Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total

Cara menyembuhkan penyakit asam lambung secara total tentunya banyak dicari oleh banyak orang terutama yang sering mengalami asam lambung. Tubuh sebenarnya memerlukan asam lambung dalam proses pencernaan makanan. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu jumlah asam lambung pada tubuh seseorang bisa saja meningkat.

Jumlah asam lambung yang berlebih ini dapat mengganggu sistem pencernaan. Di antara kerongkongan dan lambung terdapat suatu katup yang memiliki tugasnya sendiri. Jika katup tersebut tidak berfungsi dengan semestinya, maka asam lambung dapat naik ke kerongkongan. Sehingga akan menimbulkan gejala, seperti nyeri ulu hati, sulit menelan, dan perut tak nyaman. Naiknya asam lambung ke kerongkongan disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala GERD juga bisa ditunjukkan dengan adanya rasa sakit di bagian dada dan mulut terasa asam/pahit.
Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total
Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total

Anda patut waspada jika mengalami gejala seperti yang telah disebutkan tersebut karena jika dibiarkan lama-lama akan jadi penyakit yang lebih berbahaya. Namun, sebelum mengetahui cara menyembuhkan asam lambung secara total, ada baiknya Anda mengetahui faktor risiko yang meningkatkan seseorang terkena GERD.

Faktor Risiko Penyakit Asam Lambung (GERD)

Penyebab pasti gangguan terhadap fungsi katup antara kerongkongan dan lambung memang belum ditemukan secara jelas. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan risiko terserang penyakit GERD. Orang yang memiliki kondisi medis tertentu seperti peradangan dinding lambung (gastritis), radang esophagus, dan gastroparesis memiliki risiko yang lebih besar.
Selain itu, kondisi kelainan lambung dari lahir seperti hernia hiatus dan gastroschisis juga meningkatkan risiko terkena GERD. Penerapan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, konsumsi alkohol, makan makanan berlemak juga jadi penyebab utama. Sehingga, cara menyembuhkan asam lambung secara total bisa dengan menjalankan gaya hidup sehat.

Mengobati Asam Lambung dengan Gaya Hidup Sehat

Untuk mengatasi permasalahan asam lambung yang Anda alami, menerapkan gaya hidup sehat adalah salah satu cara yang harus diterapkan. Berikut adalah beberapa tips gaya hidup sehat untuk mengobati asam lambung:

Menghindari kebiasaan tidak sehat. Kebiasaan tidak sehat seperti merokok bisa berakibat buruk pada kesehatan. Kebiasaan langsung berbaring setelah makan juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Untuk itu, gaya hidup yang buruk ini harus ditinggalkan.

  1. Tidak mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung. Makanan yang berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya sehingga menyebabkan peningkatan asam lambung. Selain itu, batasi pula konsumsi kopi, cokelat, alkohol, dan makanan pedas karena dapat melemahkan fungsi katup kerongkongan. Itulah salah satu cara menyembuhkan asam lambung secara total.
  2. Tidur yang cukup. Kebiasaan begadang bisa menyebabkan stress yang memicu naiknya asam lambung. Untuk kualitas tidur yang lebih baik, sebaiknya Anda tidur dengan posisi kepada dan dada yang lebih tinggi. Cara ini dinilai efektif untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Daftar Makanan untuk Mengatasi Asam Lambung

Selain menerapkan gaya hidup sehat, cara menyembuhkan asam lambung secara total juga bisa dilakukan dengan konsumsi makanan yang tepat. Berikut beberapa pilihan makanan yang baik dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung:

  1. Sayuran hijau. Berbagai pilihan sayuran berwarna hijau, seperti brokoli, bayam, seledri, asparagus, dan sayuran lain seperti kentang dan kembang kol memiliki kadar asam yang rendah. Sehingga tidak akan memperparah asam lambung dan bisa menyembuhkannya.
  2. Putih telur. Putih telur yang diolah dengan cara direbus bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan sehat yang baik untuk mengatasi asam lambung. Pastikan agar Anda tidak mengonsumsi bagian kuning telur yang mengandung lemak tinggi. Makanan lemak tinggi justru akan memperburuk kondisi asam lambung.
  3. Daging tanpa lemak. Pilihan daging tanpa lemak yang baik, antara lain dada ayam, kalkun, atau fillet ikan. Daging tanpa lemak juga harus diperhatikan cara pengolahannya, yaitu dengan dikukus atau rebus. Hindari konsumsi daging yang digoreng karena kandungan minyak bisa memperparah gejala asam lambung.

Asam lambung yang naik ke kerongkongan memang sangat mengganggu. Kondisi ini sebisa mungkin dihindari dengan meninggalkan kebiasaan buruk dan konsumsi makanan sehat. Dengan begitu, asam lambung dalam tubuh akan tetap normal. Cara menyembuhkan asam lambung secara total ini sangat penting Anda terapkan.

Penulis:
Dr. Amrizal Zuhdy, dokter aktif di puskesmas. Senang berbagi informasi kesehatan di dunia maya. Admin di situs DrZuhdy.com

14 comments for "Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total"

  1. Kalo asam lambung saya kumat, yang paling saya hindari buah-buahan, terutama jeruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah dapat tips dari teman kalau asam lambung kumat dia nyeduh tepung aci lalu diminum,,,buat teman saya katanya worth it,,

      Delete
  2. Wah saya yg suka minum kopi dan makanan pedas, jadi khawatir jg setelah baca tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hati hati gan,,,jgn banyak banyak aja,,,

      Delete
  3. saya punya penyakit asam lambung dari kecil gan, semnjak saya kelas 2 sd saya sakit sampai 2 bulan lama nya dan sekarang alhamdulilah sudah sembuh.. semoga kita semua selalu dalam lindungan allah :)

    jangan lupa follow nacknya gan via email and tombol

    ReplyDelete
  4. Memang sangat menyebalkan kalau asam lambung kambung, hanya bisa bisa dan minum air hangat. Bahkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang disebutkan diatas juga jadi khawatir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang menyiksa gan kalau asam lambung kambuh

      Delete
  5. Kalau saya asam lambung itu erat hubungannya ama pikiran, kalau udah banyak pikiran otomatis deh asam lambung naik.

    Memang pikiran itu kunci, kalau kita bisa manajemen pikiran, sehat itu jauh lebih mudah kita dapatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau udah ngomongin pikiran memang semua penyakit asal muasalnya dari pikiran kak

      Delete
    2. Nah iya, jadinya agak sulit diobatin, harus kontrol pusat pikiran, dan bagi wanita biasanya sulit kalau tanpa bantuan hahaha

      Delete
  6. ngeri yaaa kalau orang dah kena asam lambung telat dikit suka kambuh yaaa.. makasi ya ka sharenya.. mau saya share nih k temen

    ReplyDelete
  7. Tambahan dari ana sebagai praktisi herbal, bisa menggunakan daun kelor dan bidara arab terbukti membantu asam lambung bahkan hingga tidak lagi kambuh. Insya Allah, tentunya harus rutin juga.

    ReplyDelete