepan. Walaupun begitu tidak membuat pecinta burung ini menurun dan bahkan ada yang menjadikan hewan kesayangan.
Tetapi di samping itu ada beberapa manfaat yang menguntungkan bagi sebagian orang,  terutama bagi petani karena burung hantu bisa untuk mengusir hama dari sawahnya. Jadi bila anda tertarik untuk melihara burung satu ini sebaiknya pilih karena harganya terbilang murah dan merawatnya  juga mudah walaupun butuh proses panjang.
Untuk Anda yang ingin mengetahui bahasan lebih lengkap mengenai burung hantu, mulai dari cara menjinakan, cara merawat dan juga makanan bergizinya bisa kamu mengunjungi situs sukaburung.com, karena disana banyak ulasan.

cara menjinakan burung hantu 

Cara menjinakkan burung hantu
Cara menjinakkan burung hantu

untuk menjinakkan burung hantu liar memang sangat sedikit susah harus  melalui tahapan-tahapan karena burung hantu hewan yang bisa dibilang mudah stress. Nah jadi bagaimana cara menjinakkan burung hantu yang benar mari kita simak dibawah ini .
  1. Latih burung hantu
Seperti burung-burung lainnya burung hantu juga perlu untuk di latih agar jinak karena burung hantu termasuk hewan yang hidup liar dengan cara latih dengan siulan dan bisa juga latih ia terbang diketinggian.

  1. Beri burung hantu tempat yang nyaman
Ini menjadi salah satu yang perlu disediakan tetapi jangan juga beri sangkar yang sempit agar ia tidak mudah stress dan sulit dijinakkan. Yang perlu diperhatikan juga jangan simpan sangkar dibawah sinar matahari karena burung hantu tidak suka dengan matahari maka dari itu dia hanya aktif pada malam hari.

  1. Beri Makan secukupnya
Makanan yang dimakan burung hantu biasanya adalah burung puyuh,tikus putih dan lain-lain Kita bisa memberi makan sehari 2 kali yaitu pagi dan sore. Tetapi jangan sampai memberi makan seperti serangga, hewan mati karena itu bisa membuat burung hantu menjadi galak maka dari itu beri ia makanan yang segar supaya ia merasa ada dihabitatnya.

  1. Komunikasi
Burung hantu juga sangat senang bila diajak berbicara atau komunikasi denganya dan itu juga bisa membuat dia tidak mudah stress. Anda juga bisa sambil menyentuhnya dengan pelan-pelan supaya dia merasa nyaman. karena burung hantu smempunyai sifat sangat setia pada pasangannya.

  1. Menjaga kebersihan kandang
Sama hal nya dengan memelihara burung lainnya kita juga perlu memperhatikan kandang dari burung tersebut agar selalu bersih dan tidak mudah sakit karena kotorannya sendiri.

cara menjinakan burung hantu tyto alba (barn owl)

  1. Rajin Melakukan Metode Pelatihan
Kita bisa menggunakan metode FOF (Feed on Fist) atau memberi makan diatas tangan, dengan metode ini kita bisa dekat dengan burung hantu agar cepat jinak.

  1. Jauhkan dari Jangkauan Hewan Lain
Yang dimaksud disini adalah jangan satukan atau dekatkan burung hantu dengan hewan yang lain karena itu bisa membuat burung hantu yang sudah dilatih akan tidak focus lagi.

  1. Jangan sering menempatkan burung hantu didalam kandang
Sama hal nya dengan burung lainnya jika didiamkan didalam kandang terus menerus itu akan membuat burung tersebut menjadi susah diatur.

  1. Melatih Burung Melompat di Tangan
Sesekali kita harus melatihnya dengan cara melompat di tangan karena itu bisa membuat dia jinak walaupun memang susah untuk membuat burung hantu jinak.

  1. Berikan Nama Pada Burung
Ini menjadi salah satu cara supaya dia merasa akrab dengan kita karena jika di ajak berinteraksi dan memanggil namanya dia senang seperti mengerti apa yang kita katakan.

  1. Rajin Memberikan Makan Setelah Beraktivitas
Setelah melakukan aktifitas pastikan beri dia makan selalu karena jika tidak itu akan membuat dia semakin susah untuk dijinakan dan merasa tidak diperhatikan oleh anda.

  1. Biarkan Burung Terbang Bebas
Jika sudah jinak dan dilatih walaupun di terbangkan bebas burung hantu pasti akan kembali lagi kepada kita.

  1. Berikan Tempat yang Nyaman dan Aman
Agar burung hantu tidak mudah stress pastikan kandang yang kita beri nyaman untuknya dia dan kandangnya pun harus luas jangan terlalu sempit itu bisa membuat dia tidak leluasa dan tidak cocok dengan sekitarnya.

Keunggulan Burung Hantu Tyto Alba

Populasi burung hantu tyto alba atau burung hantu barn owl meningkat itu tergantung dari tersedianya tikus. Burung tyto alba mampu hidup selama 4,5 tahun. Jenis ini mempunyai bola mata yang warnanya hitam dan kelopak mata warnanya cokelat gelap, paruh dan kaki berwarna kuning. Untuk ukuran sayapnya bisa sampai 24 - 26cm dan berat 450 – 600g. Tyto alba biasa memakan tikus dalam sehari ia bisa memakan 2 – 3 ekor. Walaupun burung ini tipe yang tidak pernah pergi dari kawasan buruannya dia masih tetap setia dengan kandangnya selama masih aman.

cara menjinakan burung hantu yang galak

  1. Mengatasi burung hantu yang masih batting
Batting ialah perilaku burung hantu yang menjauh saat didekati oleh manusia seperti loncat atau terbang. Nah jadi jika burung hantu yang anda pelihara masih batting sebaiknya kurung dia di dalam box atau apapun supaya jika kita dekati burung hantu itu tidak menjauh.

  1. Meletakkan burung hantu di perch atau tangkringan
Langkah ini menjadi salah satu cara untuk kita supaya lebih gampang berinteraksi dengan burung hantu tersebut.

  1. Melatih burung hantu ditempat tinggi
Letakkan burung hantu ditempat tinggi namun tidak perlu terlalu tinggi lalu kita bisa memanggil namanya jika sudah diberi nama agar dia turun dan memakan makanan yang ada ditangan kita.

  1. Memandikan burung hantu
Mandikan burung hantu setiap pagi karna burung yang dimandikan setiap pagi itu galaknya lama-lama akan hilang. Nah jadi ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai burung hantu yang masih galak.

  1. Menjauhkan burung hantu dari burung lain
Jika disandingkan dengan burung lain maka dengan spontan burung hantu bisa bertarung dengan burung lain yang dia anggap sebagai musuh, jadi itu juga bisa menyusahkan kita karena burung hantu yang kita pelihari semakin galak dan sulit untuk dijinakan.

  1. Memberikan makanan segar ke burung hantu
Supaya burung hantu yang kita pelihara tidak mudah sakit maka jangan memberi makanan hewan yang sudah mati karena itu tidak bagus dan sulit untuk membuatnya jinak.

  1. Memberi makan burung hantu menggunakan sarung tangan
Supaya tangan kita tidak sakit saat memberi makanan baiknya kita menggunakan sarung tangan dan itu juga membuat burung hantu menjadi nyaman.

Alat untuk menjinakkan Burung Hantu

  • Perch atau tangkringan
  • Semprotan burung hantu
  • Makanan kesukaan
  • Alat siulan
  • Glove atau sarung tangan 
  • Tali untuk mengikat kaki burung hantu

4 comments for "22 Cara Menjinakan Burung Hantu Alba Liar dan Galak Bagi Pemula"

  1. Waduh, pegang aja aku gak berani mas. Apalagi mo pelihara. Eh, burung hantu klo siang tidur kan, kitanya bangun? lha kita pas tidur dia bangun. Gak ketemu dong. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalau mau ketemu sama burung hantu harus janjian dulu jam berapa hehehe

      Delete