Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Dan Cara Membuat Guest Post Yang Baik Dan Menarik

Di postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang keuntungan dan manfaat dengan menjadi guest blogger. Salah satunya adalah kita akan mendapatkan backlink berkualitas yang bermanfaat untuk optimasi seo off page blog kita.

Kebanyakan blogger, menyediakan jasa guest post secara gratis, Tapi walaupun gratis tentu kita harus tahu cara membuat guest post yang baik dan menarik dan juga sesuai dengan etika menjadi guest blogger. Silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Tips Dan Cara Membuat Guest Post Yang Baik Dan Menarik

Tips Dan Cara Membuat Guest Post Yang Baik Dan Menarik
Tips Dan Cara Membuat Guest Post Yang Baik Dan Menarik

1# meminta izin

Yang pertama dan hal wajib yang harus kita lakukan adalah meminta izin. Tanyakan kepada pemilik blog apakah masih menerima guest post dan tanyakan juga niche apa yang diterima oleh sang pemilik blog. Jangan lupa perkenalkan diri dan juga kenalkan blog kamu yang linknya ditanam di artikel yang akan dijadikan guest post.

2# ikuti aturan pemilik blog

Ada istilah "tamu adalah raja" tapi jangan lupa "tuan rumah adalah tuhan" Sebagai tuan rumah pasti mempunyai aturan di rumahnya dan sebagai tamu ya harus menuruti aturan itu.

Begitu juga dengan guest blogger atau blogger tamu kita harus mengikuti setiap aturan dari sang pemilik blog. Setiap pemilik blog pasti mempunyai aturan yang berbeda-beda maka dari itu lebih baik kita tanyakan terlebih dahulu.

3# buat artikel yang original, berkualitas dan unik

Membuat artikel yang original, berkualitas dan unik sebenarnya adalah salah satu aturan dari kebanyakan pemilik blog yang membuka jasa guest post. Dengan adanya aturan ini tentu saja si pemilik blog tidak mau menerima resiko kalau blognya terdapat duplikat konten.

Karena hal inilah biasanya si pemilik blog akan mereview dan mengecek artikel yang masuk original atau tidak dengan tools-tools yang banyak tersedia di internet. Dengan ini diharapkan si pemilik blog berkenan untuk memuat artikel buatanmu.

4# buat nilai lebih untuk artikel yang kamu kirim

Membuat nilai lebih dari artikel yang kamu kirim itu juga bisa menjadi poin penting agar artikel kirimanmu bisa dimuat oleh si pemilik blog.

Nilai lebih itu contohnya apa?

Bisa dengan artikel yang lebih panjang, bisa dengan artikel yang lebih berkualitas dan membantu banyak orang, bisa dengan gambar yang bagus dan relevan untuk tulisanmu dan lain sebagainya.

5# bantu promosi

Membantu promosi blog si pemilik juga bisa jadi membuat dirimu mempunyai nilai lebih bagi si pemilik blog dan juga bisa membuat si pemilik blog merasa beruntung.

Kenapa begitu?

Ya tentu saja, sudah dikirimi artikel dibantu promosi pula kan lumayan. Walaupun yang kamu promosikan adalah link artikel yang kamu kirim itu bisa menjadi nilai lebih buat si pemilik blog.

6# buat satu paragraf perkenalan dirimu

Inilah tujuan kita. Tujuan kita menjadi guest blogger kan agar bisa berpromosi melalui artikel yang kita kirimkan ke blog orang lain.

Jangan lupa menaruh link di tulisan kita agar kita juga dapat backlink. Ingat pada tujuan. Inilah tujuan kita. Tapi ya jangan berlebihan juga. Cukup dengan satu paragraf perkenalan dan 1 buah link yang mengarah ke blogmu itu sudah lebih dari cukup.

7# jangan lupa ucapkan terima kasih dan tetap jaga hubungan baik

Saat semua sudah selesai, pemilik blog sudah memuat artikelmu di blognya dan kamu juga sudah menerima laporan kalau artikel sudah dipublish dan kamu juga sudah menerima link artikel yang sudah dipublish jangan lupa ucapkan terima kasih. Dan tetap jaga hubungan baik antar sesama blogger.

Inilah salah satu keuntungan menjadi guest blogger. Kita bisa saling kerjasama dan siapa tahu kerjasama itu bisa terus berlanjut. Dan apabila efek yang kamu terima dari guest post di blog itu bagus untuk blogmu, kamu bisa mengirim artikel lagi. Dan tentunya kamu juga bisa dapat backlink lagi.

Sebenarnya tips dan cara membuat guest post yang baik dan menarik itu sama saja seperti kita membuat postingan di blog sendiri. Hanya saja bedanya artikel kita di publish di blog orang lain dan tentunya dengan langkah-langkah yang berbeda dibanding kita posting di blog pribadi.

Cukup sekian artikel dari saya mudah-mudahan bermanfaat. Oh iya buat kamu yang berminat untuk guest post gratis di blog ini juga menyediakan lho. Bila berminat bisa segera hubungi admin melalui menu kontak terima kasih.

13 comments for "Tips Dan Cara Membuat Guest Post Yang Baik Dan Menarik"

  1. wah aku baru tau nih kalo ada semacam guest post, agak kudet mamang aku ngeblognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dah tau berarti tinggal dicoba gan hehe

      Delete
  2. Keren ini, guest post bermanfaat banget sih, sebagai branding, juga dapat backlink gratis.

    Empunya blog juga dapat artikel gratis, semacam simbiosis mutualisme :)

    ReplyDelete
  3. kayaknya bisa di coba lagi....

    ReplyDelete
  4. Wow kalau guest post kita kayak Mas ini. Pasti mantap dan sama2 saling menguntungkan. Monggo Mas sy membuka guest post juga di blog. Sekiranya berminat monggo Mas

    ReplyDelete
  5. Boleh di jadi guest post di sini, hehehe...

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas tipsnya. Siap diterapkan.

    ReplyDelete